Penggunaan Metode Bahtsul Masail Fiqhiyyah dalam Proses Pembelajaran di Pondok Pesantren Darul Mukhlasin Magelang

  • Alfu Naim Alizza Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas IVET, Indonesia
  • Eko Heri Widiastuti Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas IVET, Indonesia
  • Nuryanti Nuryanti Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas IVET, Indonesia

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang Penggunaan Metode Bahtsul Masail Fiqhiyyah dalam Proses Pembelajaran di Pondok Pesantren Darul Mukhlasin Magelang. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengkaji Penggunaan Metode Bahtsul Masail Fiqhiyyah dalam Proses Pembelajaran di Pondok Pesantren Darul Mukhlasin Magelang (2) Mengkaji dampak santri (3) mengkaji kendala (4) mengkaji solusi santri dalam mengatasi kendala penggunaan metode Bahtsul Masail. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data di dalam penelitian ini adalah terbagi atas dua yaitu data primer (data utama) dan data sukunder. Metode pengumpulan data atau instrumen penelitian menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Penggunaan Metode Bahtsul Masail Fiqhiyyah dalam Proses Pembelajaran di Pondok Pesantren Darul Mukhlasin Magelang berjalan dengan baik (2) Dampak positif peserta didik senang mengikuti proses pembelajaran. Dampak negatifnya yaitu ustadz kadang sulit menggunakan waktu (3) Kendala yang dihadapi santri ialah butuh waktu yang cukup lama ketika Musyawirin berbeda pendapat dalam memahami pengkajian kitab (4) Solusi mengatasi kendala dalam diskusi moderator mengatur jalannya diskusi segera menyimpulkan jawaban menanyakan jawaban yang benar kepada muhsohih.


This research examines the use of the Bahtsul Masail Fiqhiyyah Method in the Learning Process at the Darul Mukhlasin Islamic Boarding School, Magelang. The objectives of this research are (1) to examine the use of the Bahtsul Masail Fiqhiyyah method in the learning process at the Darul Mukhlasin Islamic boarding school in Magelang; (2) to examine the impact of students; (3) to examine the obstacles; (4) to examine the solutions of students in overcoming obstacles in the use of the Bahtsul Masail method. This research is qualitative descriptive field research. The data sources in this study are divided into two, namely primary data (main data) and secondary data. Data collection methods or research instruments using observation, interviews, and documentation. The data analysis used in this research is data reduction, data presentation, and conclusion drawing/verification. Based on the results of the study, it was shown that (1) the use of the Bahtsul Masail Fiqhiyyah Method in the Learning Process at the Darul Mukhlasin Islamic Boarding School in Magelang went well; (2) The positive impact of students enjoying the learning process. The negative impact is that the ustadz sometimes finds it difficult to use time; (3) The obstacle faced by students is that it takes quite a long time when Musyawirin has different opinions in understanding the study of the book; (4) The solution to overcome obstacles in the discussion the moderator arranges the discussion immediately concludes the answer asking the correct answer to the muhsohih.

