Persepsi Pengunjung Terhadap Tingkat Kenyamanan Taman Kali Tuntang Sebagai Ruang Publik

  • Nurti Sugianti Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ivet, Indonesia
  • Kasanah Kasanah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ivet, Indonesia
  • Siti Nurindah Sari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ivet, Indonesia

Abstract

Kawasan perkotaan umumnya selalu dihubungkan dengan sebuah pembangunan. Kota tak hanya mempunyai bangunan gedung atau rumah, tetapi sebuah kota pastinya memiliki ruang terbuja hujau (RTH), terdapat beberapa RTH diantaranya adalah taman kota. Secara umum taman kota didalamnya ditanami berbagai macam vegetasi,dan terdapat berbagai fasilitas yang dapat diakses publik. Pemerintah sudah berupaya  menjaga dan  merawat taman kali tuntang,  namun perilaku negatif beberapa pengunjung yang membuang sampah sembarangan dapat menjadikan taman kali tuntang menjadi kotor dan kumuh. Menanggapi hal tersebut, munculah berbagai persepsi pengunjung terhadap tingkat kenyamanan taman kali tuntang. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui persepsi pengunjung terhadap tingkat kenyamanan taman kali tuntang sebagai ruang publik, (2) mengetahui fasilitas yang terdapat di taman kalituntang, (3) mengetahui upaya pemerintah dalam menyadarkan masyarakat dan menangani faslitas yang rusak. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif, lokasi penelitian di Desa Petengan Selatan, Kelurahan Bintoro, Kecamatan Demak, Kabupaten Demak. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi kepada pengunjung dan pengelola, sebab pada penelitian ini data yang diperoleh akan dikumpulkan dan diketahui kebenarannya. Hasil penelitian ini adalah (1) persepsi pengunjung terhadap tingkat kenyamanan taman di kategorikan cukup baik, hanya saja terdapat sampah yang berserakan ditaman, selain itu juga beberapa fasilitas yang rusak, (2) beberapa fasilitas  yang  rusak  yaitu  gazebo, tempat  duduk,  dan  ayunan,  (3)  pemerintah melakukan berbagai upaya untuk menumbuhkan kesadaran pengunjung tentang pentingnya menjaga kebersihan taman, selain itu pemerintah juga menangani fasilitas yang rusak.

References

Aliarni, S. 2018. Pengaruh Taman Kota Terhadap Kenyamanan Menurut Presepsi Pengunjung Studi Kasus Taman Air Mancur Tepian Narosa Teluk Kuantan KecamatanKuantan Tengah, Universitas Islam Kuantan Singingi.
Andi Prastowo, Memahami Metode-Metode Penelitian, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2015.
Aw, Suranto. 2010. Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta. Graha Ilmu.
Choirunnisa bunga, “Tingkat Kenyamanan Di Berbagai Taman Kota Bandar Lampung”, Universitas Lampung Bandar Lampung 2016.
Etningsih Eva, “Fungsi taman Kota Sebagai Ruang Publik”, hasil penelitian skripsi Universitas Lampung, 2016.
Gifford. 1987. Environmental Psychology Principles and Practice. Allyn and Bacon Inc. Boston.
Hadi Susilo Arifin dan Nurhayati, Pemeliharaan Taman edisi Revisi,cet ke VII, Jakarta:Penebar Swadata, 2005.
Hafidh. 2008. Persepsi Pengunjung Terhadap Tingkat Kenyamanan Taman Kota Di Kota Semarang Sebagai Ruang Publik. Skripsi. Semarang: UNNES.
Hakim, Rustam, Hardi Utomo. 2003. Komponen Perencanaan Arsitektur Lansekap. Bumi Aksara. Jakarta
Kolcaba, Katherine. 2003, Comfort Theory and Practice: A Vision For Holistic Health Care And Research: New York: Springer Publishing Company.
Lexi J Molloeng, Metodelogi Penelitian Kualitatif, CET, Ke 1-24, Bandung: Remaja Prosdakarya, 1989.
Moleong, Lexy J. 2006. Metodelogi Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nanang Martono. Metode Penelitian Kuantitatif: Analisis Isi dan Analisa Data Sekunder. Jakarta: PT. Raja Grafindo, 2012.
Nazarudin. 1994. Penghijauan Kota. Jakarta: Penebar Swadaya.
Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 1 Tahun 2007 Tentang Penataan Ruang Terbuka Hijau Kawasan Perkotaan.
Peraturan Menteri Nomor 1 Tahun 20007 Tentang Pentaaan Ruang Terbuka Hijau .
Perda Nomor 14 Tahun 2016 Tentang Pembentukan Perangkat Daerah
Rohman, Hadi, Lila. 2012. Evaluasi Indeks Kenyamanan Taman Kota Lapangan Puputan Bandung I Gusti Ngurah Made Agung Denpasar Bali.
Prabowo, Hendro. 1998. Pengantar Psikologi Lingkungan. Jakarta. Gunadarma.
Solso, Maclin, Maclin. 2008. Psikologi Kognitif. Edisi kedelapan. Jakarta: Erlangga.
Sugini. 2004. Pemaknaan Istilah-istilah Kualitas Kenyamanan Termal Ruang Dalam Kaitan dengan Variabel Iklim Ruang. Jurnal Logika (Vol.1, No.2, Juli 2004).
Sugiyanto dan Sitohang. C. A. V. 2017. Optimalisasi Fugsi Ruang Terbuka Hijau Sebagai Ruang Publik di Taman Ayodia Kota Jakarta Selatan. Jurnal POPULIS, VOL 2 No 3.
Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kuatitatif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitafif dan Kualitatif, R&D, Cet ke-7, Bandung: Alfabeta 2009.
Undang-undang Nomor 26 Tahun 2007 Tentang Penataan Ruang.
Yoeti, Oka A. 1985. Pengantar Ilmu Pariwisata, Bandung: Angkasa
Published
2022-12-20
How to Cite
SUGIANTI, Nurti; KASANAH, Kasanah; SARI, Siti Nurindah. Persepsi Pengunjung Terhadap Tingkat Kenyamanan Taman Kali Tuntang Sebagai Ruang Publik. Indonesian Journal of Geography Education, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 60-71, dec. 2022. ISSN 2746-2463. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/ijge/article/view/2560>. Date accessed: 03 dec. 2024.
Section
Articles