Kajian Pengelolaan Potensi Ekowisata Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan

  • Sofi Diah Andriyani Program Studi Ilmu Lingkungan Universitas Ivet Semarang, Indonesia.
  • Muhammad Sifa Program Studi Ilmu Lingkungan Universitas Ivet Semarang, Indonesia.
  • Raditya Ahmad Rif Program Studi Ilmu Lingkungan Universitas Ivet Semarang, Indonesia.

Abstract

Kecamatan Petungkriyono terletak di Kabupaten Pekalongan yang memiliki   hutan hujan tropis dataran tinggi dengan keanekaragaman hayati dan menjadi habitat dari beberapa satwa langka, serta memiliki sungai yang dapat dijadikan sebagai eco adventure. Bentang alam Petungkriyono  memiliki potensi untuk dikembangakan menjadi objek wisata. Namun  dalam perjalanannya hambatan selalu ditemui, mulai dari kurang optimalnya peranan pemerintah sampai kemampuan masyarakat yang terbatas dalam pengelolaan potensi yang ada. Penelitian dilakukan untuk menganalisis kendala apa saja yang terjadi di objek wisata Petungkriyono diantaranya meneliti fokus kajian yang akan dianalisis adalah bagaimana pihak-pihak terkait dalam   hal ini pemerintah daerah, stakeholer dan masyarakat lokal mengelola dan mengembangkan potensi ekowisata Petungkriyono. Peningkatan ekonomi lokal masyarakat Petungkriyono diantaranya  mengembangakan objek wisata alam didaerah tersebut.


Author Biographies

Sofi Diah Andriyani, Program Studi Ilmu Lingkungan Universitas Ivet Semarang, Indonesia.

 

Muhammad Sifa, Program Studi Ilmu Lingkungan Universitas Ivet Semarang, Indonesia.

 

Raditya Ahmad Rif, Program Studi Ilmu Lingkungan Universitas Ivet Semarang, Indonesia.

 

References

Kecamatan Petungkriyono terletak di Kabupaten Pekalongan yang memiliki hutan hujan tropis dataran tinggi dengan keanekaragaman hayati dan menjadi habitat dari beberapa satwa langka, serta memiliki sungai yang dapat dijadikan sebagai eco adventure. Bentang alam Petungkriyono memiliki potensi untuk dikembangakan menjadi objek wisata. Namun dalam perjalanannya hambatan selalu ditemui, mulai dari kurang optimalnya peranan pemerintah sampai kemampuan masyarakat yang terbatas dalam pengelolaan potensi yang ada. Penelitian dilakukan untuk menganalisis kendala apa saja yang terjadi di objek wisata Petungkriyono diantaranya meneliti fokus kajian yang akan dianalisis adalah bagaimana pihak-pihak terkait dalam hal ini pemerintah daerah, stakeholer dan masyarakat lokal mengelola dan mengembangkan potensi ekowisata Petungkriyono. Peningkatan ekonomi lokal masyarakat Petungkriyono diantaranya mengembangakan objek wisata alam didaerah tersebut.
Published
2022-05-17
How to Cite
ANDRIYANI, Sofi Diah; SIFA, Muhammad; RIF, Raditya Ahmad. Kajian Pengelolaan Potensi Ekowisata Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan. Jounal of Enviromental Science Sustainable, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 115 - 119, may 2022. ISSN 2721-4761. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/envoist/article/view/2250>. Date accessed: 05 dec. 2022.