Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Kontrak Perilaku Untuk Menurunkan Kebiasaan Membolos Siswa di SMA Negeri 16 Semarang
Teknik Kontrak Perilaku
Abstract
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif True-Experimental Design dengan model Pretest Posttest Control Group Design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas 11 dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yang memiliki karakteristik perilaku kebiasaan membolos lebih dari 10x. Dengan hasil tersebut ditemukan sampel sebanyak 18 siswa melalui hasil data rekapan absensi dari guru BK yang telah disesuaikan dengan karakteristik yang ditentukan. Berdasarkan uji normalitas dapat diketahui bahwa nilai Sig. pada variabel perilaku kebiasaan membolos > 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penyebaran nilai skor variabel penelitian tersebut berdistribusi normal. Pada uji homogenitas dapat diketahui bahwa nilai Sig. > 0,05, maka dengan ini dapat dinyatakan bahwa data diatas homogen. dapat diketahui sesuai dengan hasil perhitungan SPSS 25 for windows yang menunjukan hasil bahwa nilai p = 0,000 (p < 0,05) yang berarti Ha diterima. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik kontrak perilaku efektif dalam menurunkan kebiasaan membolos siswa. Hasil tersebut dapat dilihat dari Ha diterima
References
Fikri, A., Sinring, A., & Pandang, A. (2022). Penerapan teknik kontrak perilaku untuk mengurangi perilaku membolos siswa di SMA Negeri 11 Sidrap. Pinisi Journal of Education, 1(1), 1–25.
Folastri, S., & Rangka, I. B. (2016). Prosedur Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok. Mujahid Press.
Kurniawan, D. E., & Pranowo, T. A. (2018). Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama Sebagai Upaya Mengatasi Perilaku Bullying di Sekolah. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 02(01), 50–60.
Paramita, R. W. D. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif (3rd ed.). Widiya Gamapress.
Priadana, S., & Sunarsi, D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif (1st ed.). Pascal Books.
Putri, V. N., Ifdil, I., Yusri, Y., & Yendi, F. M. (2020). Profil Kebermaknaan Hidup Siswa Membolos. Jurnal Aplikasi IPTEK Indonesia, 4(2), 126–135. https://doi.org/10.24036/4.24367
Rahayu, W. D., Hendriana, H., & Fatimah, S. (2020). Perilaku Membolos Peserta Didik Ditinjau Dari Faktor-Faktor Yang Melatarbelakanginya. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 3(3), 99. https://doi.org/10.22460/fokus.v3i3.5253
Rohman, Y. N., & Heru, M. (2016). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Kemampuan Menjalin Relasi Pertemanan. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 5(1), 12–18. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk
Sanna, J. B., & Nursalim, M. (2018). Penerapan Konseling Kelompok Teknik Kontrak Perilaku untuk Meningkatkan Perilaku Tanggung Jawab Pribadi Siswa Kelas VIII-F SMP Negeri 34 Surabaya Penerapan Konseling Kelompok Teknik Kontrak Perilaku untuk Meningkatkan Perilaku Tanggung Jawab Pribadi Siswa. Jurnal BK Unesa, 8(1), 121–124.
Setiawati, S. M. (2020). Perilaku Membolos: Penyebab, Dampak, dan Solusi. Proceeding Seminar Dan Lokakarya Nasional Bimbingan Dan Konseling 2021, 99–108.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (22nd ed.). Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Sumiarsih. (2019). Efektivitas Teknik Kontrak Perilaku ( Behavioral Contracts ) Untuk Mengurangi Perilaku Off Task Pada Siswa Lamban Belajar ( Slow Learner ) Kelas V Di Sd 1 Trirenggo. Jurnal Widia Ortodidaktika, 8(10), 71–84.
Wahidin, T., Haksasi, B. S., & Prihandoko, T. L. (2023). Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Permainan Puzzle Untuk Meningkatkan Pemahaman Karir Siswa Kelas XI SMK Teuku Umar Semarang. Emphaty Cons?: Journal of Guidance and Counseling, 5(1).
Wulandari, A. (2014). Karakteristik Pertumbuhan Perkembangan Remaja Dan Implikasinya Terhadap Masalah Kesehatan Dan Keperawatannya. Jurnal Keperawatan Anak, 2(1), 39–43.