Pengaruh Keaktifan Siswa Berorganisasi Terhadap Peningkatan Softskill Siswa di SMK Alquran dan Dakwah Alam Secang Tahun Ajaran 2020/2021

  • Muhammad Sopyan Ismail Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas IVET, Indonesia
  • Eko Heri Widiastuti Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas IVET, Indonesia
  • Nuryanti Nuryanti Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas IVET, Indonesia

Abstract

Topik penelitian ini tentang Pengaruh Keaktifan Siswa Berorganisasi Terhadap Peningkatan Softskill Siswa SMK Alquran dan Dawah Alam Secang Tahun Ajarah 2020/2021. Perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi mempunyai pengaruh besar terhadap semua lini kehidupan manusia. Perkembangan ini juga berdampak pada persaingan antar manusia yang satu dengan yang lainnya untuk melangsungkan kehidupan. Pendidikan merupakan salah satu wadah yang membangun dan menyiapkan generasi-generasi yang berkarakter. Melalui proses pembelajaran di sekolah, peserta didik mendapatkan ilmu pengetahuan, keterampilan dan sikap yang akan menghasilkan manusia yang berkualitas, salah satu media pembelajaran untuk peserta didik ialah organisasi, dengan mengikuti organisasi peserta didik dapat mengembangkan softskill-softskill yang dimilikinya utamanya di lingkungan SMK Alquran dan Dawah Alam Secang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Objek penelitian adalah Seluruh Siswa Berorganisasi di SMK Alquran dan Dawah Alam Secang. Penelitian ini menggunakan data primer yang telah divaliditaskan dengan pendekatan harry king dengan menggunakan random sampling, dan analisis regresi linier sederhana Hasil penelitian diperoleh simpulan koefisien pengaruh ariable keaktifan berorganisasi (X) terhadap perkembangan softskill (Y) sebesar 22,73 dengan signifikansi 0,511. Angka 0,511 < 0,5 sehingga dapat dikatakan signifikan, karena pengaruh X terhadap Y = 22,73 hal ini berarti bahwa pengaruh keaktifan berorganisasi terhadap softskill sebesar 22,73%. Hasil tersebut dapat dijabarkan koefisien regresi ariable keaktifan berorganisasi (X) dapat menjelaskan variasi nilai terhadap peningkatan softskill (Y) dengan signifikansi sebesar 0,511. Karena persamaan: 0,511 < 0,5, maka model hipotesis kerja yang diajukan dapat diterima.


This study describes the effect of student activity in organizations on improving the soft skills of students at the Vocational Schools Alqur’an and Dawah Alam Secang in the Academic Year 2020/2021. The development of technology, information and communication has a major influence on all lines of human life. This development also has an impact on competition between humans with one another to carry out life. Education is a place that builds and prepares generations of character. Through the learning process at school, students gain knowledge, skills and attitudes that will produce quality human beings, one of the learning media for students is an organization. This type of research is quantitative. The object of research is All Students are membered in Organizations at SMK Al-Quran and Dawah Alam Secang. This study uses primary data that has been validated with the Harry King approach using random sampling. The results of the study concluded that the coefficient of the influence of the organizational activity variable (X) on the development of soft skills (Y) was 22.73 with a significance of 0.511. The number 0.511 <0.5 so it can be said to be significant, because the effect of X on Y = 22.73 this means that the effect of organizational activity on soft skills is 22.73%. These results can be explained that the regression coefficient of the organizational activity variable (X) can explain the variation in the value of the increase in soft skills (Y) with a significance of 0.511. Because of the equation: 0,511 < 0,5, then the proposed working hypothesis model can be accepted.

References

Arikunto Suharsimi. 2019. Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Budi Hernawan Arief. 2013. Pengaruh Pertisipasi Kegiatan Organisasi Intra Sekolah dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Kelas X Kompetensi Keahlian TITL SMKN 2 Pengasih. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Dyah Budiastuti, Agustinus Bandur. 2018. Validitas dan Realiabilitas Penelitian. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Elfiandi dkk. 2010. Soft skills untuk Pendidik. Jakarta: Bardouse Media.
Gerungan. 2018. Psikologi Sosial. Bandung: Refika Aditama.
Sugiono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumardi Suryabrata. 2003. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Published
2022-05-19
How to Cite
ISMAIL, Muhammad Sopyan; WIDIASTUTI, Eko Heri; NURYANTI, Nuryanti. Pengaruh Keaktifan Siswa Berorganisasi Terhadap Peningkatan Softskill Siswa di SMK Alquran dan Dakwah Alam Secang Tahun Ajaran 2020/2021. Historica, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 14-18, may 2022. ISSN 2715-5773. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/historica/article/view/2114>. Date accessed: 21 jan. 2025.