Pengembangan E-Modul Berbasis Analisis Parameter Fisis Air Sungai untuk Meningkatkan Literasi Lingkungan Peserta Didik
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan e-modul parameter fisis air sungai materi pencemaran air. Jenis penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan (R&D). Model penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Uji coba skala terbatas menggunakan metode pre-eksperimen desain one group pretest-posttest. Berdasarkan pengembangan menghasilkan e-modul berbasis parameter fisis air sungai beserta perangkatnya: 1) Hasil data analisis parameter fisis air sungai di Bengkulu seperti data tingkat berbau air, kekeruhan, suhu, warna, salinitas, daya hantar listrik, TSS dan TDS, 2) Rata-rata tingkat kelayakan e-modul yang dikembangkan sebesar 93,8% dengan kategori sangat layak, 3) Literasi lingkungan peserta didik setelah menggunakan e-modul diperoleh N-gain sebesar 0,74 yang masuk kategori tinggi, 4) Respon guru terhadap e-modul sebesar 90%, dan respon peserta didik terhadap e-modul sebesar 89,6%, 5) Karakteristik e-modul berbasis parameter fisis air sungai yang dikembangkan yaitu materi disajikan bersifat kontekstual dari hasil parameter fisis air sungai dan bisa langsung digunakan, mudah diakses karena bisa diajarkan secara online.
References
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
BNSP. (2008). Deskripsi Butir Instrumen Penilaian Buku Teks Pelajaran SMP, SMA, SMK. 5-30.
DB, M. H., & Saptomo, S. K. (2019). Analisis Kualitas Air pada Jalur Distribusi Air Bersih di Gedung Baru Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor. Jurnal Teknik Sipil dan Lingkungan, 13-14.
Dewi, I., Wahab, I., & Citra, F. W. (2016). Analisis Kualitas Air Akibat Bongkar Muat Batu Bara di Sungai Ketahun Desa Pasar Ketahun Kecamatan Ketahun Kabupaten Bengkulu Utara. Jurnal Rafflesia, 62.
Fajri, S. A. (2019). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Topik Suhu dan Kalor untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Literasi Lingkungan Siswa. Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesi.
Hasanah, I., Sri, W., & Bachtiar, R. W. (2016). Pengembangan Modul Mitigasi Bencana Berbasis Potensi Lokal yang Terintegrasi dalam Pelajaran IPA di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 226-227.
Jannah, A., Mayub, A., & Hamdani, D. (2021). Identifikasi Pembekalan Keterampilan Abad 21 pada Aspek Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Siswa SMA Negeri Bengkulu dalam Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Kumparan Fisika, 24.
Jihad, A., & Haris, A. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Lastri, N., Hamidah, A., & Hsb, H. E. (2019). Pengembangan e-Modul Berbasis Model Experiential Learning pada Materi Pencemaran Lingkungan untuk SMP Kelas VII. Jurnal Edu-Sains, 11.
Majid, A. (2016). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mardianti, I., Kasmantoni, & Walid, A. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Etnosains Materi Pencemaran Lingkungan untuk Melatih Literasi Sains Siswa Kelas VII di SMP. Jurnal Pendidikan Biologi, 97.
Monika, Y., Mayub, A., & Purwanto, A. (2018). Pengaruh Project Based Learning (PJBL)
Mustika, R., Karyadi, B., & Singkam, A. R. (2019). Keragaman dan kelimpahan makroinvertebrata di Sungai Sengaur Bengkulu Tengah. 2.
Nasution, R. (2015). Analisis Tingkat Literasi Lingkungan Mahasiswa FKIP Universitas Mulawarman Dengan Transformasi Skor Nela (National Environmental Literacy Assessment). Jurnal ilmiah Biosmart, 41-45.
Nia, Leksono, S. M., & Nestiadi, A. (2022). Pengembangan E-Modul Pelestarian Lingkungan Berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. PENDIPA Journal of Science Education, 415.
Novianti, A. D. (2015). Pengembangan Modul Akuntansi Aset Tetap Berbasis Pendekatan Saintifik Sebagai Pendukung Implemetasi K-13 di SMKN 2 Buduran. Jurnal Pendidikan, 4.
Oktarian, N., Gani, A. A., & Prihandono, T. (2016). Analisis Dampak Pembuangan Limbah Cair Industri Tahu Terhadap Sifat Fisis Air Sungai Sumber Wayuh Kota Blitar. Seminar Nasional Pendidikan, 224.
Rahayu, Y. W., & Erianjoni. (2021). Pendidikan dan Pembelajaran 2021 Pengembangan E-Modul Pembelajaran Sosiologi Berbasis Flipbook Maker untuk Peserta Didik Kelas XI IPS SMA. Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, 3.
Rahayu, Y. W., & Erianjoni. (2021). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Sosiologi Berbasis Flipbook Maker untuk Peserta Didik Kelas XI IPS SMA. Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, 2.
Rahmadhani, S., Efronia, Y., & Tasrif, E. (2021). Penggunaan E-Modul Di Sekolah Menengah Kejuruan Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital. Jurnal Vokasi Informatika, 5-6.
Rahmah, S., Puspitasari, R., Lubis, R., & Festiyed. (2019). Analisis Buku Ajar SMP Kelas VIII Berdasarkan Pada Literasi Lingkungan. Pillar of Physics Education, 601.
Riduwan. (2012). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.
Ridwan. (2013). Skala Pengukuran Variable-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Salsabillah, S. (2018). Analisis Penguasaan Konsep–Konsep Fisika Pokok Bahasan Gelombang Elektromagnetik pada Siswa Kelas XII SMA. Seminar Nasional Pendidikan Fisika, 259.
Saputri, W., & Hidayat, S. (2020). Potensi Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Masalah (PKBM) dalam Meningkatkan Literasi Lingkungan. Prosiding Seminar Nasional, 217.
Sari, M., & Huljana, M. (2019). Analisis Bau, Warna, TDS, pH, dan Salinitas Air Sumur Gali di Tempat Pembuangan Akhir. Jurnal Ilmu Kimia dan Ilmu Terapan, 2-3.
Sriwahyuni, I., Risdianto, E., & Johan, H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Menggunakan Flip Pdf Professional Pada Materi Alat-Alat Optik Di SMA. Jurnal Kumparan Fisika, 146.
Status Lingkungan Hidup. (2021). Buku Data SLHD Provinsi Bengkulu. Bengkulu.
Sueb, Suhadi, Rakhmawati, Y., Diartika, I. A., & Putri, R. D. (2018). Peningkatan Literasi Lingkungan Melalui Ketrampilan Penelitian Lingkungan dan Pendidikan Lingkungan Pada Guru SMAN Batu. Prosiding Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 581-582.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan (Kedua). Bandung: ALFABETA.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Warman, I. (2015). Uji Kualitas Air Muara Sungai Lais Untuk Perikanan di Bengkulu Utara. Jurnal Agroqua, 24.
Wilujeng, I., & Surydarma, I. P. (2019). Web-LKS IPA terintegrasi lingkungan untuk meningkatkan literasi lingkungan siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 129.
Winarni, E. W. (2018). Teori dan Praktek Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas, dan R&D. Jakarta: Bumi Aksara.
Yolanda, R., & Basri, W. (2021). Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Flip PDF ProMata Pelajaran Sejarah Indonesia Untuk Madrasah Aliyah. Jurnal Kronologi, 126.
Yusliani, E., & Yanti, Y. (2020). Meta-Analisis Pengembangan Modul Pembelajaran Terintegrasi Literasi Lingkungan. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Fisika, 113.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.