Pengaruh Layanan Bimbingan Klasikal Teknik Role Playing dengan Media Film Terhadap Intoleransi Siswa SMP Kesatrian 2 Semarang

Layanan Bimbingan Klasikal Teknik Role Playing dengan Media Film

  • muhammad asif maulana Universitas Ivet
  • Elfi Rimayati Universitas Ivet
  • Widya Novi Angga Dewi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan pengaruh layanan bimbingan klasikal dengan teknik role playing menggunakan media film terhadap intoleransi siswa SMP Kesatrian 2 Semarang; (2) Mendeskripsikan perbedaan intoleransi siswa antara dengan menggunakan layanan bimbingan klasikal dengan teknik role playing dan media film dengan layanan bimbingan klasikal tanpa teknik role playing dan media film. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen. Yaitu dengan menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Hasil penelitian ini adalah (1) Layanan bimbingan klasikal berpengaruh dalam menurunkan intoleransi dengan meningkatnya toleransi siswa SMP Kesatrian 2 Semarang, terbukti pada pair 1 nilai mean pada posttest kelas eksperimen yaitu 67,50 lebih besar dari nilai pretest kelas eksperimen yaitu 62,35. Sedangkan pada pair 2 nilai mean pada posttest kontrol yaitu 62,56 lebih besar dari nilai pretest kelas kontrol yaitu 57,22; (2) Layanan bimbingan klasikal menggunakan teknik role playing dengan media film berpengaruh dibanding layanan bimbingan klasikal tanpa teknik role playing dan media film, terbukti pada pengujian t-test jumlah mean posttest kelas eksperimen (67,50) lebih dari posttest kelas kontrol (62,56).

References

DAFTAR PUSTAKA
Abdul Manaf, A. A. bin, Hamzah, F., & Abidin, A. (2021). Depiction Heroic Animated Characters: Describing a Brief Process of Archetype Embodiment into a Genuine Nusantara -Inspired Content. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 11(7). https://doi.org/10.6007/ijarbss/v11-i7/10241
Apriliany, L. (2021). Peran Media Film Dalam Pembelajaran Sebagai. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascsarjana Universitas PGRI Palembang 15-16, 191–199.
Aranri, N., Nahriyah, S., & Jamaludin, G. M. (2023). Membangun Karakter Peserta Didik Yang Toleran Melalui Pendidikan Berbasis Multikultural. Prosiding Seminar Nasional Pasca Sarjana, 2(1), 1–6. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/semnas-ps/article/view/34928/15133
Aulia, F., Kamaria, K., & Musifuddin, M. (2022). Layanan Bimbingan Klasikal Untuk Meningkatkan Konsep Diri Dalam Pengambilan Keputusan Karir Siswa. JKP (Jurnal Konseling Pendidikan), 5(2), 78–89. https://doi.org/10.29408/jkp.v5i2.4965
Hasyim, F., & Junaidi, J. (2023). Penguatan Moderasi Beragama sebagai Upaya Pencegahan Radikalisme dan Intoleransi Pelajar di Karesidenan Surakarta. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, 6(1), 1. https://doi.org/10.36722/jpm.v6i1.2141
Herlina, U. (2015). Teknik Role Playing Dalam Konseling Kelompok. SOSIAL HORIZON: Jurnal Pendidikan Sosial, 2(1).
Hidayat, T. (2021). Dari Intoleransi Menuju Kerjasama Lintas Agama: Studi Kasus Masyarakat Muslim. Al-Adyan: Journal of Religious Studies, 2(1), 38–51. https://doi.org/10.15548/al-adyan.v2i1.1985
Mulyana, S., & Widyastuti, D. A. (2021). Bimbingan Klasikal “Think-Pair-Share” (Upaya Meningkatkan Self Control Remaja dalam Penggunaan Gadget). K-Media.
Pohan, R. (2024). Penanaman Karakter Dalam Pencegahan Tiga Dosa Besar Pendidikan Di Sdit Fadhilah Pekanbaru. Journal of Islamic Education Studies, 3(1), 10–18. https://doi.org/10.58569/jies.v3i1.1008
Putri, N. K., Harmi, H., & Hartini, H. (2022). Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Meningkatkan Toleransi Antar Suku Melalui Layanan Bimbingan Klasikal Di Sekolah. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(4), 1401. https://doi.org/10.35931/am.v6i4.1335
Rosidah, A. (2017). Layanan Bimbingan Klasikal untuk Meningkatkan Konsep Diri Siswa Underachiver. Jurnal Fokus Konseling, 3(2), 154. https://doi.org/10.26638/jfk.53.2099
Simarmata, M. Y., Mastuti, D. L., Thamimi, M., Melia, Yudha, R. K., & Yuliansyah, A. (2019). Media Film Sebagai Sarana Pembelajaran Literasi di SMA Wisuda Pontianak. GERVASI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(Juni).
Sinoeng, N. (2019). Membumikan Model Role Playing: Implementasi Model Pembelajaran di Sekolah yang Lebih Praktis, Menyenangkan, dan Manusiawi. Edwire Publishing.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Serta R&D. In Alfabeta, CV (Issue April). Penerbit Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (22nd ed.). Alfabeta.
Sugiyono. (2016). METODE PENELITIAN PENDIDIKAN: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Edisi ke-1). Penerbit Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Tindakan) (A. Nuryanto (ed.)). Alfabeta.
Published
2025-08-12
How to Cite
MAULANA, muhammad asif; RIMAYATI, Elfi; ANGGA DEWI, Widya Novi. Pengaruh Layanan Bimbingan Klasikal Teknik Role Playing dengan Media Film Terhadap Intoleransi Siswa SMP Kesatrian 2 Semarang. Emphaty Cons - Journal of Guidance and Counseling, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 7-19, aug. 2025. ISSN 2656-9655. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/emp/article/view/4113>. Date accessed: 14 aug. 2025.
Section
Articles