Analisis Postur Kerja Dengan Metode Rapid Entire Body Assessment (Reba) dan Keluhan Subjektif Muskuloskeletal pada Petani Bawang Merah di Probolinggo

  • Asteria Narulita Pramana Universitas Ivet
  • Merdhita Tri Cahyani Universitas Ivet

Abstract

Keluhan muskuloskeletal terjadi karena adanya pembebanan yang cukup berat dan berulang (repetitif) yang menyebabkan otot mengalami kontraksi secara berlebihan sehingga melebihi kekuatan otot maksimum. REBA (Rapid Entire Body Assessment) adalah metode sistematis yang mengevaluasi seluruh postur tubuh pekerja untuk mengidentifikasi resiko keluhan muskuloskeletal dan resiko lain yang berhubungan dengan pekerjaan. Petani bawang merah di Kecamatan Dringu menjelaskan bahwa mereka merasakan keluhan nyeri pada bagian leher, pundak, lengan kanan, pinggang dan kaki. Posisi kerja saat mereka bekerja adalah berdiri dengan posisi punggung membungkuk dalam suatu periode tertentu. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis postur kerja dengan metode REBA dan mengetahui keluhan subjektif muskuloskeletal yang dialami oleh petani bawang merah di Kecamatan Dringu, Probolinggo. Desain penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Hasil penilaian postur kerja dengan metode REBA menunjukkan tingkat resiko tinggi terjadinya keluhan muskuloskeletal pada seluruh responden (100%) yang masa kerjanya >10tahun. Seluruh responden dengan masa kerja >10tahun dan seluruh responden dengan usia >35tahun memiliki keluhan subjektif muskuloskeletal yang lebih banyak. Petani disarankan dapat melakukan peragangan otot sesaat sebelum melakukan aktivitas kerja dan mengatur waktu istirahat sesuai standart yaitu 15% - 30% dari seluruh waktu kerja.

References

Helmina, Diani, N., & Hafifah, I. (2019). Hubungan Umur, Jenis Kelamin, Masa Kerja dan Kebiasaan Olahraga dengan keluhan Musculoskeletal Disorders (MSDs) pada Perawat. Caring Nursing Jounal, 3(1), 24.

Kanti, L. D. A. S., Muliani, M., & Yuliana, Y. (2019). Prevalensi dan karakteristik keluhan muskuloskeletal pada petani di Desa Aan Kabupaten Klungkung tahun 2018. Bali Anatomy Journal, 2(1), 18–24.

Khofiyya, A. N., Suwondo, A., & Jayanti, S. (2019). Hubungan Beban Kerja, Iklim Kerja, Dan Postur Kerja Terhadap Keluhan Musculoskeletal Pada Pekerja Baggage Handling Service Bandara (Studi Kasus di Kokapura, Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang). Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 7(4), 619–625.

Kumalapatni, N. W. S., Muliarta, I. M., & Dinata, I. M. K. (2020). Gambaran Keluhan Muskuloskeletal dan Analisis Postur Tubuh pada Siswa Pengguna Kompoter di SMK “G” Denpasar Bali. Jurnal Medika Udayana, 9(2), 15–20.

Lumintang, J., Malonda, N. S. H., Madusaz, S., Kesehatan, F., Universitas, M., Ratulangi, S., & Abstrak, M. (2021). Gambaran Keluhan Muskuloskeletal Pada Petani Kacang Di Desa Kanonang. Jurnal KESMAS, 10(3), 34–41.

Mindayani, S. (2018). Perbaikan Fasilitas Kerja Untuk Mengurangi Keluhan Muskuloskeletal. Jurnal Endurance, 3(2), 313.

Musyarofah, S., Setiorini, A., Mushidah, M., & Widjasena, B. (2019). Analisis Postur Kerja dengan Metode REBA dan Gambaran Keluhan Subjektif Musculoskeletal Disorders (MSDs) Pada Pekerja Sentra Imdustri Tas Kendal. Jurnal Kesehatan, 7621(1), 24–32.

Roga, dkk. (2018). Hubungan Postur Kerja dan Repetisi terhadap Kejadian Keluhan Muskuloskeletal pada Petani. J Agromedicine, 5(1), 518–523.

Salcha, M. A., & Arni Juliani. (2021). Relationship between Work Posture and Symptoms of Musculoskeletal Disorders in Rice Farmers. MIRACLE Journal Of Public Health, 4(2), 195–201.

Schramm, C. S., Sondakh, R. C., Ratag, B. T., Kesehatan, F., Universitas, M., & Ratulangi, S. (2022). Hubungan Antara Umur , Masa Kerja Dan Posisi Kerja Dengan Keluhan Muskuloskeletal Pada Petani Di Desa Tumaratas I Kecamatan Langowan Barat Pendahuluan Keluhan pada sistem muskuloskeletal keluhan pada bagian otot-otot skeletal , dimulai dari keluhan sangat. 11(2), 16–21.

Suma’mur. (2014). Higiene Perusahaan & Kesehatan Kerja. Gunung Agung.

Sumigar, C. K., Kawatu, P. A. T., Warouw, F., Kesehatan, F., Universitas, M., Ratulangi, S., Kerja, M., &
Muskuloskeletal, K. (2022). 22 Hubungan Antara Umur Dan Masa Kerja Dengan Keluhan Muskuloskeletal Pada Petani Di Desa Tambelang Minahasa Selatan. 11(2), 22–30.

Tambuwun, J. H., Malonda, N. S. H., & Kawatu, P. A. T. (2020). Hubungan Antara Usia dan Masa Kerja dengan Keluhan Muskulo-skeletal pada Pekerja Mebel di Desa Leilem Dua Kecamatan Sonder. Medical Scope Journal, 1(2), 1–6.

Tarwaka. (2015). Ergonomi Industri?: Dasar - Dasar Pengetahuan Ergonomi dan Aplikasi di Tempat Kerja (2nd ed.). Harapan Press.

Tiogana, V., & Hartono, N. (2020). Analisis Postur Kerja dengan Menggunakan REBA dan RULA di PT X. Journal of Integrated System, 3(1), 9–25.
Published
2022-05-30
How to Cite
PRAMANA, Asteria Narulita; CAHYANI, Merdhita Tri. Analisis Postur Kerja Dengan Metode Rapid Entire Body Assessment (Reba) dan Keluhan Subjektif Muskuloskeletal pada Petani Bawang Merah di Probolinggo. Indonesian Journal of Health Community, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 30-38, may 2022. ISSN 2775-9997. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/ijheco/article/view/2067>. Date accessed: 18 apr. 2024. doi: https://doi.org/10.31331/ijheco.v3i1.2067.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.