Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing Menggunakan Media Kartu Emosi Untuk Meningkatkan Kemampuan Regulasi Emosi Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 10 Semarang

Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing

  • nur hadi Universitas Ivet
  • Widya Novi Angga Dewi Universitas Ivet
  • Elfi Rimayati Universitas Ivet

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing menggunakan media kartu emosi untuk  meningkatkan kemampuan regulasi emosi pada siswa kelas X SMK Negeri 10 Semarang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian true experimental design, dengan jenis metode penelitiannya adala control group pretest-posttest. Dalam penelitian ini teknik analisis data menggunakan Uji Independen Sampel T-test. Teknik dalam pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan regulasi emosi siswa kelas X ML 2 SMK Negeri 10 Semarang berada dalam kategori sedang dengan memperoleh hasil perhitungan analisis deskriptif presentase sebesar 66%. Perhitungan rata-rata pretest kelompok eksperimen sebesar 54,80, kelompok kontrol 60,30. Setelah diberikan perlakuan hasil posttest nilai rata-rata kelompok eksperimen sebesar 69,70, kelompok kontrol 65,00. Berdasarka hasil Uji Independent Sampel T-test nilai sig. (2-tailed) 0,28<0,05 menunjukkan bahwa adanya perbedaan yang signifikan. Maka (Ho) ditolak, dan hipotesis (Ha) diterima.

References

DAFTAR PUSTAKA
Adityawarman, L. P., Hidayati, A., & Maulana, M. A. (2020). Peran Bimbingan Kelompok Dalam Perencanaan Karir Siswa. Advice: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(2), 165. https://doi.org/10.32585/advice.v2i2.786

Anggraini, A., & Harahap, A. C. P. (2023). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing. Ghaidan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam Dan Kemasyarakatan, 155–163.

Folastri, S., & Rangka, I. B. (2016). Prosedur Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok. Mujahid Press.

Gross, J. J. (2014). Handbook of Emotion Regulation. Guilford Press.

Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Kardo, R. (2017). Manfaat Pemberian Layanan Bimbingan Kelompok Jurnal Counseling Care Meningkatkan Komunikasi Dalam Belajar Peserta Didik. Jurnal Counseling Care, 1(1), 1–12.

Maruti, E. S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Keterampilan Berbicara Jawa Mahasiswa Semester V Prodi PGSD Universitas PGRI Madiun. Prosding Seinar Internasional Pendidik Dan Pengembang Pendidikan Indonesia, 144–148.

Mulia, F. D., Rahman, K. A., & Rahmayanty, D. (2023). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Role Playing Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 9(1), 69. https://doi.org/10.31602/jbkr.v9i1.11586

Nadhifah, N. M. C., & Setiawati, D. (2019). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Psikodrama Untuk Meningkatkan Regulasi Emosi Peserta Didik SMA Negeri 2 Lamongan. 1–7.

Rohman, Y. N., & Heru, M. (2016). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Kemampuan Menjalin Relasi Pertemanan. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 5(1), 12–18. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk

Sari, L. A., Sasmiati, & Haenilah, E. Y. (n.d.). Bermain Kartu Emosi dan Keterampilan Berbahasa Anak Usia Dini Leni. 1.

Sinoeng, N. (2019). Membumikan Model Role Playing: Implementasi Model Pembelajaran di Sekolah yang Lebih Praktis, Menyenangkan, dan Manusiawi. Edwire Publishing.

Sugiono, P. D. (2019). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R & D. Yogyakarta?: CV. Alfabeta., 2019.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (22nd ed.). Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Published
2025-08-12
How to Cite
HADI, nur; ANGGA DEWI, Widya Novi; RIMAYATI, Elfi. Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing Menggunakan Media Kartu Emosi Untuk Meningkatkan Kemampuan Regulasi Emosi Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 10 Semarang. Emphaty Cons - Journal of Guidance and Counseling, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 19-27, aug. 2025. ISSN 2656-9655. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/emp/article/view/4120>. Date accessed: 14 aug. 2025.
Section
Articles