Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Motivasional Interviewing Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pringapus
Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Motivasional Interviewing
Abstract
Penelitian ini menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik Motivational Interviewing (MI) untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Teknik MI bertujuan untuk meningkatkan kesiapan siswa dalam mengubah perilaku belajar mereka dengan cara yang lebih mandiri dan intrinsik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis penelitian True Eksperimental Design, dengan metode penelitiannya Pre-test-Post-test Control group design. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa motivasi belajar siswa kelas VII berada pada kategori sedang dengan perolehan hasil perhitungan analisis deskriptif presentase sebesar 71%. Berdasarkan hasil Uji Paired Sample t-test diketahui bahwa nilai Sig.( 2 Tailed ) sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima maka dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik motivasional interviewing efektif meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pringapus.
References
Dewi, I. R., Fadhilah, S. S., & Susilo, A. T. (2022). Kemanjuran Teknik Motivational Interviewing Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMK. Jurnal Psikoedukasi Dan Konseling, 3(1), 24. https://doi.org/10.20961/jpk.v3i1.28392
Ega, A., Nurrawi, P., Zahra, A. T., Aulia, D., Greis, G., & Mubarok, S. (2023). Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2023), 29–38.
Haq, A. (2018). Motivasi belajar dalam meraih prestasi. Jurnal Vicratina, 3(1), 193–214.
Jufirman, D. (2018). Hubungan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan peserta didik SMA PGRI Pekanbaru. Skripsi Pendidikan, Universitas Islam Riau, 1(1), 7–34.
Mulawaman, & Afriwilda, M. T. (2020). Motivasional Interviewing Konsep dan Penerapannya. Prenadamedia Group.
Mulia, F. D., Rahman, K. A., & Rahmayanty, D. (2023). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 9(1), 69. https://doi.org/10.31602/jbkr.v9i1.11586
Nareswari, S. R., Khairi, A. M., & Nafi’, A. (2020). Konseling Individual dengan Teknik Motivational Interviewing untuk Menangani Penyesuaian Sosial pada Remaja Tindak Pidana Pencurian di Yayasan Sahabat Kapas Karanganyar. KONSELING EDUKASI “Journal of Guidance and Counseling,” 4(1), 123–137. https://doi.org/10.21043/konseling.v4i1.7362
Ningrat, S. P., Tegeh, I. M., & Sumantri, M. (2018). Kontribusi Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 257–265.
Prayitno. (2012). Jenis Layanan dan Kegiatan Pendukung Konseling.
Rohman, Y. N., & Heru, M. (2016). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Kemampuan Menjalin Relasi Pertemanan. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 5(1), 12–18. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk
Sholihah, A. (2016). Analisis Pengaruh Motivasi Belajar Dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(3), 1–5.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Serta R&D. In Alfabeta, CV (Issue April). Penerbit Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (22nd ed.). Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Tindakan) (A. Nuryanto (ed.)). Alfabeta.
Sulistiyaningrum, K., & Syarqawi, A. (2023). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok pada Siswa MTS Negeri 2 Deli Serdang. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 829–836. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i2.339