Analisis Kebutuhan Terhadap Pengembangan E-Modul Interaktif Pemanasan Global Berdasarkan Pemodelan Parameter Cuaca
Abstract
Pengembangan bahan ajar berbasis teknologi seperti e-modul diperlukan untuk memenuhi tuntutan Pendidikan di era 4.0. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis kebutuhan terhadap pengembangan e-modul interaktif pemanasan global berdasarkan pemodelan parameter cuaca. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI jurusan IPA SMA Negeri di Kota Bengkulu dengan sampel penelitian sebanyak 100 siswa. Penelitian dilakukan pada bulan Februari 2022. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang dibuat dengan modifikasi skala likert 4 pilihan jawaban yaitu sangat setuju, setuju, tidak setuju, dan sangat tidak setuju. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pernyataan-pernyataan yang diajukan kepada responden memperoleh persentase sebesar 64%-88% yang masuk ke kategori setuju dan sangat setuju. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa siswa membutuhkan bahan ajar lain sebagai alternatif bahan ajar yang tersedia saat ini seperti e-modul dan e-book yang menyajikan materi tertulis yang didukung dengan video pembelajaran dan pemodelan parameter cuaca.
References
Fausih, M., & T, D. (2015). Pengembangan Media E-Modul Mata Pelajaran Produktif Pokok Bahasan “Instalasi Jaringan LAN ( Local Area Network )” Untuk Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Komputer Jaringan Di SMK Negeri 1 Labang Bangkalan Madura. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, 01(01), 1–9.
Fauziah, I. Z., Sutrisno, & Suwarni. (2016). Pengembangan E-Modul Berbasis Adobe Flash CS6 Pada Mata Pelajaran Penataan Barang Dagang. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Manajemen, 2(2), 154–159.
Febrianti, F. A. (2021). Pengembangan Digital Book Berbasis Flip PDF Professional untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4(2), 102–115. http://dx.doi.org/10.33603/.v4i2.5354,
Hayati, S., Budi, A. S., & Handoko, E. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Fisika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Fisika (e-Jurnal) SNF2015, 4, 49–54.
Hirzan, L., & Yuhendri, M. (2020). Pengembangan E-Modul Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik untuk Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 01(01), 142–146. http://jpte.ppj.unp.ac.id/index.php/JPTE/article/view/58
Imamora, M., Fitri, D. W., & Lizelwati, N. (2020). Pengembangan Modul Gejala Pemanasan Global Berbasis Pendekatan SETS untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Fisika Kelas XI SMAN 7 Sijunjung. Sainstek?: Jurnal Sains Dan Teknologi, 12(2), 51. https://doi.org/10.31958/js.v12i2.2625
Istyadji, M., & Hafizah, E. (2021). Pelatihan Pembuatan dan Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Menggunakan Flip Pdf Professional pada Mata Pelajaran IPA SMP Berbasis Kearifan Lokal Lahan Basah. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 278–285.
Johan, H., Suhandi, A., Wulan, A. R., Sipriyadi, & Herawati, A. (2018). Enhancing mastery of earth science concept of prospective physics teachers through interactive conceptual instruction supported by visualization and grads. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(4), 435–441. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i4.9799
Kemendikbud. (2019). Merdeka belajar. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Khairinal, K., Suratno, S., & Aftiani, R. Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Book Berbasis Flip Pdf Professional Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Dan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X Iis 1 Sma Negeri 2 Kota Sungai Penuh. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 458–470.
Kline, D. (1980). Metodologi Penelitian Riset. Jakarta: Angkasa.
Kurinta, N., Bektiarso, S., & Maryani. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Kontekstual Pada Pokok Bahasan Pemanasan Global Untuk Siswa SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 10(3), 106–113.
Latifah, N., Ashari, & Kurniawan, E. S. (2020). Pengembangan e-modul fisika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 01(01), 1–7. http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jips/article/view/570
Lestari, E., Nulhakim, L., & Suryani, D. I. (2022). Pengembangan E-modul Berbasis Flip Pdf Professional “ Tema Global Warming Sebagai Sumber Belajar Mandiri Siswa Kelas VII .” PENDIPA Journal of Science Education, 6(2), 338–345.
Liani, E., Hamdani, D., & Risdianto, E. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning dengan Metode Brainstorming untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa di SMAN 3 Kota Bengkulu. Jurnal Kumparan Fisika, 1, 20–24.
