Implementasi Nilai-Nilai Kemanusiaan yang Adil dan Beradab dalam Mencegah Perilaku Bullying

  • Dian - Hidayati Universitas Ivet
  • Dian Hidayati

Abstract

Dian Hidayati 1119110007 Implementasi Nilai-Nilai Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab Dalam Mencegah Perilaku Bullying. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Ivet. 2023.


Kemanusiaan yang adil dan beradab merupakan nilai suatu kesadaran sikap moral serta tingkah laku yang didasarkan pada hati nurani manusia dalam hubungannya dengan diri sendiri maupun dalam masyarakat. Perilaku bullying merupakan suatu tindakan yang menyimpang dari nilai kemanusiaan yang adil dan beradab. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan dan kendala implementasi nilai-nilai kemanusiaan yang adil dan beradab dalam mencegah perilaku bullying di SMA Kesatrian 2 Semarang, upaya pencegahan perilaku bullying di SMA Kesatrian 2 Semarang.


Penelitian ini berbentuk penelitian kualtitatif dengan jenis fenomenologik. Teknik pengumpulan data meliputi: observasi, wawancara mendalam, dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masih adanya penyimpangan nilai-nilai kemanusiaan yang adil dan beradab. Program implementasi nilai-nilai kemanusiaan yang adil dan beradab dalam mencegah perilaku bullying di SMA Kesatrian 2 Semarang yaitu membentuk satgas anti bullying, penyuluhan anti bullying, perwalian dengan wali kelas, bekerja sama dengan UNICEF. Dalam pelaksanaan implementasi nilai-nilai Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab mengalami berbagai kendala yaitu siswa tidak melapor ke guru jika menjadi korban bullying, siswa menganggap tindakan bullying yang dilakukan sebagai canda gurau, media sosial. Upaya yang dilakukan sekolah dalam mencegah perilaku bullying yaitu dengan membuat seperangkat aturan yang tegas mencakup konsekuensi tindakan bullying, membangun kesadaran mengenai tindakan bullying melalui seminar-seminar, bekerjasama dengan kepolisian dan psikolog, membuat kesepakatan kelas di awal semester.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Dian Hidayati

Mahasiswa PPKn Universitas Ivet

References

Aulia, Dinda, and Rosalinda Nababan. "Dampak Bullying Terhadap Peserta Didik SMA." (2021). Diunduh pada 10 ?Januari ?2023, 19.00.

Bakry, Noor Ms. 2014. Pendidikan Pancasila. Yogyakarta: Pustaka Belajar Bullying dalam dunia pendidikan dalam popsypsikologi popular.http//;popsy.wordpress.com. Diakses pada 11 Januari 2023.

Ceswara dan Wiyatno. 2018. Implementasi Nilai Hak Asasi Manusia dalam Sila Pancasila. Artikel. Volume 2. No 2. Universitas Negeri Semarang. Diunduh pada 10 ?Januari ?2023, 20.00.

Darmayanti, K. K. H., Kurniawati, F., & Situmorang, D. D. B. (2019). Bullying di sekolah: Pengertian, dampak, pembagian dan cara menanggulanginya. PEDAGOGIA, 17(1), 55-66. Diunduh pada 10 ?Januari ?2023, 20.20.

Kustanti, Erin Ratna. "Gambaran bullying pada pelajar di kota semarang." Jurnal Psikologi Undip 14.1 (2015): 29-39. Diunduh pada 12 Maret ?2023, 21.45.

Kusumasari Kartika Hima dkk, Bullying di Sekolah: pengertian, dampak, pembagian dan cara menanggulangi, Jurmal Ilmu Pendidikan, Vol.17, No. 1 (2019): https://doi.org/10.17509/pdgia.v17i1.139880. Diunduh pada 10 Januari ?2023, 23.00.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Sulisrudatin, Nunuk. "Kasus Bullying Dalam Kalangan Pelajar (Suatu Tinjauan Kriminologi)." Jurnal Ilmiah Hukum Dirgantara 5.2 (2018).

Moleong, J.L. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Monicka, Putri Kusuman. (2014). Perilaku Bullying Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri Degelan 2, Dinginanm Sumberharjo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Fakultas Ilmu Pendidikan. Skripsi. UNY. Diunduh pada 10 ?Januari ?2023, 12.13 PM.

Wiyani, Novan Ardy. (2013). Save Our Children From School Bullying. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Diunduh pada 12 ?Maret 2023, 22.00.

Putriawati, Iin. 2019. Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Perilaku Siswa Di SMK Islam Terpadu Gunung Sari Makassar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Universitas Muhammadiyah Makassar. Makassar. Diunduh pada 11 ?Januari ?2023, 23.15.

Amrini, Puspa. Pengaruh Bullying Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Vii Di Smpn 31 Samarinda, n.d. http://jurnalpsikologiuntagsmd.blogspot.com/2013/10/jurnalpsikologi-Bullying.html. Diunduh pada 12 ?Maret ?2023, 21.45.

Rahardjo, Susilo., & Gudnanto. 2016. Pemahaman Individu: Teknik Nontes. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sari, H. N., Pebriyanti, P., Nurfarida, S., Suryanto, M. F., SuriAgeng Ambun, P. A., & Nugraha, R. G. (2022). Perilaku Bullying Yang Menyimpang Dari Nilai Pancasila Pada Siswa Sekolah. Sinta, VI, 2095-2102. Diunduh pada 31 Desember 2022, 14.33 PM.

Sartika, Tria. 2018. Penerapan Layanan Informasi Untuk Mencegah Perilaku Bullying Siswa Kelas VII SMP Swasta Asuhan Jaya Medan. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Medan. ?Diunduh pada 13 ?Januari 2023, ??13.33 PM.

Schott, R. M., & S√łndergaard, D. M. (Eds.). (2014). School bullying: New theories in context. Cambridge University Press.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&d:Alfabeta.

Suhariyanti, Mela. 2018. Identifikasi Perilaku Bullying Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Di Sekolah Dasar. Diunduh pada 13 ?Januari 2023, ??14.15.


Suryana. 2014. Kewirausahaan, Kiat dan Proses Menuju Sukses Edisi 4, Selemba Empat, Jakarta. Diunduh pada 13 ?Januari 2023, ??15.20.

Tap MPR No.1/MPR 2003 tentang 46 Butir-Butir Pengamalan Nilai Pancasila.

Jannatung, Andi Muhammad Ikhsan. "Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Perilaku Bullying Di SMAN 2 Barru." Skripsi Sarjana pada Fakultas Keperawatan Universitas Hasanuddin Makassar: tidak diterbitkan (2018). Diunduh pada 1 Mei 2023, ??08.10.
Published
2023-08-26
How to Cite
HIDAYATI, Dian -; HIDAYATI, Dian. Implementasi Nilai-Nilai Kemanusiaan yang Adil dan Beradab dalam Mencegah Perilaku Bullying. Journal of Democratia, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 11-21, aug. 2023. ISSN 2721-4710. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/jade/article/view/2752>. Date accessed: 24 feb. 2024. doi: https://doi.org/10.31331/jade.v1i02.2752.