Konseling Berbasis Nilai sebagai Strategi Penguatan Perilaku Organisasi dan Kepemimpinan Guru: Studi Eksperimental di Lembaga Darussalam
Strategi Penguatan Perilaku Organisasi
Abstract
Meningkatkan kualitas perilaku organisasi dan kepemimpinan guru bukan sekadar agenda administratif, melainkan sebuah upaya strategis untuk membangun iklim sekolah yang hangat, kolaboratif, dan penuh kepercayaan. Di ranah pendidikan anak usia dini, seperti di Lembaga Darussalam, sinergi antarpendidik menjadi kunci agar setiap anak tumbuh dalam lingkungan yang aman dan inspiratif. Penelitian ini berangkat dari keyakinan bahwa guru yang berjiwa pemimpin dan memiliki perilaku organisasi yang positif akan lebih mampu menciptakan energi kolektif bagi kemajuan sekolah.
Melalui pendekatan kuasi-eksperimen pretest-posttest control group, penelitian ini melibatkan 30 guru 15 dalam kelompok eksperimen dan 15 dalam kelompok kontrol—yang dipilih secara purposive. Guru di kelompok eksperimen mengikuti enam sesi konseling berbasis nilai yang dirancang bukan sekadar untuk mengubah perilaku, tetapi juga menumbuhkan kesadaran diri dan komitmen moral. Setiap sesi memadukan diskusi reflektif, analisis dilema moral yang dekat dengan pengalaman guru, dan simulasi kepemimpinan yang mendorong kolaborasi nyata.
Pengukuran dilakukan menggunakan skala perilaku organisasi, skala kepemimpinan berbasis nilai (? = 0,89), dan observasi keterlibatan peserta. Hasil analisis ANCOVA menunjukkan lonjakan signifikan dalam kepemimpinan partisipatif (p = 0,003), komunikasi efektif (p = 0,005), dan perilaku pro-sosial (p = 0,007) di kelompok eksperimen dibandingkan kelompok kontrol. Temuan ini menegaskan bahwa intervensi berbasis nilai mampu melampaui sekadar perubahan perilaku permukaan; ia menanamkan prinsip moral yang menjadi fondasi kepemimpinan autentik di tingkat mikro-organisasi.
Kontribusi utama penelitian ini adalah menghadirkan model konseling yang memadukan pendekatan psikologis, pedagogis, dan nilai moral sebuah formula yang tidak hanya memberdayakan guru secara individu, tetapi juga memperkuat jalinan kebersamaan di seluruh komunitas sekolah.
References
Afdal, A., Asri, D. N., & Mulyani, R. (2019). Value-based counseling model to develop teachers’ ethical awareness and collaborative behavior. International Journal of Instruction, 12(4), 513–528. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12433a
Azizah, N., Prasetyo, Z. K., & Rohman, M. (2020). Teacher professional development through instructional skills training: Impact and limitations. Journal of Educational Research and Evaluation, 9(1), 12–23. https://doi.org/10.23917/jere.v9i1.9674
Bandura, A. (2018). Toward a psychology of human agency: Pathways and reflections. Perspectives on Psychological Science, 13(2), 130–136. https://doi.org/10.1177/1745691617699280
Bass, B. M., & Riggio, R. E. (2018). Transformational leadership (3rd ed.). Routledge. https://doi.org/10.4324/9781315229386
Browne, L. A., & Reid, J. D. (2021). Teacher leadership and organizational climate: The mediating role of trust. Educational Management Administration & Leadership, 49(4), 593–612. https://doi.org/10.1177/1741143220930582
Chen, M., Li, Y., & Zhang, J. (2022). Integrating moral values into professional development programs: Effects on authentic leadership in schools. Educational Management Administration & Leadership, 50(5), 745–763. https://doi.org/10.1177/17411432211047385
Cohen, J. (1988). Statistical power analysis for the behavioral sciences (2nd ed.). Lawrence Erlbaum Associates.
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (5th ed.). SAGE Publications.
Day, C., Gu, Q., & Sammons, P. (2016). The impact of leadership on student outcomes: How successful school leaders use transformational and instructional strategies to make a difference. Educational Administration Quarterly, 52(2), 221–258. https://doi.org/10.1177/0013161X15616863
Field, A. (2018). Discovering statistics using IBM SPSS statistics (5th ed.). SAGE Publications.
Fullan, M. (2016). The new meaning of educational change (5th ed.). Teachers College Press.
Harris, A., & Jones, M. (2018). Teacher leadership and educational change. School Leadership & Management, 38(2), 123–126. https://doi.org/10.1080/13632434.2018.1456123
Kim, S., Park, J., & Shin, Y. (2021). Moral dilemma discussion and role-play simulations for leadership development: A meta-analysis. Journal of Educational Psychology, 113(2), 240–260. https://doi.org/10.1037/edu0000468
Kraft, M. A., Marinell, W. H., & Yee, D. (2020). School organizational contexts, teacher turnover, and student achievement: Evidence from panel data. American Educational Research Journal, 57(2), 273–307. https://doi.org/10.3102/0002831219893982
Leithwood, K., Harris, A., & Hopkins, D. (2020). Seven strong claims about successful school leadership revisited. School Leadership & Management, 40(1), 5–22. https://doi.org/10.1080/13632434.2019.1596077
Organ, D. W. (1988). Organizational citizenship behavior: The good soldier syndrome. Lexington Books.
Pallant, J. (2020). SPSS survival manual: A step-by-step guide to data analysis using IBM SPSS (7th ed.). Open University Press.
Rahayu, S., & Fauzan, A. (2021). Collaborative leadership and its impact on early childhood education quality. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, 10(1), 12–20. https://doi.org/10.15294/ijeces.v10i1.49521
Schunk, D. H., Pintrich, P. R., & Meece, J. L. (2017). Motivation in education: Theory, research, and applications (4th ed.). Pearson Higher Ed.
Tschannen-Moran, M., & Gareis, C. R. (2015). Faculty trust in the principal: An essential ingredient in high-performing schools. Journal of Educational Administration, 53(1), 66–92. https://doi.org/10.1108/JEA-02-2014-0024