Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Belajar Siswa

Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Belajar Siswa

  • amilatul askha Universitas Ivet
  • Dwi Asih Kumala Handayani Universitas Ivet
  • Sri Sayekti Universitas Ivet

Abstract

Amiatul Askha (2024) “Pengaruh Pola Asuh Orangtua Terhadap Kemandirian Belajar Siswa SMP NEGERI 28 SEMARANG” Skripsi Jurusan Bimbingan Dan Konseling Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Ivet Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dan mendiskripsikan pola asuh orangtua terhadap kemandirian anak di SMP NEGERI 28 SEMARANG. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dan korelasi produc momen. Perolehan hasil penelitian ini dengan SPSS adalah pola asuh orangtua otoriter sebesar 16,91% kategori Sedang, pola asuh orangtua demokratis sebesar 18,11% kategori Sedang dan pola asuh orangtua permisif sebesar 17,5% kategori Tinggi. kemandirian belajar dengan perhitungan jumlah total menggunakan SPSS terdapat total keseluruhan yaitu 53, 93% yang berarti masuk dalam kategori Tinggi. Pola asuh orangtua otoriter, demokratis, dan permisif memiliki pengaruh terhadap kemandirian belajar sebesar 67% dan 33% dipengaruhi oleh variabel atau faktor-faktor lain. Maka, Hipotesis yang menyatakan pola asuh orangtua memiliki korelasi terhadap kemandirian belajar dapat diterima.

References

DAFTAR PUSTAKA

Aini, P. N. (2012). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Lingkungan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sewon Bantul Tahun Ajaran 2010/2011. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(1), 48–65.
Akbar, P., Hamid, A., Bernard, M., Sugandi, A. I., Disposition, M., & Matematik, D. (2018). Analisis kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematik siswa kelas xi sma putra juang dalam materi peluang. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 144–153.
Ali, M., & Asrori, M. (2009). Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Bumi Aksara.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (14th ed.). Rineka Cipta.
Einstein, G., & Indrawati, E. S. (2019). Hubungan Antara Pola Asuh Otoriter Orangtua Dengan Perilaku Agresif Siswa/Siswi SMK Yudyakarya Magelang. Empaty, 5(3), 491–502.
Fadhilah, T. N., Handayani, D. E., & Rofian. (2019). Analisis Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), 249–255.
Hasanah, U. (2016). Pola asuh orangtua dalam membentuk karakter anak. Elementary, 2(1), 72–82.
Makagingge, M., Karmila, M., & Chandra, A. (2019). PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERILAKU SOSIAL ANAK (Studi Kasus Pada Anak Usia 3-4 Tahun di KBI Al Madina Sampangan Tahun Ajaran 2017-2018). YaaBunayya Jurnal Anak Pendidikan Usia Dini, volume 3 n, 115–122. https://doi.org/10.24853/yby.3.2.16-122
Nasution, N., Rahayu, R. F., Yazid, S. T. M., & Amalia, D. (2018). Pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 12(1), 9–14.
Pembayun, E. P., & Mudhar, M. (2022). Pengaruh Pola Asuh Otoriter Terhadap Kemandirian Anak. Jurnal Consulenza?: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 5(2), 96–103. https://doi.org/10.56013/jcbkp.v5i2.1381
Rahmat, S. T. (2018). Pola Asuh yang Efektif Untuk Mendidik Anak di Era Digital. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 10(2), 143–161.
Saputra, F. W. (2020). POLA ASUH ORANG TUA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 8(3), 1037–1051.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Serta R&D. In Alfabeta, CV (Issue April). Penerbit Alfabeta.
Suharso, P., & Sarbini, S. (2018). Coastal Community Response to the Movement of Literacy?: a study on literacy culture in Demak pesantren ’ s. E3S Web of Conferences, 47.
Sunarty, K. (2016). Hubungan pola asuh orangtua dan kemandirian anak. Jurnal of EST, 2(2), 152–160.
Published
2025-08-12
How to Cite
ASKHA, amilatul; HANDAYANI, Dwi Asih Kumala; SAYEKTI, Sri. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Belajar Siswa. Emphaty Cons - Journal of Guidance and Counseling, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 29-38, aug. 2025. ISSN 2656-9655. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/emp/article/view/4109>. Date accessed: 14 aug. 2025.
Section
Articles