Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Modeling Dalam Upaya Meningkatkan Perilaku Prososial

Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Modeling

  • allimatul massaadah Universitas Ivet
  • Tri Leksono Prihandoko Universitas Ivet
  • Dwi Asih Kumala Handayani

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif dengan jenis penelitian Eksperimen dengan desain penelitian Pre Test Post Test Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X MA Al Asror Semarang yang berjumlah 120 siswa yang kemudian dipilih dengan pertimbangan tertentu. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) layanan bimbingan kelompok dengan teknik modelling cukup efektif dalam meningkatkan peilaku prososial; (2) setelah mendapatkan layanan bimbingan kelompok dengan teknik modeling efektif untuk meningkatkan perilaku prososial. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji SPSS pada uji  Paired Sample T Test pada kelompok kontrol dan eksperimen pada pre-test dan post-test diperoleh nilai sig (2-Sided) sebesar 0,000 < 0,05. Pada uji  Independent Sample T Test pada kelompok kontrol dan eksperimen pada pre-test dan post-test diperoleh nilai sig (2-Sided) sebesar 0,003 < 0,05. Jadi dapat disimpulkan terdapat perbedaan nilai akhir kelompok kontrol yang diberikan layanan tanpa menggunakan teknik modelling dengan kelompok eksperimen yang diberikan laynan bimbingan kelompok dengan teknik modelling.

References

DAFTAR PUSTAKA

Adityawarman, L. P., Hidayati, A., & Maulana, M. A. (2020). Peran Bimbingan Kelompok Dalam Perencanaan Karir Siswa. Advice: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(2), 165. https://doi.org/10.32585/advice.v2i2.786

Bradley, T. E. (2015). 40 Teknik Yang Harus Diketahui Setiap Konselor. Pustaka Pelajar.

Dayakisni, T., & Hudaniah. (2012). Psikologi Sosial. UMM Press.

Durrotunnisa, & Sari, T. D. (2022). Bimbingan Kelompok Teknik Modeling Simbolik untuk Meningkatkan Konsep Diri Siswa. JURNAL BASICEDU, 6(4), 6828–6835.

Dwi Iswanto, M., Ariyanto, E. A., Muslikah, D., & Psikologi, F. (2023). Perilaku prososial pada remaja: Menguji kematangan emosi. INNER: Journal of Psychological Research, 2(3), 1–11.

Listiawaty, T. N., & Rosita, T. (2019). EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU PROSOSIAL Tiara Novia Listiawaty 1 , Wahyu Hidayat. 2 , Tita Rosita 3 1. 02, 237–249.

Mulia, F. D., Rahman, K. A., & Rahmayanty, D. (2023). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 9(1), 69. https://doi.org/10.31602/jbkr.v9i1.11586

Nursalim, M. (2013). Strategi Dan Intervensi Konseling (Y. Acitra (ed.); 1st ed.). Akademia Permata.

Pratiwi, A. (2017). Efektifitas Teknik Modeling Simbolis Untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi Siswa Smp Negeri 2 Minasatene. Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(1), 55–64.

Prayitno. (2012). Jenis Layanan dan Kegiatan Pendukung Konseling.

Putri, S. L., Rimayati, E., & Haksasi, B. S. (2024). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Pendekatan Behavioristic Teknik Role Playing Terhadap Perilaku Asertif Siswa Kelas VIII SMP Kesatrian 2 Semarang. Emphaty Cons?: Journal of Guidance and Counseling, 6, 34–42.

Rohman, Y. N., & Heru, M. (2016). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Kemampuan Menjalin Relasi Pertemanan. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 5(1), 12–18. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Tarigan, D. Z. (2018). Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Perilaku Prososial Siswa SMA Negeri 11 Medan. 1–128.

Zahrina, Z., & Fitri, S. (2024). Pengembangan Perilaku Prososial Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama Labschool Jakarta melalui Program Labschool Student Social Care ( Labs Care ) Abstrak The Development of Prosocial Behavior of Labschool Junior High School Jakarta Student Through the. INSIGHT: Jurnal Bimbingan Konseling, 13(2), 34–48.
Published
2025-08-12
How to Cite
MASSAADAH, allimatul; PRIHANDOKO, Tri Leksono; HANDAYANI, Dwi Asih Kumala. Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Modeling Dalam Upaya Meningkatkan Perilaku Prososial. Emphaty Cons - Journal of Guidance and Counseling, [S.l.], v. 6, n. 2, p. 39-45, aug. 2025. ISSN 2656-9655. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/emp/article/view/4110>. Date accessed: 14 aug. 2025.
Section
Articles