PENGENALAN BAHASA INDONESIA SEBAGAI IDENTITAS NASIONAL UNTUK MEMUPUK RASA KEBANGSAAN PADA ANAK USIA DINI

  • Arlis Muryani Universitas Ivet
  • Yora Harlistyarintica Universitas Ivet

Abstract

Salah satu bentuk identitas nasional bangsa Indonesia adalah bahasa Indonesia. Arus globalisasi membawa pengaruh terhadap pemakaian bahasa Indonesia dalam dunia pendidikan. Tujuan penelitian ini mengetahui penggunaan bahasa Indonesia dalam pembelajaran anak usia dini. Penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian penggunaan bahasa Indonesia anak usia dini pada pembelajaran tergolong rendah. Diperlukan upaya untuk membiasakan penggunaan bahasa Indonesia supaya anak bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai identitas nasional. Dengan demikian, upaya ini  dapat menumbuhkan rasa kebangsaan pada anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Arlis Muryani, Universitas Ivet

Dosen Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Yora Harlistyarintica, Universitas Ivet

Dosen Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

References

Antari, Luh Putu Swandewi. (2019). Bahasa Indonesia sebagai Identitas Nasional Indonesia. Jurnal Stilistika. 8 (1), 92-108.
Chaer, Abdul. (2014). Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.
Eriyanti, Ribut Wahyu dkk. (2020). Linguistik Umum. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.
Herdiawanto, Heri dkk. (2019). Kewarganegaraan dan Masyarakat Madani. Jakarta: Prenadamedia Group.
Juansah, Dase Erwin. 2015. “Menakar Rasa Kebangsaan Melalui Bahasa”. disampaikan dalam Semarak Bulan Bahasa Jurusan Pendidikan Bahasa Indoensia FKIP Untirta.
Lanin, Ivan. (2022). “Bangkitkan Semangat Kebangsaan Melalui Penggunaan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar”. Disampaikan Dalam Webinar Nasional Fisip Universitas Sriwijaya.
Mustakim. (2002). “Bahasa sebagai Jati Diri Bangsa”. https://badanbahasa.kemdikbud.go.id/artikel-detail/780/bahasa-sebagai-jati-diri-bangsa.
Noermanzah. (2019). Bahasa sebagai Alat komunikasi, Citra Pikiran, dan Kepribadian. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa (Semiba). 306-319.
Saravistha, Deli Bunga. (2022). Pendidikan Kewarganegaraan. Bandung: Widhina Bakti Persada.
Sitohang, Muston. N.M. (2017). Penggunaan Bahasa Daerah sebagai Bahasa Pengantar di Kelas Rendah Sekolah Dasar di Kota Palangkaraya. Jurnal Suar Betang 12 (2), 129-136.https://suarbetang.kemdikbud.go.id/jurnal/index.php/BETANG/article/view/10/33.
Tilaar, H.A.R. (2007). Mengindonesia Etnisitas dan Identitas Bangsa Indonesia. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2009. https://peraturan.bpk.go.id/Details/38661/uu-no-24-tahun-2009.
Published
2023-08-31
How to Cite
MURYANI, Arlis; HARLISTYARINTICA, Yora. PENGENALAN BAHASA INDONESIA SEBAGAI IDENTITAS NASIONAL UNTUK MEMUPUK RASA KEBANGSAAN PADA ANAK USIA DINI. Journal of Democratia, [S.l.], v. 1, n. 2, p. 62-68, aug. 2023. ISSN 2721-4710. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/jade/article/view/3364>. Date accessed: 19 may 2025. doi: https://doi.org/10.31331/jade.v1i2.3364.