Minat dan pemahaman konsep siswa dalam pembelajaran berbasis problem based learning berbantuan media video
Abstract
Siswa mengalami kesulitan dalam belajar fisika sebab pembelajaran kurang berorientasi pada pemberian pengalaman langsung melalui praktikum maupun kegiatan pemecahan masalah. Dengan demikian, diperlukan upaya untuk membuat pembelajaran fisika dapat menjadi pembelajaran yang menarik dan bermakna. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh model project based learning (PBL) berbantuan media video fisika terhadap peningkatan minat dan pemahaman konsep. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Budi Mulya Kasiman, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur pada tahun ajaran 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Uji-t dan uji regresidigunakan dalam analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar dan pemahaman konsep siswa kelas eksperimen lebih baik dibanding kelas kontrol. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa minat belajar siswa memiliki pengaruh yang positif terhadap pemahaman konsep siswa tetapi masuk dalam kategori rendah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model PBL dapat meningkatkan minat belajar dan pemahaman konsep siswa.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.