Penerapan Konseling Kelompok Realita Teknik WDEP Untuk Mengurangi Academic Burnout Pada Siswa SMAN 13 Semarang.

Konseling Kelompok Realita Teknik WDEP

  • alif nurul alifah Universitas Ivet
  • Tri Leksono Prihandoko Universitas Ivet
  • Widya Novi Angga Dewi Universitas Ivet

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari bagaimana penerapan konseling kelompok realita teknik WDEP untuk mengurangi akademik burnout pada siswa SMAN 13 Semarang. Jenis penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Pre-Experimental Design dengan jenis One Group Pre-Test Post-Test Design . Subjek penelitian dalam desain ini tidak memiliki kelompok kontrol ( Single Group Experimental ). Objek penelitian diambil menggunakan teknik purposive random sampling . Instrumen kuesioner divalidasi dengan uji validitas person product moment serta analisis kuantitatif dilakukan dengan analisis Paired Sample T-Test . Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata – rata pre-test tingkat Academic Burnout pada sampel yaitu sebesar 40,42 sedangkan setelah diberikan treatment nilai rata – rata post-tets sebesar 31,28. Dari Uji diketahui Paired Sample T-Test, nilai sig. ( 2-tailed ) 0,001 < 0,05 menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan. Maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima, yaitu penerapan konseling kelompok realita teknik WDEP dapat mengurangi tingkat kejenuhan akademik pada siswa kelas X SMAN 13 Semarang.

References

DAFTAR PUSTAKA
Agatha, P. A. J., & Pamungkas, H. P. (2024). Pengaruh Lingkungan Belajar Dan Dukungan Sosial Terhadap Academic Burnout Siswa SMA AL-ISLAM KRIAN. Jurnal Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 15(2), 133–143.

Anshorryyah, F., & Hadinata, E. O. (2022). Hubungan Academic Self-Efficacy Dengan Academic Burnout Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 6 Palembang. GUIDENA: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan Dan Konseling, 13(2), 270–279.

Febrianto, B., Ambarini, T. K., Psikologi, F., & Surabaya, U. A. (2019). Efektivitas Konseling Kelompok Realita Untuk Menurunkan Kecemasan Pada Klien Pemasyarakatan. 07(01), 2540–8291.

Lubis, N. L., & Hasnida. (2019). Konseling Kelompok (Edisi 1). Prenadamedia Group.

Masrohan, A., & Pratiwi, T. I. (2014). Unesa Jurnal Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling Penerapan Konseling Kelompok Realita Teknik Wdep Untukmeningkatkan Disiplin Belajar Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri 1 Rogojampi Banyuwangi The Implementation Of Reality Group Counseling Wdep Technique To Improv.

Mugiarso, H., & Haksasi, B. S. (2017). Muatan Pendidikan Karakter Berbasis Experiential Learning Dalam Konseling Kelompok. … Seminar Bimbingan Dan Konseling, 24(2), 29–35.

Mulawarman, Arifudin, I., & Rahmawati, A. I. N. (2020). Konseling Kelompok Pendekatan Realita?: Pilihan Dan Tanggung Jawab (Edisi Pert). Kencana.



Nadhifa, F., Habsy, B. A., & Ridjal, T. (2020). Konseling Kelompok Realita Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah, Efektifkah? Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(1), 49–58. Https://Doi.Org/10.21009/Pip.341.6

Nopriani, U., Syahriman, S., & Herawati, A. A. (2021). Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Self-Talk Terhadap Kejenuhan (Burnout) Belajar Siswa Xi Mipa F Di Sma Negeri 2 Kota Bengkulu. Triadik, 20(1), 10–19. Https://Doi.Org/10.33369/Triadik.V20i1.16465

Purba, S. A. B., & Nasution, F. (2025). Efektivitas Konseling Kelompok Teknik Thought Stopping Dalam Mengurangi Academic Burnout Siswa Di SMP. Indonesian Journal Of Counseling And Development, 7(1), 12–24.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D (Edisi Ke-1). Penerbit Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D Dan Penelitian Tindakan) (A. Nuryanto (Ed.)). Alfabeta.

Sukirno, A., & Rohayati. (2020). Konseling Kelompok Dalam Upaya Meningkatkan Semangat Belajar Mahasiswa Aktivis Pramuka. Jurnal Al-Shifa, 1(2), 111–117.

Suriati, Mulkiyan, & Nur, M. J. (2020). Teori Dan Teknik Bimbingan Konseling. Penerbit CV. Latinulu.

Wubbolding, R. E. (2017). Reality Therapy And Self-Evaluation: The Key To Client Change. American Counseling Association.
Published
2025-08-12
How to Cite
ALIFAH, alif nurul; PRIHANDOKO, Tri Leksono; ANGGA DEWI, Widya Novi. Penerapan Konseling Kelompok Realita Teknik WDEP Untuk Mengurangi Academic Burnout Pada Siswa SMAN 13 Semarang.. Emphaty Cons - Journal of Guidance and Counseling, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 45-53, aug. 2025. ISSN 2656-9655. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/emp/article/view/4117>. Date accessed: 16 aug. 2025.
Section
Articles