Analisis Belajar Siswa Berprestasi Kelas VIII Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu SMP PGRI 363 Pondok Petir Tahun Pelajaran 2022/2023

  • Nasmal Hamda Universitas Ivet
  • Fanni Erda Tasia Universitas Ivet
  • Enok Nurhasanah Universitas Ivet

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana siswa dengan tingkat prestasi yang sangat tinggi diperoleh di kelas VIII SMP PGRI 363 Pondok Petir Tahun Pelajaran 2022–2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Objek penelitian adalah 3 siswa berprestasi kelas VIII sebagai informan kunci, 3 siswa sebagai teman sejawat siswa berprestasi sebagai informan, 1 guru mata pelajaran sebagai informan, dan seorang kepala sekolah sebagai informan. Penelitian dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa cara belajar siswa berprestasi yang pertama, bukan dengan membuat daftar pembelajaran. Namun, pelajari cara menggunakan waktu luang dengan lebih efektif. Kedua, siswa berprestasi membaca melalui media elektronik. Ketiga, siswa terkemuka membuat rangkuman atau rangkuman pelajaran. keempat, siswa berprestasi mengikuti pelajaran dengan baik. Kelima, siswa melakukannya dengan baik ketika mereka meninjau pelajaran di rumah. Keenam, orang yang berprestasi tinggi berpartisipasi dalam pembelajaran yang terkonsentrasi. Ketujuh, siswa menghafal pelajaran dengan menandai poin-poin penting dalam suatu mata pelajaran kemudian membacanya sebelum tidur, dan ketujuh, siswa berprestasi rajin mengerjakan tugasnya. Kata kunci: Analisis Belajar, Siswa Berprestasi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Meleong, L.J. 2015. Metodologi penelitian kualitatif. Bandung; Remaja Rosdakarya
Nasution, Noehi, dkk 1992. Psikologi pendidikan.Jakarta: Dikti Depdikbud.
Novyanti, A. 2020. Cara Belajar Siswa Berprestasi di kelas rendah pada kelas III di SD Negeri Karawaci 20.
Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial. Universitas Muhammadiyah Tangerang.
Purwanto, M. Ngalim. 2003. Psikologi Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. Bandung. Alfabeta
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta.
Sumiati dan Asra, M, 2009. Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana PNia.
Suryabrata, Sumadi. 2002. Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Grafindo Perkasa Rajawali.
Sudjana, N. 1997. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Syah, Muhibbin. 2005. Psikologi Belajar, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999, Cet. Ke-2. Tafsir, Ahmad, Ilmu
Pendidikan dan Perspektif Islam, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Syaiful Bahri Djamarah. 2002. Rahasia Sukses Belajar. Jakarta. Rineka Cipta.
Published
2023-06-30
How to Cite
HAMDA, Nasmal; TASIA, Fanni Erda; NURHASANAH, Enok. Analisis Belajar Siswa Berprestasi Kelas VIII Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu SMP PGRI 363 Pondok Petir Tahun Pelajaran 2022/2023. Journal of Economic Education and Entrepreneurship, [S.l.], v. 4, n. 1, p. 8-16, june 2023. ISSN 2721-835X. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/jeee/article/view/2667>. Date accessed: 24 feb. 2024. doi: https://doi.org/10.31331/jeee.v4i1.2667.