Penerapan Cyber counseling Melalui Media Canva dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Informasi SMP Negeri 3 Geyer Kabupaten Grobogan
Cyber counseling Melalui Media Canva
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan cybercounseling berbasis Canva dalam meningkatkan kualitas layanan informasi di SMP N 3 Geyer Kabupaten Grobogan. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group, melibatkan siswa kelas VIII sebagai subjek penelitian. Pengumpulan data dilakukan melalui angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Canva dengan penyampaian melalui WhatsApp dalam cybercounseling meningkatkan pemahaman siswa terhadap layanan informasi secara signifikan. Uji Paired Sample T-Test dan Independent Sample T-Test mengonfirmasi bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam pemahaman siswa sebelum dan setelah penerapan cybercounseling berbasis Canva.
References
Adela, N., & Nirwana, H. (2025). Cyber Counseling Sebagai Metode Meningkatkan Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah?: Literature Review. Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 02(June), 113–117.
Arizona, A., Nurlela, N., Harapan, E., Surtiyoni, E., & Maulidina, P. (2022). Penerapan Cybercounseling Pada Konseling Individual Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 4(1), 84–89. https://doi.org/10.51214/bocp.v4i1.168
Artati, K. B., & Herdi, H. (2023). Aplikasi Cyber Counseling-Ngobrol Yuk Berbasis Android (Whatsapp) Untuk Meningkatkan Psychological Well-Being Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur?: Berbeda, Bermakna, Mulia, 9(3), 53. https://doi.org/10.31602/jmbkan.v9i3.11435
Efendi, M. (2013). Pengembangan Media Blog Dalam Layanan Informasi Bimbingan Dan Konseling. Jurnal BK Unesa, 1(1), 1–20.
Fakhriyani, D. V., Sa’idah, I., & Annajih, M. Z. H. (2021). Pendekatan REBT Melalui Cyber Counseling untuk Mengatasi Kecemasan di Masa Pandemi COVID-19. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 11(1), 56–70. https://doi.org/10.25273/counsellia.v11i18463
Monoarfa, M., & Haling, A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Canva dalam Meningkatkan Kompetensi Guru. Seminar Nasional Hasil Pengabdian, 1085–1092.
Pelangi, G. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA. Jurnal Sasindo Unpam, 8(2), 79–96.
Petrus, J., & Sudibyo, H. (2017). Kajian Konseptual Layanan Cyberconseling. Konselor, 6(1), 6. https://doi.org/10.24036/02017616724-0-00
Prasetiawan, H. (2016). Cyber Counseling Assisted With Facebook To Reduce Online Game Addiction. GUIDENA: Journal of Guidance and Counseling, C(1), 28–36.
Rimayati, E. (2023). Cyber Counseling: Inovasi Layanan Bimbingan dan Konseling di Era Digital (1st ed.). PT Asadel Liamsindo Teknologi.
Saputra, N. M. A., Hidayatullah, H. T., Abdullah, D., & Muslihati. (2019). Pelaksanaan Layanan Cyber Counseling Pada Era Society 5 . 0?: Kajian Konseptual. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling Universitas Negeri Malang, 5.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian. Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Tindakan) (A. Nuryanto (ed.)). Alfabeta.
Wahyuni, T. (2018). Peranan Layanan Informasi Bimbingan Dan Konseling Terhadap Tingkah Laku Sosial Pada Siswa Kelas Xii Kr1 Di Smkn2 Boyolangu Tulungagung. Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan, 5(3), 1–6.
Zaini, A., Dianto, M., & Mulyani, R. R. (2020). Pentingnya Penggunaan Media Bimbingan dan Konseling dalam Layanan Informasi. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling Universitas Negeri Malang.