Analisis kemampuan mahasiswa dalam menyelesaikan soal IPA tipe HOTS
Abstract
Mahasiswa perlu memiliki kemampuan berpikir tingkat tinggi untuk dapat menghadapi berbagai perkembangan di abad ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir mahasiswa dalam menyelesaikan soal IPA tipe HOTS pada mata kuliah sains lanjut. Subjek Penelitian adalah mahasiswa PGSD semester IV tahun ajaran 2018/ 2019 berjumlah 87 orang. Penelitian ini menggunakan pedoman wawancara serta soal tes berbasis HOTS. Analisis data dilakukan dengan metode kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan secara umum kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa mencapai 72,28 % dan masuk ke dalam kriteria cukup. Mahasiswa yang dapat mencapai tingkat C4 (Analisis) mencapai 81,52%, C5 (Evaluasi) 71,91%, dan C6 (Kreasi) 60,67%. Sedangkan hasil wawancara menujukkan bahwa mahasiswa mengalami kesulitan dalam merancang percobaan, merumuskan masalah, dan meyelesaikan percobaan. Dengan demikian, dapat diketahui bahwa kemampuan mahasiswa PGSD dalam menyelesaikan soal IPA tipe HOTS perlu ditingkatkan lagi khususnya pada tingkat C5 dan C6.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.