Peran Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Mencegah Perilaku Bullying pada Siswa SMK Texmaco Semarang

Bimbingan dan Konseling Dalam Mencegah Perilaku Bullying

  • deki dwi sanjaya Universitas Ivet
  • Sri Sayekti Universitas Ivet
  • Sri Redjeki Universitas Ivet

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran mengetahui Guru Bimbingan Konseling dalam mencegah perilaku bullying pada siswa SMK Texmaco Semarang. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan dokumentasi yang kemudian di analisis secara kualitatif. Subjek penelitian ini merupakan 3 guru Bimbingan Konseling. Dari hasil penelitian dapat dijelaskan bahwa peran guru dalam mencegah perilaku bullying , maka dapat disimpulkan bahwa masalah bullying di SMK Texmaco Semarang bahwa bullying dapat dicegah dan diatasi. Dari 4 (empat) pertemuan 3 (tiga) kali wawancara peneliti menjadi tau apa bentuk bullying yang paling sering terjadi, dampak-dampak, baimana menyikapi adanya bullying sebagai seorang guru Bimbingan Konseling..

References

DAFTAR PUSTAKA
Adiyono, A., Adiyono, A., Irvan, I., & Rusanti, R. (2022). Peran Guru Dalam Mengatasi Perilaku Bullying. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 649. https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1050

Afiyani, I., Wiarsih, C., & Bramasta, D. (2019). Identifikasi Ciri-Ciri Perilaku Bullying Dan Solusi Untuk Mengatasinya Di Sekolah. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur?: Berbeda, Bermakna, Mulia, 5(3), 21–25.

Astuti, L. P. (2023). Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengatasi Bullying Verbal Di Sekolah Menengah Pertama. Aflah Consilia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(1), 20–26. https://doi.org/10.56997/aflahconsilia.v2i1.1314

Batubara, Y. A., Farhanah, J., Hasanahti, M., & Apriani, A. (2022). Konseling Bagi Peserta Didik. Jurnal Buatan Alumni Bimbingan Dan Konseling Islam (JKA BKI), 4(1), hlm 3. http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/almursyid/%0Ahttps://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/almursyid/article/view/1197

Bu’ulolo, S., Zagoto, S. F. L., & Laia, B. (2022). Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mencegah Bullying Di Sma Negeri 1 Amandraya Tahun Pelajaran 2020/2021. Counseling For All (Jurnal Bimbingan Dan Konseling), 2(1), 53–62. https://doi.org/10.57094/jubikon.v2i1.376

Hanifah, S. N., & Hartanto, D. (2021). Peran Guru Bimbingan Konseling dalam Pendidikan Karakter Peserta Didik. Seminar Nasional Hasil Pelaksanaan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan, 80–84.

Heriyansyah, H. (2018). Guru Adalah Manajer Sesungguhnya Di Sekolah. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(01), 116–127. https://doi.org/10.30868/im.v1i01.218

Juwanto, J. (2020). Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Terhadap Penggunaan Handphone Oleh Siswa di SMA LI Pembangunan Kota Padang. Psikodidaktika: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 73. https://doi.org/10.32663/psikodidaktika.v5i1.1225

Pohan, R. (2024). Penanaman Karakter Dalam Pencegahan Tiga Dosa Besar Pendidikan Di Sdit Fadhilah Pekanbaru. Journal of Islamic Education Studies, 3(1), 10–18. https://doi.org/10.58569/jies.v3i1.1008

Rahmawati, I. S., & Illa, A. (2020). Pencegahan Bullying Dalam Pendidikan Karakter Melalui Peran Guru di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 633–640. http://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/375

Rovisa, R., & Ernawati, I. (2021). Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Mengatasi Bullying Siswa Kelas Viii Di Smp N 1 Kasihan Bantul Tahun Ajaran 2020/2021. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 158–164. https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i1.2196

Sari, Y. P., & Azwar, W. (2018). Fenomena Bullying Siswa: Studi Tentang Motif Perilaku Bullying Siswa di SMP Negeri 01 Painan, Sumatera Barat. Ijtimaiyya: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 10(2), 333–367. https://doi.org/10.24042/ijpmi.v10i2.2366

Siti, B. (2024). Strategi Bimbingan Konseling Dalam Mengatasi Bullying Verbal Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Dan Pengajaran, 3(1), 56–63.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian. Alfabeta.

Yandri, H. (2014). Peran Guru Bk/Konselor Dalam Pencegahan Tindakan Bullying Di Sekolah. Jurnal Pelangi, 7(1), 97–107. https://doi.org/10.22202/jp.v7i1.155

Yunika, R., Alizamar, A., & Sukmawati, I. (2013). Upaya Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mencegah Perilaku Bullying di SMA Negeri Se Kota Padang. Konselor, 2(3), 21–25. https://doi.org/10.24036/02013232163-0-00
Published
2025-08-13
How to Cite
SANJAYA, deki dwi; SAYEKTI, Sri; REDJEKI, Sri. Peran Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Mencegah Perilaku Bullying pada Siswa SMK Texmaco Semarang. Emphaty Cons - Journal of Guidance and Counseling, [S.l.], v. 7, n. 2, p. 42-49, aug. 2025. ISSN 2656-9655. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/emp/article/view/4124>. Date accessed: 14 aug. 2025.
Section
Articles