Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Refleksi Kelompok pada Materi Reaksi Redoks
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mengimplementasikan model pembelajaran inkuiri berbasis refleksi kelompok untuk mengukur keefektifan pembelajaran terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa. Penelitian ini termasuk penelitian kuasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen, mendapat pembelajaran dengan model inkuiri berbasis refleksi kelompok dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran ekspositori. Penelitian ini menggunakan posttest only control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi kemampuan awal siswa, lembar observasi, tes tertulis dan angket. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata nilai posttest kelas eksperimen adalah 78,88 dan kelas kontrol 71,68. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran inkuiri berbasis refleksi kelompok efektif terhadap hasil belajar dan aktivitas siswa.
Kata kunci: model pembelajaran inkuiri, refleksi kelompok
THE IMPLEMENTATION OF INQUIRY LEARNING MODEL BASED ON TEAM REFLECTION ON REDOX REACTION TOPIC
Abstract
This study aims to implement inquiry learning model based on team reflection to measure the effectiveness of learning achievement and student activities. This research is quasi experimental research. The samples in this research are X-1 students as an experiment class, got inquiry learning model based on team reflection and class X-2 as a control class with expository learning model. This research was used posttest only control group design. Data collection techniques were documentation for initial academic ability, observation sheet, paper test and questionnaire. Based on the result of research, the average of experimental class posttest value is 78.88 and control class 71.68. The results have shown that the implementation of inquiry learning model based on team effective to improves student learning achievement and activities.
Keywords: inquiry learning model, team reflection
References
Dadang, S; dan Mulyadi. 2009. Konsep Dasar Desain Pembelajaran. Jakarta: Pusat Pengembangan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan.
Darmawan P, dan Edy Sujoko. 2013. Revisi Taksonomi Pembelajaran Benyamin Bloom. Jurnal Satya Widya, Vol 29, No.1 Juni 2013:30-39. Diakses 20 Desember 2017 https://www.researchgate.net/profile/I_Putu_Darmawan/publication/315348938_REVISI_TAKSONOMI_PEMBELAJARAN_BENYAMIN_S_BLOOM/links/596052d1a6fdccc9b1c4bd32/REVISI-TAKSONOMI-PEMBELAJARAN-BENYAMIN-S-BLOOM.pdf
Gulo, W. 2008. Strategi Belajar-Mengajar. Jakarta: Grasindo.
Hare, P. 2007. Team Reflection. Faculty Development Series: Pacific Crest.
Jiwanto, I.N; dan Khumaedi. 2017. Pengaruh Implementasi Model Pembalajaran Inkuiri Terbimbing Kooperatif Jigsaw terhadap Ketrampilan Proses Siswa. Jurnal Pendidikan IPA Veteran Vol 1 No 1 2017. Diunduh 31 Januari 2018 di http://e-journal.ikip-veteran.ac.id/index.php/jipva/article/view/511/529
Joyce, B dan Weil, M. 1992. Models of Teaching. London: Allyn and Bacon.
Julianto, Suprayitno. 2011. Teori dan Implementasi model-model Pembelajaran Inovatif. Surabaya: UNESA.
Mulyasa. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.
Nilnahana. 2008. Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Menggunakan LKS. http://www. scribd.com/ diakses tanggal 1 Juni 2010.
Rodriguez-Dehmer. 2007. What is The Role of Responsive and Reflective Instructor? Florida: Developmental Education Association Newsletter.
Sanjaya, W. 2008. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Prenata Media Group.
Santyasa, I Wayan. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif. FMIPA Universitas Pendidikan Ganesha
Slavin, R.E. 1995. Research on Cooperative Learning and Achievement. U.S Department of Education: Risk Johns Hopkins University. Diunduh 15 Juni 2017 di https://pdfs.semanticscholar.org/8632/1d7266e116a1e8750aade319054a521c0639.pdf
Trianto. 2007. Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.