Malina, I., Yuliani, H., & Syar, N. I. (2021). Analisis Kebutuhan E-Modul Fisika sebagai Bahan Ajar Berbasis PBL di MA Muslimat NU. Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika, 3(1), 70–80. https://doi.org/10.31540/sjpif.v3i1.1240
Marsa, P. B., & Desnita, D. (2020). Analisis Media, Sumber Belajar, dan Bahan Ajar Yang Digunakan Guru Fisika SMA Materi Gelombang Di Sumatera Barat Ditinjau Dari Kebutuhan Belajar Abad 21. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 4(1), 81–88. https://doi.org/10.24036/jep/vol4-iss1/422
Mayanty, S., Astra, I. M., & Rustanta, C. E. (2018). Pengembangan E-modul Fisika Berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. Prosiding Seminar Nasional Quantum, 25, 1–13. http://seminar.uad.ac.id/index.php/quantum/article/view/226/182
Mayub, A., Hendraini, L., Johan, H., Fahmizal, & Wardana, R. W. (2021). Modeling climate phenomenon with software grids analysis and display system in the development of the global warming module. Bulletin of Electrical Engineering and Informatics, 10(6), 3228–3239. https://doi.org/10.11591/eei.v10i6.3201
Nikat, R. F., & Sumanik, N. B. (2021). Pelatihan Pembuatan E-Modul Terintegrasi Media Pembelajaran Untuk Menunjang Kompetensi Inovatif Guru Di SMPN 3 Merauke. Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 273–282.
Nisa, A. H., Mujib, M., & Putra, R. W. Y. (2020). Efektivitas E-Modul dengan Flip Pdf Professional Berbasis Gamifikasi Terhadap Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(02), 14–25. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr
Nurlatifah, S. C., Hodijah, S. R. N., & Nestiadi, A. (2022). Pengembangan Modul Berbasis Multimedia Dengan Menggunakan Flip PDF Professional Pada Tema Udara Yang Sehat. PENDIPA Journal of Science Education, 6(1), 226–232. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/pendipa/article/download/17495/8327
Peranti, Purwanto, A., & Risdianto, E. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan MOFIN ( MONOPOLI FISIKA SAINS ) Pada Siswa Sma Kelas X. Jurnal Kumparan Fisika, 2(1), 41–47.
Pinilih, F. W., Masykuri, M., & Suparmi. (2016). Pengembangan Modul Elektronik Fisika Berbasis Salingtemas Materi Pemanasan Global Untuk Siswa SMA/MA Kelas XI. Jurnal Inkuiri, 5(2), 143–155. http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/sains
Putri, I. T., Aminoto, T., & Pujaningsih, F. B. (2020). Pengembangan E-Modul Fisika Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Teori Kinetik Gas. EduFisika, 5(1), 52–62. https://doi.org/10.22437/edufisika.v5i01.7725
Putri, R. M., Risdianto, E., & Rohadi, N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Menggunakan Adobe Captivate Pada Materi Gerak Harmonik Sederhana. Jurnal Kumparan Fisika, 2(2), 113–120. https://doi.org/10.33369/jkf.2.2.113-120
Saprudin, S., Haerullah, A. H., & Hamid, F. (2021). Analisis Penggunaan E-Modul Dalam Pembelajaran Fisika; Studi Literatur. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(2), 38. https://doi.org/10.31851/luminous.v2i2.6373
Sari, R. I., Jufrida, J., Kurniawan, W., & Basuki, F. (2021). Pengembangan E-Modul Materi Suhu Dan Kalor Sma Kelas Xi Berbasis Ethnophysics. Physics and Science Education Journal (PSEJ), 1(April), 46. https://doi.org/10.30631/psej.v1i1.697
Sitorus, D. S., Siswandari, & Kristiani. (2019). The effectiveness of accounting E-module integrated with character value to improve students’ learning outcomes and honesty. Cakrawala Pendidikan, 38(1), 120–129. https://doi.org/10.21831/cp.v38i1.20878
Solihudin, T. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Web Untuk Meningkatkan Pencapaian Kompetensi Pengetahuan Fisika Pada Materi Listrik Statis Dan Dinamis Sma. Jurnal WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 3(2), 51. https://doi.org/10.17509/wapfi.v3i2.13731
Sriwahyuni, I., Risdianto, E., & Johan, H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Menggunakan Flip Pdf Professional Pada Materi Alat-Alat Optik Di Sma. Jurnal Kumparan Fisika, 2(3), 145–152. https://doi.org/10.33369/jkf.2.3.145-152
Yolanda, Y. (2021). Pengembangan E-Modul Listrik Statis Berbasis Kontekstual Sebagai Sumber Belajar Fisika. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(2), 40–56. https://doi.org/10.31851/luminous.v2i1.5235

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.