Pengaruh Layanan Informasi Melalui Media Film Terhadap Sikap Sosial Siswa Kelas VIII MTs Al-Ikhwan
Abstract
Tujuan penelitian: 1) Untuk mendapatkan data tentang pelaksanaan layanan informasi pada siswa kelas VIII Mts Al-Ikhwan; 2) Untuk mendapatkan data tentang sikap sosial siswa kelas VIII Mts Al-Ikhwan; 3) Untuk mengetahui pengaruh layanan informasi terhadap sikap sosial siswa di Mts Al-Ikhwan. Metode penelitian menggunakan analisis kuantitatif dengan jumlah populasi 140 siswa dan sample penelitian 102 siswa. Teknik pengambilan data dengan teknik random sampling. Data diperoleh dengan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, korelasi, dan regresi sederhana. Hasil penelitian membuktikan ada pengaruh positif dan signifikan antara variabel layanan informasi terhadap sikap sosial siswa kelas VIII Mts Al-Ikhwan. Analisis deskriptif membuktikan layanan informasi terbukti dalam kategori baik dengan skor 73,66 dan sikap sosial siswa sudah dalam kategori sangat baik dengan skor 76,22%. Hasil analisis korelasi diperoleh rxy = 0,4886 > rtabel = 0,1946 dengan taraf signifikan 5% (N=102) terbukti signifikan. Persamaan hasil analisis regresi linier sederhana Y = 34,406 + 0,488X. Dengan t hitung = 5,570 > t tabel = 1,984 (sig. 0,025; 0,05) dengan derajat kebebasan= 100. Maka disimpulkan ada hubungan linier antara kedua variabel dengan total pengaruh sebesar 27,3% sisanya 76,3% dipengaruhi faktor lain.
References
Alex Sobur. 2003. Psikologi Umum dalam Lintasan Sekolah. Bandung: CV Pustaka Setia.
Arif S Sadiman, dkk. 2012. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Banun Sri Hakasi. 2008. Instrumentasi Bimbingan dan Konseling Non tes. Salatiga: Widyasari Press.
Bimo Walgito. 2003. Psikologi Sosial (Suatu Pengantar). Yogyakarta: Andi Offset.
Budi Purwoko. 2008. Organisasi dan Managemen Bimbingan Konseling. Surabaya: Unesa University Press.
Dewa Ketut Sukardi. 2002. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Gerungan. 2010. Psikologi Sosial. Bandung: Refika Aditama.
Hartoyo. 2013. Pengaruh Layanan Informasi Terhadap Minat Belajar Siswa di Mts Fathul Ulum Pandanharum. Skripsi. Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. IKIP Veteran Semarang.
Heru Effendy. 2014. Mari Membuat Film. Jakarta: PT Gramedia.
Heru Mugiarso. 2004. Bimbingan dan Konseling. Semarang: UPT MKDK Universitas Negeri Semarang.
Hujair AH Sanaky. 2009. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safiria Insania Press.
Nana Sudjan dan Ahmad Rivai. 2011. Media Pengajaran. Bandung : Sinar Baru Algensindo.
Prayitno. 2004. Layanan Bimbingan dan Konseling. Padang: Universitas Negeri.
Prayitno dan Erman Amti. 2004. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Prayitno dan Erman Amti. 2013. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Putri Daryanti. 2015. Pengaruh Layanan Informasi Melalui Media Film Terhadap Sikap Sosial Siswa SMA N 16 Semarang. Skripsi. Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. IKIP Veteran Semarang.
Rudi Susilana dan Cepi Riyana. 2009. Media Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.
Supriyo dan Imam Tajri. 2008. Model Bimbingan Klasikal. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Sarlito W. Sarwono dan Eko A. Meinarno. 2009. Psikologi Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sutrisno Hadi. 2004. Metodologi Research. Yogyakarta: BPFE.
Syaifuddin Azwar. 2005. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.
Tohirin. 2007. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah. Pekanbaru: Grafindo Persada.
Wingkel dan Sri Hastuti. 2006. Bimbingan dan Konseling di Institut Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.
Yudhi Munadi. 2008. Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press Group.
Zainal Aqib. 2012. Ikhtisar Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Yrama Widya.