Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Mapel Sejarah Pada Peserta Didik Kelas XI Jurusan IPS MA Ribhuk Ulum Kedung Mutih
Abstract
Tujuan penelitian untuk: 1) mengkaji penerapan media pembelajaran oleh guru yang mengajar pada Jurusan IPS; 2) mengkaji prestasi belajar Mata Pelajaran Sejarah yang diperoleh peserta didik pada Jurusan IPS; dan 3) mengkaji dan membuktikan pengaruh penerapan media pembelajaran oleh guru terhadap peningkatan prestasi belajar Mata Pelajaran Sejarah pada peserta didik Jurusan IPS di MA Ribhul Ulum Kedung Mutih Kecamatan Wedung Kabupaten Demak. Penelitian menggunakan desain kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Subjek penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI-IPS yang berjumlah 82 anak dengan teknik pengumpulan data dokumentasi dan instrumen angket. Sebelum instrumen angket digunakan untuk pengambilan data di lapangan, telah dilakukan uji validitas dan reliabilitas dengan hasil telah memenuhi syarat kevalidan dan reliabel. Hasil penelitian diperoleh simpulan: 1) media pembelajaran yang diterapkan guru termasuk sangat baik, hal ini didukung perolehan skor dari 59 anak atau 71,95% dari 82 anak sebagai responden; 2) prestasi belajar yang dicapai peserta didik termasuk sangat baik, hal tersebut didukung perolehan skor yang dikemukakan 33 anak atau 40,24% dari 82 anak sebagai responden; dan 3) media pembelajaran memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar sebesar 3,327 atau 33,27%, karena signifikansi 0,016 < 0,05, maka hipotesis kerja (Ha) yang diajukan: ”Media pembelajaran memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan prestasi belajar Mata Pelajaran Sejarah pada peserta didik kelas XI Jurusan IPS di MA Ribhul Ulum Kedung Mutih Kecamatan Wedung Kabupaten Demak semester genap tahun pelajaran 2020/2021” diterima atau terbukti.
The research objectives are to: 1) examine the application of learning media by teachers who teach at the Social Sciences Department; 2) assessing the learning achievement of History Subjects obtained by students in the Social Sciences Department; and 3) examine and prove the effect of the application of learning media by teachers on improving learning achievement in History Subjects for students in the Social Studies Department at MA Ribhul Ulum Kedung Mutih, Wedung District, Demak Regency. The study used a quantitative design with a correlational approach. The research subjects were all students of class XI-IPS, totaling 82 children with documentation data collection techniques and questionnaire instruments. Before the questionnaire instrument was used for data collection in the field, validity and reliability tests were carried out with the results meeting the validity and reliability requirements. The results of the study concluded: 1) the learning media applied by the teacher was very good, this was supported by the score of 59 children or 71.95% of the 82 children as respondents; 2) learning achievement achieved by students is very good, it is supported by the score obtained by 33 children or 40.24% of 82 children as respondents; and 3) learning media has a positive and significant effect on learning achievement by 3.327 or 33.27%, because the significance is 0.016 <0.05, then the working hypothesis (Ha) is proposed: "Learning media has a positive and significant effect on improving learning achievement The History Subject in class XI students of the Social Studies Department at MA Ribhul Ulum Kedung Mutih, Wedung District, Demak Regency, for the even semester of the 2020/2021 academic year, is accepted or proven.
References
Arifin, Zainal. 2013. Evaluasi Pembelajaran: Prinsip, Teknik, dan Prosedur. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. 2012. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Asnawir dan Usman, Basyiruddin. 2012. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers.
Azwar. Saifuddin, 2012, Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan. 2012. Strategi Belajar Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Gozali, Achmad. 2012, Apikasi Penelitian Pendekatan SPSS, Semarang: Badan Penerbitan Universitas Diponegoro.
Hamalik, Oemar. 2012. Psikologi Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru.
Hamalik, Oemar. 2013. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hadi, Sutrisno. 2013. Metodologi Research. Yogyakarat: Andi Offset.
Kartono. Kartini, 2012, Mengukur Kepribadian Seseorang, Bandung: Alfabeta.
Majid, Abdul. 2013. Perencanaan Pembelajaran: Pengembangan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mariyana, Rita dkk. 2012. Pengelolaan Lingkungan Belajar. Jakarta: Raja Grafindo.
Mudzakir, Achmad. 2014, Psikologi Pendidikan Anak, Bandung: Tarsito
Nasution, S., 2013, Ilmu Pendidikan: Teoretis dan Praktis,, Bandung: Tarsio.
Peraturan Pemerintah Nomor: 19/2005, tentang Standar Nasional Pendidikan, Jakarta: Kesekretariatan Negara Republik Indonesia.
Peraturan Pemerintah Nomor: 41/2007, tentang Standar Proses, Jakarta: Kesekretariatan Negara Republik Indonesia.
Rahelly, Yetty. 2015. Media Pembelajaran Sejarah dalam Kurikulum 2013. Palembang: PG-PAUD-FKIP Universitas Sriwijaya.
Risnawita, S. Rini. 2011, ”Hubungan Proses Belajar Mengajar Berbasis Teknologi dengan Hasil Belajar: Studi Metaanalis”, Jurnal Gema Pendidikan dan Teknologi, Vol. 9, No. 1, Tahun 2011.
Sanjaya. Wena, 2013, Pendidikan di Sekolah, Bandung: Tarsito.
Sardiman, AM. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Slameto. 2013. Faktor-faktor yang Mempengaruhi Belajar. Bandung: Tarsito.