Hubungan Antara Penyesuaian Diri di Sekolah dengan Motivasi Belajar Siswa SMP Agus Salim Semarang
Penyesuaian Diri di Sekolah
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan model administrasi bimbingan dan Tugas perkembangan siswa dalam menyesuaikan dirinya untuk menunjang kehidupan pribadi maupun kehidupan sosial. Penyesuaian diri siswa yang baik mempengaruhi motivasi belajar pada siswa. Motivasi mempunyai peranan penting dalam kegiatan belajar. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan hubungan antara penyesuaian diri di sekolah dengan motivasi belajar siswa SMP Agus Salim Semarang. Dalam penelitian ini menggunkan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan korelasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah rumus analisis deskriptif serta analisis korelasional dengan teknik analisis data menggunakan korelasi pearson product moment dengan bantuan SPSS versi 25.00 for windows. Hasil dari penelitian ini dengan menggunakan 169 sampel dan dapat disimpulkan bahwa siswa yang memiliki penyesuaian diri yang sangat tinggi dan memiliki motivasi belajar yang sangat tinggi pula. Sehingga terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara penyesuaian diri dengan motivasi belajar siswa SMP Agus Salim Semarang dengan korelasi berkategori rendah.
References
Afriani, E., Rahmi, A., Afrinaldi, A., & Santosa, B. (2023). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Penyesuaian Diri Mahasiswa Perantau Program Studi Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(6), 6–11. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i6.20079
Haq, A. (2018). Motivasi belajar dalam meraih prestasi. Jurnal Vicratina, 3(1), 193–214.
Jufirman, D. (2018). Hubungan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan peserta didik SMA PGRI Pekanbaru. Skripsi Pendidikan, Universitas Islam Riau, 1(1), 7–34.
Khasanah, S. (2022). Hubungan Antara Penyesuaian Diri Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Negei 1 Ambarawa. Guiding World Jurnal Bimbingan dan Konseling, 05(November), 1–7.
Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, November, 289–302.
Rahmawati, E. (2014). Pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII 3 SMP Muhammadiyah 22 Pamulang. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Risnawati, R., & Salahuddin, S. (2022). Layanan informasi untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa. Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa, 2(1), 39–44. https://doi.org/10.30998/ocim.v2i1.6777
Selliana, Nengsih, & Sitepu, D. R. (2021). Hubungan konsep diri dengan penyesuaian diri pada siswa kelas X SMK Tunas Pelita Binjai. Jurnal Serunai Bimbingan Dan Konseling, 10(1), 1–10.
Siahaan, R. M., Sihombing, S., & Simamora, B. (2022). Pengaruh Kecerdasan Interpesonal Dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI SMA N 1 Sidamanik T.a 2022/2023. Jurnal Pendidikan Indonesia?: Teori, Penelitian, Dan Inovasi, 3(3), 0–4. https://doi.org/10.59818/jpi.v3i3.381
Siswanto. (2016). Kesehatan Mental Konsep Cakupan dan Perkembangannya.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (22nd ed.). Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian. Alfabeta.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sulistiyaningrum, K., & Syarqawi, A. (2023). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok pada Siswa MTS Negeri 2 Deli Serdang. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 829–836. https://doi.org/10.62775/edukasia.v4i2.339
Suryadi, S., Triyono, T., Nur, A., & Dianto, M. (2019). Hubungan Penyesuaian Diri Dan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Neo Konseling, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.24036/00252kons2020