Peran Literasi Keuangan dalam Mengatasi Perilaku Ekonomi Irrasional: Sebuah Tinjauan Literatur di Indonesia
Abstract
Penelitian ini mengeksplorasi peran literasi keuangan dalam mengatasi perilaku ekonomi irrasional di Indonesia melalui tinjauan literatur. Literasi keuangan yang baik memungkinkan individu untuk memahami dan menerapkan informasi keuangan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga dapat membuat keputusan finansial yang lebih bijak dan rasional. Meskipun tingkat literasi keuangan di Indonesia masih rendah, berbagai intervensi seperti edukasi keuangan formal, kampanye publik, dan pelatihan keuangan menunjukkan hasil yang positif dalam meningkatkan pemahaman keuangan masyarakat. Faktor-faktor seperti pendidikan formal, akses informasi, dan budaya sosial mempengaruhi literasi keuangan. Tantangan utama meliputi akses yang tidak merata terhadap pendidikan dan informasi keuangan, serta budaya konsumtif yang kuat. Rekomendasi kebijakan mencakup penguatan kurikulum edukasi keuangan, pemanfaatan teknologi digital, kampanye publik yang intensif, dan kolaborasi antara pemerintah dan lembaga keuangan. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengidentifikasi kebutuhan khusus di berbagai kelompok masyarakat dan daerah. Implementasi kebijakan ini diharapkan dapat meningkatkan literasi keuangan di Indonesia, mengurangi perilaku ekonomi irrasional, dan meningkatkan kesejahteraan finansial masyarakat.
Downloads
References
Berutu, T. A., Sigalingging, D. L. R., Simanjuntak, G. K. V., & Siburian, F. (2024). Pengaruh Teknologi Digital terhadap Perkembangan Bisnis Modern. Neptunus: Jurnal Ilmu Komputer Dan Teknologi Informasi, 2(3), 358–370. https://doi.org/10.61132/neptunus.v2i3.258
Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77–101. https://doi.org/10.1191/1478088706QP063OA
Christianty, R., Faisal, M., & Turukay, E. (2023). PELATIHAN LAYANAN KEUANGAN DIGITAL BERBASIS FINTECH BAGI UMKM DI DESA KAMPUNG BARU BANDA NAIRA MALUKU TENGAH. Communnity Development Journal, 4(4), 7992–7997.
Cole, S., Sampson, T., & Zia, B. (2011). Prices or Knowledge? What Drives Demand for Financial Services in Emerging Markets? The Journal of Finance, 66(6), 1933–1967. https://doi.org/10.1111/J.1540-6261.2011.01696.X
Dewi, V. I., Balian, I., Tanimukti, I. P., & Sastrooredjo, P. E. (2019). Financial literacy and financial behavior among college students. Global Competitiveness: Business Transformation in the Digital Era, 96–100. https://doi.org/10.1201/9780429202629-19
Ernayani, R., Zulaecha, H. E., Rachmania, D., Alfiana, A., & Hakim, M. Z. (2024). Edukasi Literasi Keuangan bagi Masyarakat: Membangun Kemandirian Finansial. I-Com: Indonesian Community Journal, 4(3), 1713–1722. https://doi.org/10.33379/icom.v4i3.4797
Huston, S. J. (2010). Measuring Financial Literacy. Journal of Consumer Affairs, 44(2), 296–316. https://doi.org/10.1111/J.1745-6606.2010.01170.X
Kitchenham, B. (2004). Procedures for Performing Systematic Reviews.
Koesoemasari, D. S. P., Surveyandini, M., Putri, J. A., & Janah, A. A. (2023). Revealing the Investment Interests of Part-Time Working Students: Implications for Financial Literacy and Behavior. JASF: Journal of Accounting and Strategic Finance, 6(2), 364–382. https://doi.org/10.33005/JASF.V6I2.481
Lantara, I. W. N., & Kartini, N. K. R. (2015). AKSELERASI PROGRAM EDUKASI KEUANGAN MELALUI KOLABORASI BANK INDONESIA. JURNAL RISET MANAJEMEN, 2(2), 95–113.
Lusardi, A., & Mitchell, O. S. (2014). The Economic Importance of Financial Literacy: Theory and Evidence. Journal of Economic Literature, 52(1), 5–44. https://doi.org/10.1257/JEL.52.1.5
Lusardi, A., & Tufano, P. (2015). Debt literacy, financial experiences, and overindebtedness*. Journal of Pension Economics & Finance, 14(4), 332–368. https://doi.org/10.1017/S1474747215000232
Novieningtyas, A. (2018). PENTINGNYA EDUKASI LITERASI KEUANGAN SEJAK DINI. MANNERS, I(2), 133–137.
Rapina, R., Meythi, M., Rahmatika, D. N., & Mardiana, M. (2023). The impact of financial literacy and financial behavior in entrepreneurial motivation – evidence from Indonesia. Cogent Education, 10(2), 2282827. https://doi.org/10.1080/2331186X.2023.2282827
Snyder, H. (2019). Literature review as a research methodology: An overview and guidelines. Journal of Business Research, 104, 333–339. https://doi.org/10.1016/J.JBUSRES.2019.07.039
Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan 2019. (n.d.). Retrieved December 28, 2024, from https://www.ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/publikasi/Pages/Survei-Nasional-Literasi-dan-Inklusi-Keuangan-2019.aspx
Swadaya, U., Jati, G., Wahyuni, A. S., & Musyaffi, A. M. (2022). Financial Literacy of Students: University Case Studies in Indonesia. AKUNSIKA: Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 3(1), 16–21. https://doi.org/10.31963/AKUNSIKA.V3I1.3417
Vuspitasari, B. K., & Deffrinica, D. (2020). Literasi Keuangan Sekolah. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(2).
Yossinomita;, Mardiana, R., Haris Saputra, M., Hassandi, I., Rahman, A. A., Yonatan, T. A., & Yamir, S. N. (2024). EDUKASI LITERASI KEUANGAN PADA SISWA DAN SISWI SMAN. 12 KOTA JAMBI. Jurnal Pengabdian Masyarakat Unama (JPMU), 3(1), 40–50. https://doi.org/10.33998/jpmu.v3i1
Yudin, J., Wijaya, D. T., & Nuratipa, D. L. (2024). Edukasi Literasi Keuangan di Sekolah Dasar Negeri. Lamahu: Jurnal Pengabdian Masyarakat Terintegrasi, 3(2), 120–127. https://doi.org/10.37905/ljpmt.v3i2.26646