Korelasi Antara Self Regulation Dengan Sindrom Fear of Missing Out (FOMO) Dalam Penggunaan Media Sosial Pada Siswa di SMP Institut Indonesia Semarang
Self Regulation Dengan Sindrom Fear of Missing Out
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan hubungan antara self regulation dengan sindrom fear of missing out (fomo) dalam penggunaan media sosial pada siswa di SMP Institut Indonesia Semarang. Metode yang digunakan adalah kuantitatif korelasional dengan teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 100 siswa. Sampel yang digunakan sebanyak 40 siswa. Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi product moment dengan bantuan SPSS 25 for windows. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini nilai r?? = - 0,449 dan p = 0,004 (p < 0,05) yang artinya adanya hubungan negatif antara self regulation dengan sindrom fomo pada siswa kelas VIII di SMP Institut Indonesia Semarang. Dari data tersebut menunjukan bahwa semakin rendah self regulation maka semakin tinggi sindrom fomo yang terjadi dan sebaliknya. Sumbangan yang diberikan self regulation terhadap sindrom fomo sebesar 20,1%, yang artinya self regulation memiliki pengaruh terhadap sindrom fomo.
References
Abel, J. P., Buff, C. L., & Burr, S. A. (2011). Social Media and the Fear of Missing Out: Scale Development and Assessment.
Akbar, M. F., & Afifah, S. (2023). Social Media Addiction and Bedtime Procrastination in Students. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 12(3), 309–315.
Arum, A. R., & Khoirunnisa, R. N. (2021). Hubungan Antara Regulasi Diri Dengan Penyesuaian Diri Mahasiswa Baru Psikologi. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 8(8).
Astuti, C. N., & Kusumiati, R. Y. E. (2021). The Correlation between Adolescent Social Media Active Users’ Neuroticism Personality and Fear of Missing Out. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 12(2), 245–258. https://doi.org/10.23887/jibk.v12i2.34086
Filibiana, N. D., & Wibowo, D. H. (2023). Fear of Missing Out dan Kecanduan Media Sosial Pada Remaja Awal. Proyeksi: Jurnal Psikologi, 18(2), 157–165.
Gezg?n, D. M., HAMUTO?LU, N. B., GEM?KONAKLI, O., & RAMAN, ?. (2017). Social Networks Users?: Fear of Missing Out in Preservice Teachers. Journal of Education and Practice, 8(17), 156–168.
Kaloeti, D. V. S., S, A. K., & Tahamata, V. M. (2021). Validation and psychometric properties of the Indonesian version of the Fear of Missing Out Scale in adolescents. Psicologia: Reflexão e Crítica, 0.
Lenaini, I. (2021). TEKNIK PENGAMBILAN SAMPEL PURPOSIVE DAN SNOWBALL SAMPLING. HISTORIS: Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39.
Mufarida, D. A. Al, & Santosa, R. P. (2024). Hubungan Antara Self Control Dengan Fear Of Missing Out (FOMO) Pada Generasi Z Pengguna Media Sosial Tiktok. Paedagogy?: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Psikologi, 4(2), 194–205.
Neviyani, G. R., Marjohan, Ifdil, & Afdal. (2023). Konseling Kelompok Realita untuk Meningkatkan Identitas Diri Pengguna Aplikasi TikTok. Journal on Education, 05(03), 5980–5989. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk
Sianipar, N. A., & Kaloeti, D. V. S. (2019). Hubungan Antara Regulasi Diri Dengan Fear Of Missing Out ( FOMO ) Pada Mahasiswa Tahun Pertama Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro. Jurnal Empati, 8(1), 136–143.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Utami, P. D., & Aviani, Y. I. (2021). Hubungan Antara Regulasi Diri dengan Fear of Missing Out ( Fomo ) pada Remaja Pengguna Instagram. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5, 177–185.
Wanjohi, R. N., Mwebi, R. B., & Nyang’ara, N. M. (2015). Self-Regulation of Facebook Usage and Academic Performance of Students in Kenyan Universities. Journal of Education and Practice, 6(14), 109–114.
Wati, V. A., Pratikto, H., & Aristawati, A. R. (2023). Fear of missing out pada remaja di Surabaya?: Bagaimana peranan regulasi diri?? INNER: Journal of Psychological Research, 2(3), 297–303.