Model brain based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi hukum Newton
Abstract
Keterampilan berpikir kreatif dalam pembelajaran fisika penting untuk ditingkatkan terkait dengan pengembangan ide-ide dan produktivitas siswa di abad 21. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan pengaruh penerapan model brain based learning (BBL) terhadap keterampilan berpikir kreatif dan respon siswa pada konsep hukum Newton. Penelitian ini dilakukan pada bulan April sampai Mei 2018 di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 04 Kab. Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain nonequivalent control group design. Total sampel dalam penelitian ini terdiri 68 siswa yang terbagi menjadi dua kelas yaitu kelas X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 2 sebagai kelas kontrol yang diambil secara purposive sampling. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney pada menunjukkan adanya signifikansi pengaruh. Respon siswa secara keseluruhan berada pada kategori sangat baik dengan rata-rata nilai persentase sebesar 81%. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan model BBL berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa.
References
Akyurek, E., & Afacan, O. (2013). Effects of brain-based learning approach on students’ motivation and attitudes levels in science class. Mevlana International Journal of Education (MIJE), 3(1), 104–119. Retrieved from https://eric.ed.gov/?id=ED543600
Appulembang, Y. A. (2017). Norma kreativitas menggunakan Torrance test of creativity thinking untuk anak usia 6-12 tahun. Provitae Jurnal Psikologi Pendidikan, 9(1), 41–57.
Djupanda, H., Kendek, Y., & Darmadi, I. W. (2015). Analisis keterampilan berpikir kreatif siswa SMA dalam memecahkan masalah fisika. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako (JPFT), 3(2), 29–34.
Gözüye??l, E., & Dikici, A. (2014). The effect of brain based leraning on academis achievement: A meta-analytical study. Educational Sciences: Theory & Practice, 14(2), 642–648. https://doi.org/10.12738/estp.2014.2.2103
Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement vs traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics, 66(1), 64–74.
Haryadi, S., & Julianti, W. (2011). SPSS vs LISREL: sebuah pengantar, aplikasi untuk riset. Jakarta: Salemba Empat.
Heilman, K. M. (2016). Possible brain mechanisms of creativity. Archives of Clinical Neuropsychology, 31(March), 285–296. https://doi.org/10.1093/arclin/acw009
Im, H., Hokanson, B., & Johnson, K. K. P. (2015). Teaching Creative Thinking Skills?: A Longitudinal Study. Clotihing and Textiles Research Journal, 33(2), 129–142. https://doi.org/10.1177/0887302X15569010
Imanuel, I., Waluya, S. B., & Mariani, S. (2019). The effectiveness of brain based learning assisted by schoology towards students’ creative thinking and self-efficacy. Journal of Primary Education, 10(3), 274–281.
Jensen, E. (2011). Pembelajaran berbasis otak. Jakarta: PT Indeks.
Kadir, K. (2015). Statistik terapan (2nd ed.). Jakarta: PT Rajawali.
Kuspriyanto, B., & Siagian, S. (2013). Strategi pembelajaran dan kemampuan berpikir kreatif. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(1), 134–148.
Kusumawardani, R. (2013). Peningkatan kraetivitas melalui pendekatan brain based learning. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 143–162. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JPUD.091
Munandar, U. (2012). Pengembangan kreativitas pada anak berbakat. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Nugraheni, D. (2018). Pembelajaran berbasis proyek (project based learning) materi kalor dan perpindahannya untuk meningkat kreativitas siswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 9(2), 73–79. https://doi.org/10.26877/jp2f.v9i2.2798
Nugraheni, D. (2018). Project based learning in heat and transfer material to increase student’s creativity. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 9(2), 73–79. https://doi.org/10.26877/jp2f.v9i2.2798
Pandu, G. (2016). Dongkrak kinerja otak berpikir lebih cepat. Yogyakarta: Diva Press.
Rosita, I., & Nur, D. (2016). Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis dan kemandirian belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran brain based learning. Jurnal Pendidikan, 4(1), 26–41.
Saefudin, A. A. (2012). Pengembangan kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran matematika dengan pendekatan matematika ralistik indonesia (PMRI). Al-Bidayah, 4(1), 37–48. https://doi.org/https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v4i1.10
Saparina, R., Santosa, S., & Maridi, M. (2013). Pengaruh model brain based learning (BBL) terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X SMA Negeri Colomadu tahun pelajaran 2012/2013. Bio-Pedagogi, 2(2), 78–91. Retrieved from http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pdg/article/view/5524
Sugiyono, S. (2011). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukoco, H., & Mahmudi, A. (2016). Pengaruh pendekatan brain-based learning terhadap kemampuan komunikasi matematis dan self-efficacy siswa SMA. Phytagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 11–24. https://doi.org/10.21831/pg.v11i1.9678
Tafti, M. A., & Kadkhodaie, M. S. (2016). The effects of brain-based training on the learning and retention of life skills in adolescents. International Journal of Behavioural Science, 10(4), 140–144.
Tendrita, M., Mahanal, S., & Zubaidah, S. (2016). Pemberdayaan keterampilan berpikir kreatif melalui model remap think pair share. In Proceeding Biology Education Conference (Vol. 13, pp. 285–291).
Torrance, E. P. (1965). Scientific views of crativity and factors affecting its growth. Creativity and Learning, 94(3),
663–681.
Utomo, D. H. (2017). Brain based learning: effects model a-car in critical thinking skills. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 79, 339–343.
Utomo, T., Wahyuni, D., & Hariyadi, S. (2104). Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) terhadap pemahaman konsep dan kemampuan berpikir kratif siswa. Jurnal Edukasi, 1(1), 5–9. https://doi.org/https://doi.org/10.19184/jukasi.v1i1.1025
Uzezi, J. G., & Jonah, K. J. (2017). Effectiveness of brain-based learning strategy in students’ academic achievement, attitude, motivation and knowledge retention in electrochemistry. Journal of Education, Society and Behavioural Science, 21(3), 1–13. https://doi.org/10.9734/JESBS/2017/34266
Wisudawati, A., & Anggaryani, M. (2014). Penerapan pembelajaran fisika berdasarkan strategi brain based leraning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi elastisitas kelas XI di SMA Negeri 1 Wonoayu Sidoarjo. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 03(02), 1–5.
Zakkia, A., Sri, T., & Asih, N. (2019). Kemampuan literasi matematika siswa pada pembelajaran brain based learning. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 34–39.
Zubaidah, S., Fuad, N. M., Mahanal, S., & Suarsini, E. (2017). Improving creative thinking skills of students through differentiated science inquiry with mind map. Journal of Tur, 14(4), 77–91. https://doi.org/10.12973/tused.10214a

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.