Bimbingan Karier Dalam Mengembangkan Minat Karier Siswa Kelas XII di SMA Sains Caahaya Al-Qur’an Pekalongan
Bimbingan Karier
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pelaksanaan bimbingan karir dan mengembangkan minat karir siswa di SMA Sains Cahaya Al-Qur’an Pekalongan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yang melibatkan observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Subjek penelitian terdiri dari guru bimbingan dan konseling serta siswa kelas XII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan karir memiliki peran yang signifikan dalam membantu siswa mengenali dan memahami minat serta bakat mereka. Siswa menunjukkan beragam minat karir yang mencerminkan potensi individu yang berbeda, dan bimbingan karir membantu mereka dalam merencanakan langkah-langkah karir yang lebih terarah. Selain itu, dukungan dari keluarga terbukti berpengaruh positif terhadap pengembangan minat karir siswa. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan program bimbingan karir di sekolah dengan melibatkan lebih banyak sumber daya dan kolaborasi dengan orang tua, guna mendukung siswa dalam menentukan pilihan karir yang sesuai. Temuan ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi pendidik dan pengambil kebijakan dalam merancang program bimbingan karir yang lebih efektif.
References
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (14th ed.). Rineka Cipta.
Ash Shiddiqy, A. R., Suherman, U., & Agustin, M. (2019). Efektivitas Bimbingan Karier terhadap Kematangan Karier Mahasiswa. Indonesian Journal of Educational Counseling, 3(3), 301–311. https://doi.org/10.30653/001.201933.115
Bayujati, R. S., Sayekti, S., & Ahdiansyah, M. H. (2022). Upaya Guru Bimbingan Konseling dalam Meningkatkan Pelayanan BK Karier Selama Pandemi Covid 19. Emphaty Cons-Journal of …, 3(2). https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/emp/article/view/2029%0Ahttps://e-journal.ivet.ac.id/index.php/emp/article/download/2029/1485
Bukhori, B. (2014). Dakwah Melalui Bimbingan dan Konseling Islam. KONSELING RELIGI: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 5(1), 1–18. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/konseling/article/view/1057#:~:text=Dakwah melalui bimbingan dan konseling Islam memiliki beberapa karakteristik%2C yakni,dan adanya target yang ditetapkan.
Farida, Sobari, T., & Irmayanti, R. (2020). Layanan Bimbingan Karier Terhadap Perencanaan Karier Peserta Didik di SMA. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 3(5), 164. https://doi.org/10.22460/fokus.v3i5.5777
Khoirunnisa, H., & Lestari, M. (2024). Layanan bimbingan karir dalam pengambilan keputusan karir siswa. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(1), 376. https://doi.org/10.29210/1202424241
Nursalim, M. (2015). Pengembangan Profesi Bimbingan & Konseling (pp. 1–230).
Rahma, U. (2010). Bimbingan Karier Siswa. UIN-Maliki Press.
Solichin, M. (2017). Psikologi Belajar. Pena Salsabila.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Serta R&D. In Alfabeta, CV (Issue April). Penerbit Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (22nd ed.). Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Tindakan) (A. Nuryanto (ed.)). Alfabeta.
Tohirin. (2012). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Pendidikan Dan Bimbingan Konseling, Cetakan ke-2. PT Raja Grafindo Persada.
Walidin, W., Idris, S., & Tabrani. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif & Grounded Theory. FTK Ar-Raniry Press.
Zaroh, S. (2018). Efektivitas Bimbingan Karir Menggunakan Teknik Modeling Simbolik untuk Meningkatkan Aspek Keterlibatan Kemampuan Perencanaan Karir Peserta Didik. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 2(2), 145. https://doi.org/10.30598/jbkt.v2i2.373