References

Abdillah, K. (2019). Kontribusi Bahtsul Masail Pesantren di Madura Dalam Menhadapi Perkembangan Hukum Islam Kontemporer. Jurnal Studi Islam Kawasan Melayu, 2(1), 71.
Arifin, Z. (2020). Bahtsul Masail Sebagai Problem Solving Method Dalam Pembelajaran Fikih Kontekstual. JurnalIlmuPendidikan Islam, 16(1), 18.
Azam, K. (2018). Meningkatkan Daya Kritis Santri Melalui Forum Bahtsul Masail DI Pondok Pesantren Darul A’mal Kota Metro. Metro: IAIN Metro.
Cholis, M. (2018). Penerapan Bahtsul Masail Sebagai Problem Based Learning (PBL) Di Pondok Pesantren Sirojuth Tholibin Brabo,Tanggungharjo, Grobogan. Surakarta: IAIN Surakarta.
Fathurrohman, P. (2013). Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: PT. RefikaAditama.
Fatmawati, E. (2015). PROFIL PESANTREN MAHASISWA ; Karakteristik Kurikulum, Desain Pengembangan Kurikulum, Peran Pemimpin Pesantren. Lkis Pelangi Aksara.
Fatoni, A. (2011). Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta: Rineka Cipta.
Hasbullah. (1996). Kapita Selekta Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Hawadi, & Akbar. (2004). Akselerasi: A-Z Program Percepatan Belajar dan Anak Berbakat Intelektual. Jakarta: Grasindo.
Ibnu Ismail, S. (2014). Ta'lim Al-Mutaallim li Al-Zarnuji. indonesia: Dar Al-Ihya Al- Arabiyah.
Kunandar. (2014). Penilaian Autentik. Jakarta: PT Raja Grafindo. Mahfudh, D. (2011). Ahkamul. Surabaya: khalista.
Marzuqi, A. I. (2009). Kang Santri Menyikap Problematika Umat. Kediri Jawa Timur: Lirboyo Press Pondok Pesantren Lirboyo.
Masri, S., & Sofran, E. (1995). Metode Penelitian Survey. Jakarta: LP3ES.
Moleong, L. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Munawwir, A. W. (2007). Al-Munawwir Kamus Indonesia-Arab. Surabaya: Pustaka Progresif.
Munjin , A. N. (2009, Juni). Tela'ah Bahtsul Masail dan Problematikanya di Kalangan Masyarakat Muslim Tradisional. Jurnal Pemikiran dan Pembaharuan Hukum Islam, 12(1).
Najmuddin, M. (2015). Metode Penalaran Hukum Islam dalam Bahtsul Masail dan Majlis Syawir di Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin Jetis Gentan Kecamatan Susukan. Salatiga: IAIN Salatiga.
Nasih, A. M., & Khofifah, L. N. (2009). Metode dan Teknik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT Refika Aditm.
Navis, K. (2016). Khasanah Aswajah. Jawa Timur: Aswaja NU Center PWNU.
Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam penelitian pendidikan bahasa. Surakarta: Cakra Books.
Nurhasanah, S., & Sobandi, A. (2016). Minat Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 129-130.
Purwanto. (2011). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rais, S. M. (2011). Ahkamul Fuqoha Fi Maqruroti mu'tamarot Nahdlotul Ulama.
Surabaya: khalista.
Sa'id, M. R. (2006). Rahasia Sukses Fuqoha. Lirboyo Kediri: Mitra Gayatri.
Salam, A. (2017). Manajemen Insani dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Samsul , N. (2003). Sejarah Sosial dan dinamika intektual Pendidikan di Nusantara.
Jakarta: Kencana Pernada Media.
Slameto. (2016). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sudjana, N. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujarweni, W. (2014). Metodologi penelitian : lengkap, praktis, dan mudah dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Syah, M. (2010). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Syaiban, M. (2010). Transplantasi Organ Tubuh Orang Muslim kepada Orang Non Muslim Menurut Hukum Islam (Studi Bahsul Masail Nahdlotul Ulama). Jakarta: UIN syarif Hidayatullah Jakarta.
Syarief, A. H. (1996). Pengembangan Kurikulum. Surabaya: PT Bina Ilmu. Yasin, A. F. (2008). Dimensi-dimensi Pendidikan Islam. Malang: UIN Malang.
Published
2022-05-19
How to Cite
ALIZZA, Alfu Naim; WIDIASTUTI, Eko Heri; NURYANTI, Nuryanti. Penggunaan Metode Bahtsul Masail Fiqhiyyah dalam Proses Pembelajaran di Pondok Pesantren Darul Mukhlasin Magelang. Historica, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 12-19, may 2022. ISSN 2715-5773. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/historica/article/view/2119>. Date accessed: 03 dec. 2024.