Analisis kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan soal IPA tipe HOTS

  • Siwi Purwanti Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, Indonesia

Abstract

Mahasiswa perlu memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi untuk dapat menghadapi berbagai perkembangan di abad ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir mahasiswa dalam  menyelesaikan soal IPA tipe HOTS pada mata kuliah sains lanjut. Subjek Penelitian adalah mahasiswa PGSD semester IV tahun ajaran 2018/ 2019 berjumlah 87 orang. Penelitian ini menggunakan pedoman wawancara serta soal tes berbasis HOTS. Analisis data dilakukan dengan metode kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan secara umum kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa mencapai 72,28 % dan masuk ke dalam kriteria cukup. Mahasiswa yang dapat mencapai tingkat C4 (Analisis) mencapai 81,52%, C5 (Evaluasi) 71,91%, dan C6 (Kreasi) 60,67%. Sedangkan hasil wawancara menujukkan bahwa mahasiswa mengalami kesulitan dalam merancang percobaan, merumuskan masalah, dan meyelesaikan percobaan. Dengan demikian, dapat diketahui bahwa kemampuan mahasiswa PGSD dalam menyelesaikan soal IPA tipe HOTS perlu ditingkatkan lagi khususnya pada tingkat C5 dan C6.

Published
2020-04-30
How to Cite
PURWANTI, Siwi. Analisis kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan soal IPA tipe HOTS. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), [S.l.], v. 4, n. 1, p. 93-101, apr. 2020. ISSN 2598-0904. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/jipva/article/view/1102>. Date accessed: 05 july 2025. doi: https://doi.org/10.31331/jipva.v4i1.1102.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.