Peningkatan Prestasi Belajar Sejarah Melalui Reward dan Punishment: Studi Kasus SMA Muhammadiyah 4 Kendal

  • Siti Komariyah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas IVET, Indonesia
  • Zusrotin Zusrotin Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas IVET, Indonesia
  • Slamet Slamet Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas IVET, Indonesia

Abstract

Peningkatan prestasi belajar sejarah melalui reward dan punishment tidak terlepas dari adanya dukungan dari sekolah, guru dan orang tua. Pendidikan di SMA Muhamamdiyah 4 Kendal berupaya untuk mencapai keberhasilan pembelajaran baik akademik maupun non akademik dan dapat menghasilkan peserta didik yang berpretasi. Maka dari itu sekoalah berupaya untuk meningkatkan prestasi belajar sejarah melalui metode reward dan punishment. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengkaji prestasi belajar sejarah peserta didik melalui reward dan punishment di SMA Muhammdiyah 4 Kendal (2) Untuk mengkaji Factor-faktor yang menjadi pendukung prestasi belajar sejarah melalui reward dan punishment di SMA Muhammdiyah 4 Kendal (3) Untuk mengkaji Factor-faktor yang menjadi penghambat prestasi belajar sejarah melalui reward dan punishment di SMA Muhammdiyah 4 Kendal (4) Untuk mengkaji pemberian Reward dan Punishment peningkatan prestasi belajar peserta didik Sejarah di SMA Muhammadiyah 4 kendal.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian dilakukan pada guru mata pelajaran, dan 2 peserta didik jurusan IPS. Untuk menguji keabsahan data digunakan Teknik tringulasi. Teknik analisis data menggunakan Teknik analisi Data Model Interaktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Proses pembelajaran sejarah yang dikelola guru suatu kegiatan yang bernilai edukatif selama proses pembelajaran sejarah dan penerapan metode reward dan punishment menjadi salah satu daya tarik peserta didik dalam proses pembelajaran sejarah(2) Faktor pendukung peningkatan prestasi belajar sejarah melalui reward dan punishment pada peserta didik SMA Muhammadiyah 4 Kendal antara lain: dukungan dari sekolah dan guru, dorongan guru untuk memotivasi peserta didiknya dan membentuk peserta didik yang berkarakter serta sarana dan prsarana yang memadai. (3) Faktor penghambat peningkatan prestasi belajar sejarah melalui reward dan punishment di SMA Muhammadiyah 4 Kendal antara lain: faktor lingkungan, kurangnya komunikasi, kurangnya kesadaran dalam diri peserta didik dan kerja sama dengan orang tua. (4) Pemberian metode reward dan punishment untuk peningkatan prestasi belajar sejarah di SMA Muhammadiyah 4 Kendal terjadi perubahan signifikan dalam peningkatan prestasi belajar sejarah semangat para peserta didik dalam pemberian reward meningkat dalam pembelajaran sejarah sedangkan pemberian punishment peserta didik dalam pembelajaran menjadi menurun.


The improvement of historical learning achievement through reward and punishment cannot be separated from the support from schools, teachers and parents. Education at SMA Muhamamdiyah 4 Kendal seeks to achieve learning success, both academic and non-academic and can produce students who excel. Therefore, schools seek to improve historical learning achievement through the method of reward and punishment. The aims of this study are (1) to examine the history learning achievement of students through reward and punishment at SMA Muhammdiyah 4 Kendal (2) to examine the factors that support historical learning achievement through reward and punishment at SMA Muhammdiyah 4 Kendal (3) to to examine the factors that hinder the achievement of learning history through rewards and punishments at SMA Muhammadiyah 4 Kendal (4) To examine the provision of rewards and punishments to increase student achievement in history at SMA Muhammadiyah 4 Kendal.This study uses a qualitative approach. Data collection techniques used are observation, interviews and documentation. The study was conducted on subject teachers, and 2 students majoring in social studies. To test the validity of the data, the triangulation technique was used. The data analysis technique used the Interactive Model Data analysis technique. The results of the study show that (1) The history learning process managed by the teacher is an activity that has educational value during the history learning process and the application of the reward and punishment method is one of the attractions for students in the history learning process. (2) Supporting factors for increasing historical learning achievement through rewards and punishments for students at SMA Muhammadiyah 4 Kendal include: support from schools and teachers, teacher encouragement to motivate students and form students with character and adequate facilities and infrastructure. (3) The inhibiting factors for increasing historical learning achievement through reward and punishment at SMA Muhammadiyah 4 Kendal include: environmental factors, lack of communication, lack of awareness in students and cooperation with parents. (4) The provision of reward and punishment methods for increasing historical learning achievement at SMA Muhammadiyah 4 Kendal resulted in a significant change in increasing historical learning achievement, the enthusiasm of students in giving rewards increased in history learning while the provision of punishment for students in learning decreased.

References

Asmani, Jamal Ma’mul. 2013 Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Jogjakarta: Diva Prees,2013.
Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Chaplin, J. T. 2012. Kamus Lengkap Priskologi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Darmawati.M. Skripsi. 2015. Pengaruh Pemberian Reward dan Punishment terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di MTSN Model Makassar. UIN Samata-Gowa.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Handoko, T. Hani. 2012. Manajemen Personalia dan Sumberdaya Manusia. Yogyakarta: BPFE.
Hasibuan, J J dan Moedjiono. 2012. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Joko Subagyo. 2012. Metode Penelitian dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Kompri. 2012. Motivasi Pembelajaran Prespektif Guru dan Siswa Bandung: Remaja Rosdakarya.
Malik Fadjar. 2012. Holistika Pemikiran Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo.
Miles, M. B, Huberman, A.M, dan Saldana, J. 2014. Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI.
M. Iqbal Hasan, 2012. Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Jakarta: Penerbit Ghalia Indonesia.
M. Ngalim Purwanto. 2012. Ilmu Pendidikan Teoretis dan Praktis Bandung: Remaja Rosdakarya.
Prof. Dr. Lexy J Moleong. 2012. Metode Penelitian Kualitatif. terbitan Rosdakarya.
Sardiman, A.M. 2012. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Sumanto, Wasty. 2012. Bentuk Hukuman Psikologi Pendidikan. Bandung: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cet. XVII. Bandung: Alfabeta.
Sumadi Suryabrata. 2012. Psikologi Pendidikan, Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional. Bandung: Alfabeta.
Winkel, W.S. 2012. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: PT. Grasindo.
Yanuar.A. 2012. Jenis-Jenis Hukuman Edukatif Untuk Anak. Jogjakarta: Diva Press.
Published
2022-05-19
How to Cite
KOMARIYAH, Siti; ZUSROTIN, Zusrotin; SLAMET, Slamet. Peningkatan Prestasi Belajar Sejarah Melalui Reward dan Punishment: Studi Kasus SMA Muhammadiyah 4 Kendal. Historica, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 25-32, may 2022. ISSN 2715-5773. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/historica/article/view/2116>. Date accessed: 08 feb. 2025.