Analisis Minat Berwirausaha Mahasiswa Prodi Sastra Inggris Universitas Pamulang Studi Pada Mahasiswa Yang Mengambil Mata Kuliah Kewirausahaan

  • Enok Nurhasanah Universitas Pamulang
  • Nasmal Hamda Universitas Pamulang
  • Fanni Erda Tasia Universitas Pamulang

Abstract

Pengangguran merupakan salah satu masalah serius di Indonesia yang sulit diatasi. Hal ini disebabkan oleh pertumbuhan jumlah penduduk yang tinggi, sementara peningkatan lapangan kerja tidak sejalan. Di sisi lain, perusahaan semakin selektif dalam merekrut karyawan baru, sedangkan minat generasi muda Indonesia untuk berwirausaha masih tergolong rendah. Dalam situasi ini, dunia pendidikan memegang peran penting dalam mendorong minat berwirausaha di kalangan generasi muda. Penelitian ini bertujuan menganalisis tingkat minat berwirausaha mahasiswa Program Studi Sastra Inggris Universitas Pamulang, khususnya yang mengambil mata kuliah Kewirausahaan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Data yang dikumpulkan meliputi informasi tertulis dan lisan dari para informan. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara. Penelitian ini melibatkan 27 responden, terdiri atas 2 dosen Kewirausahaan dan 25 mahasiswa Program Studi Sastra Inggris kelas Reguler A. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya meningkatkan minat berwirausaha mahasiswa Sastra Inggris Universitas Pamulang dapat dilakukan melalui perkuliahan Kewirausahaan yang terstruktur, program magang kewirausahaan, serta inisiatif kreatif mahasiswa, selain itu juga menunjukkan bahwa mata kuliah Kewirausahaan di perguruan tinggi berperan penting dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan. Hal ini dicapai melalui penanaman pengetahuan dan minat berwirausaha, pengembangan kepercayaan diri dan keterampilan, serta peningkatan motivasi untuk menjadi wirausahawan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2018). Research Methods In Education (8th Ed.). Routledge.
Creswell, J. W. (2017). Research Design: Qualitative, Quantitative, And Mixed Methods Approaches (5th Ed.). Sage Publications.
Keller, J. M. (2016). Motivational Design For Learning And Performance: The Arcs Model Approach. Springer.
Khairani, M. (2017). Pengaruh Gaya Belajar, Minat Belajar, Dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Smp Negeri 26 Medan. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 135-142.
Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi, Cet. 36). Bandung: Pt. Remaja Rosdakarya.
Nasution, S. (2016). Usul Tesis, Desain Penelitian, Hipotesis, Validitas, Sampling, Populasi, Dan Teknik Analisis Data. Bumi Aksara.
Schiefele, U. (2015). Interest, Learning, And Motivation. Educational Psychologist, 50(1), 7-18.
Silverman, D. (2016). Qualitative Research (4th Ed.). Sage Publications.
Slamet, A. (2017). Pengantar Wirausaha Dan Manajemen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukirno, S. (2016). Wirausaha Dan Pengelolaan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah. Jakarta: Rajawali Pers.
Wijaya, “Persepsi Mahasiswa Terhadap Pemanfaatan E Commerce,” Tekhnologi Inf. Pendidik., Vol. 8, Pp. 103–108, 2015.
Published
2024-12-16
How to Cite
NURHASANAH, Enok; HAMDA, Nasmal; TASIA, Fanni Erda. Analisis Minat Berwirausaha Mahasiswa Prodi Sastra Inggris Universitas Pamulang Studi Pada Mahasiswa Yang Mengambil Mata Kuliah Kewirausahaan. Journal of Economic Education and Entrepreneurship, [S.l.], v. 5, n. 2, p. 15-21, dec. 2024. ISSN 2721-835X. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/jeee/article/view/3659>. Date accessed: 18 apr. 2025. doi: https://doi.org/10.31331/jeee.v5i2.3659.