Hubungan Antara Kecerdasan Sosial Dengan Semangat Belajar Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Universitas Ivet Semarang
Kecerdasan Sosial
Abstract
Kecerdasan sosial disini merupakan tumpuan atau kemampuan pada mahasiswa yntuk berinteraksi dengan lingkungannya. Kecerdasan sosial yang tinggi dapat memengaruhi semangat belajar pada mahasiswa. Semangat belajar membantu mahasiswa dalam mencapai kesuksesan akademis. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan Hubungan antara Kecerdasan Sosial dengan Semangat Belajar pada Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling Universitas Ivet Semarang. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan korelasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah rumus anlisis deskriptif serta analisis koralisonal dengan teknik analisis data menggunakan korelasi pearson product moment dengan bantuan SPSS versi 25.00 for windows. Hasil dari penelitian ini dengan menggunakan 35 sampel dan dapat disimpulkan bahwa mahasiswa yang memiliki kecerdasan sosial yang sangat tinggi memiliki semangat belajar yang tinggi juga. Sehingga terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kecerdasan sosial dengan semangat belajar mahasiswa program studi bimbingan dan konseling Universitas Ivet Semarang dengan korelasi berkategori kuat.
References
Amalia, K., & Syifa, A. (2024). Grit Akademik Mahasiswa: (Deferensiasi Gender Pada Pembelajaran Online Statistika Di Era Revolusi Industri 4.0). NUSRA: Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 5(1), 393–399.
Andriani, A., & Listiyandini, R. A. (2017). Peran Kecerdasan Sosial terhadap Resiliensi pada Mahasiswa Tingkat Awal. Psympathic?: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(1), 67–90. https://doi.org/10.15575/psy.v4i1.1261
Ash Shiddiqy, A. R., Suherman, U., & Agustin, M. (2019). Efektivitas Bimbingan Karier terhadap Kematangan Karier Mahasiswa. Indonesian Journal of Educational Counseling, 3(3), 301–311. https://doi.org/10.30653/001.201933.115
Inayati, M., & Zainab, N. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Kerangka Tpack Berbasis Video Pembelajaran Pendidkan Agama Islam dalam Meningkatkan Semangat Belajar Siswa. Jurnal Cendekia Media Komunikasi Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Islam, 15(02), 277–290. https://doi.org/10.37850/cendekia.v15i02.537
Irwan, Tobroni, & Khozin. (2024). Urgensi Kecerdasan Spiritual dan Kecerdasan Sosial Dalam Pendidikan Agama Islam. Jurnal Ilmiah Kreatif, 22(1), 78–89. https://ejournal.iaimbima.ac.id/index.php/kreatif/article/view/2580/1012
Mudzakir, A., Muwaffiqillah, M., & Muzzaki, I. (2022). Pengaruh Antara Kecerdasan Sosial Dengan Produktivitas Kerja Karyawan Bagian Penjualan. Happiness, Journal of Psychology and Islamic Science, 2(1), 41–55. https://doi.org/10.30762/happiness.v2i1.338
Rahim, M., Usman, I., & Puluhulawa, M. (2017). Kecerdasan Sosial dan Prestasi Belajar Siswa (Tinjauan dari Perspektif Bimbingan dan Konseling Belajar ). Proceeding Seminar Dan Lokakarya Nasional Revitalisasi Laboratorium Dan Jurnal Ilmiah Dalam Implementasi Kurikulum Bimbingan Dan Konseling Berbasis KKNI, Agustus, 4–6. http://journal2.um.ac.id/index.php/sembk/article/view/1411
Rosita, E., Hidayat, W., & Yuliani, W. (2021). Uji Validitas Dan Reliabilitas Kuesioner Perilaku Prososial. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 4(4), 279. https://doi.org/10.22460/fokus.v4i4.7413
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian. Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Tindakan) (A. Nuryanto (ed.)). Alfabeta.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suherli, N., Djuwita, P., & Juarsa, O. (2020). Pengaruh Kemampuan Komunikasi Interpersonal dan Kecerdasan Sosial Terhadap Prestasi Belajar PKN Siswa SD Kelas V. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 3(2), 113–119. https://doi.org/10.33369/dikdas.v3i2.11817
Sukirno, A., & Rohayati. (2020). Konseling Kelompok Dalam Upaya Meningkatkan Semangat Belajar Mahasiswa Aktivis Pramuka. Jurnal Al-Shifa, 1(2), 111–117.
Waskito, M. I. B., Pramono, A. D., & Firmansyah, M. (2021). Kontribusi Kecerdasan Spiritual Dan Kecerdasan Sosial Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa. Fakultas Kedokteran, Universitas Islam Malang, 1–12.
Zakiah, L. (2020). Hubungan Kecerdasan Sosial dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. PARAMETER: Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Jakarta, 32(1), 30–52. https://doi.org/10.21009/parameter.321.03