Studi Kasus Faktor Penghambat Minat Belajar Siswa Kelas XI SMK Sultan Trenggono Gunungpati Kota Semarang

  • Muhammad Yungki Aris munandar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ivet, Indonesia
  • Kasanah Kasanah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ivet, Indonesia
  • Siti Nurindah Sari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ivet, Indonesia

Abstract

Minat merupakan modal awal untuk mencapai keberhasilan dalam proses pembelajaran. Namun, di SMK Sultan Trenggono terdapat kendala dalam proses pembelajaran, salah satunya kurangnya minat siswa dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor internal dan eksternal penghambat minat belajar siswa kelas XI SMK Sultan Trenggono Gunungpati. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Data diperoleh dengan teknik observasi, wawancara,aAngket dan dokumentasi menggunakan metode triangulasi untuk pemeriksaan keabsahan data. Analisis data dilakukan dengan alur pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verivikasi data. Hasil penelitian menunjukkan (1) Faktor internal penghambat minat belajar siswa kelas XI SMK Sultan Trenggono, yaitu rasa malas siswa dalam belajar, retensi minat siswa dalam membaca buku mata pelajaran, kurangnya niat siswa untuk belajar. Sedangkan (2) faktor ekternal penghambat minat belajar siswa kelas XI SMK Sultan Trenggono, yaitu kurangnya dorongan dan motivasi dari orang tua, penyampaian materi oleh guru yang kurang menarik, dan kurang memadainya sara dan prasarana pembelajaran.

References

Aedi, W. G. (2018). Upaya meningkatkan minat belajar matematika dengan pendekatan open-ended. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 3(2), 41. https://doi.org/10.26737/jpmi.v3i2.691
Djamarah, S. B. (2008). Psikologi Belajar. Rineka Cipta.
Fahim, M., & Hajimaghsoodi, A. (2014). The relationship between motivation and critical thinking ability of Iranian EFL learners. International Journal of Language Learning and Applied Linguistics World (IJLLALW), 5(2), 605–619.
Febriani, P. S., & Sarino, A. (2017). Dampak cara belajar dan fasilitas belajar dalam meningkatan prestasi belajar siswa sekolah menengah kejuruan. Jurnal MANAJERIAL, 16(1), 163. https://doi.org/10.17509/manajerial.v16i1.10584
Jannah, S. N., & Sontani, U. T. (2018). Sarana dan prasarana pembelajaran sebagai faktor determinan terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(1), 210. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i1.9457
Kartika, S., Husni, H., & Millah, S. (2019). Pengaruh kualitas sarana dan prasarana terhadap minat belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan agama islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 113. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.360
Poerwadarminta, W. J. S. (2007). Kamus umum Bahasa Indonesia edisi ketiga. Balai Pustaka.
Rakhmawati, I., & Sulistianingsih, D. (2020). Analisis proses pembelajaran matematika berbantuan microsoft teams terhadap minat belajar siswa kelas XI SMA. Edusaintek, 4, 72–80.
Sari, A. (2021). Korelasi tingkat kehadiran siswa dengan hasil belajar pendidikan agama islam di kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 4 Pontianak. Tarbawi Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 85–96. https://doi.org/10.29406/tbw.v6i2.2785
Sari, D. S., & Sugiyarto, K. H. (2015). Pengembangan multimedia berbasis masalah untuk meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2), 153. https://doi.org/10.21831/jipi.v1i2.7501
Sari, D. S., & Wulanda, M. N. (2019). Pengembangan lembar kerja mahasiswa berbasis proyek dalam meningkatkan kemampuan berfikir kreatif mahasiswa. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 6(1), 20–33. https://doi.org/10.30738/natural.v6i1.4073
Schunk, D. H., Pitrinch, P. R., & Meece, J. L. (2010). Motivation in education theory, research and applications (3rd ed.). Pearson Education, Inc.
Slameto. (2013). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Rineka Cipta.
Syaparuddin, S., Meldianus, M., & Elihami, E. (2020). Strategi pembelajaran aktif dalam meningkatkan motivasi belajar PKn peserta didik. MAHAGURU?: Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 31–42.
Wardani, K. (2010). Peran guru dalam pendidikan karakter menurut konsep pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Proceedings of The 4th International Conference on Teacher Education; Join Conference UPI & UPSI, November, 8–10.
Published
2021-05-20
How to Cite
ARIS MUNANDAR, Muhammad Yungki; KASANAH, Kasanah; SARI, Siti Nurindah. Studi Kasus Faktor Penghambat Minat Belajar Siswa Kelas XI SMK Sultan Trenggono Gunungpati Kota Semarang. Indonesian Journal of Geography Education, [S.l.], v. 2, n. 1, p. 1-8, may 2021. ISSN 2746-2463. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/ijge/article/view/2554>. Date accessed: 18 feb. 2025.
Section
Articles