Pembelajaran Pendidikan IPS Berbasis Lingkungan Untuk Membentuk Karakter Peduli Pada Mahasiswa FKIP Universitas Ivet

  • Siti Nurindah Sari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ivet, Indonesia
  • Siti Nurindah Sari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Ivet, Indonesia
  • Atika Zahra furi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ivet, Indonesia
  • irna anjar sari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ivet, Indonesia

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis secara empiris data 1) Mengetahui kebijakan pendidikan karakter peduli lingkungan bagi mahasiswa FKIP Universitas Ivet dan 2) Mengetahui pelaksanaan pembelajaran IPS berbasis lingkungan untuk membentuk karakter peduli bagi mehasiswa FKIP universitas ivet yang efektif.


Metodelogi penelitian yang digunakan adalah kualitatif pengumpulan data deskriptif, bukan menggunakan angka-angka sebagai alat metode utamanya. Alasan peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dalam penelitian ini antara lain: 1) Penelitian ini diarahkan pada pengkajian mengenai kebijakan pendidikan karakter dan interaksi mahasiswa dalam proses belajar mengajar di kampus dengan menggunakan kata-kata, metode, pelaksanaan dalam penanaman pendidikan karakter pada mahasiswa FKIP Universitas Ivet. 2) Penelitian tidak untuk menguji teori atau konsep, tetapi lebih bersifat memaparkan kondisi nyata yang terjadi berkaitan dengan aktifitas mahasiswa di sekolah dalam penanaman pendidikan karakter, sehingga pola pikir yang digunakan adalah bersifat induktif, yaitu bahwa pencarian data bukan dimaksudkan untuk membuktikan hipotesis yang telah dirumuskan sebelum penelitian dilaksanakan.


`Hasil penelitian Kebijakan program studi dalam pelaksanaan pendidikan karakter untuk mendukung kampus pendidikan karakter pada dasarnya dapat dikelompokkan menjadi kebijakan berupa program kegiatan, kebijakan penataan lingkungan dan sarana pendukung, kebijakan anggaran, dan kebijakan berupa peraturan pendukung, secara rinci kebijakan tersebut dituangkan dalam program kerja program studi. Dalam setiap proses pembelajaran IPS yang dilaksanakan di Fakultas Keguruan dan ilmu pendidikan Universitas ivet di dalamnya terdapat materi pembelajaran, pilihan metode pembelajaran, serta pengelolan kelas yang menjadi dinamika dalam pembelajaran. Serangkaian kegiatan pembelajaran di kelas dosen memiliki kesempatan untuk mengembangkan karakter mahasiswa peduli lingkungan. dosen dapat memilih tema perkuliahan yang kemudian diintegrasikan dengan pengembangan karakter mahasiswa terhadap kepedulaian lingkungan. Metode pembelajaran yang dipilihpun sebaiknya dapat menjadi media pembentukan karakter mahasiswa. Ketika mengelola kelas dosen berkesempatan untuk mengembangkan karakter melalui tindakan dan tutur katanya selama proses pembelajaran berlangsung.

References

Amanda dan Benson. 2010. Demonstrating Aristotels Theory of Moral Development in the art of ready. The jounal international sosial research. Vol 2 pp 33-40.
Akrab, Sa’dun. 2010. ‘Model Pembelajaran Nilai dan Karakter Berbasis Nilai-nilai Kehidupan di Sekolah Dasar: UM Press di Malang’. Jurnal Ilmu Pendidikan. No. 1. Hal. 46-54.
Arikunto, S. 2008. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka cipta
Boven, K. dan Morohashi, J. 2002. Best Practices Using Indigenous Knowledge. The Hague, Netherland: Nuffic; Paris, France: UNESCO
Hidayatullah. Furqon. 2010. Pendidikan Karakter Membangun Peradaban bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka
Lickona, Thomas. 1996. Eleven Princples of effective education. Journal of moral education. Vol 15 (1) hlm 93-100
Megawangi, Ratna. 2004. Semua Berakar Pada Karakter. Jakarta: Lemabaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia
Prayitno dan Belferik Manullang. 2010. Pendidikan Karakter dalam Pembangunan Bangsa. Medan:Pascasarjan UNM
Puskur Balitbang Kemdiknas. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa Pedoman Sekolah. Jakarta
Rachman, M. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Moral dalam Pendekatan kuantitatif, kualitatif, Campuran, Tindakan, dan pengembangan. Semarang: Unnes Press.
Ravell, Lynn dan James Artur. 2007. Character sducation in school and the education of character and education of theacer. Journal of moral vol 36. No 1 hal 50-67
Riawanti, Selly. 2010. ‘Pendidikan Karakter Bangsa: Perspektif Siapa?’. Makalah disajikan dalam Diskusi Rabuan Pendidikan Karakter Bangsa Perspektif Sosiologi dan Antropologi, Fakultas Ilmu Sosial, Semarang, 29 November.
Sudrajat, Akhmad. Konsep Pendidikan Karakter. Tersedia pada http://akhmadsudrajat.wordpress.com. Diakses tanggal 1 11 2021 pukul 13:22 .
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Thompson, Aldian. 2010. Good Character is the foundation for improved attainment and human flourishing. Journals International Brithis Education Studies. Vol 3 hal 1-19
Tukidi. 2011. Membangun karakter bangsa ditengah-tengah budaya global. Jurnal Nasional. Vol 38 no 1 hal 44-54.
Published
2023-05-31
How to Cite
SARI, Siti Nurindah et al. Pembelajaran Pendidikan IPS Berbasis Lingkungan Untuk Membentuk Karakter Peduli Pada Mahasiswa FKIP Universitas Ivet. Indonesian Journal of Geography Education, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 130-141, may 2023. ISSN 2746-2463. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/ijge/article/view/2601>. Date accessed: 29 feb. 2024.
Section
Articles