Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Belajar Siswa Aktif dengan Pendekatan Al-Quran, Sains, dan Karakter (ALSAK) bagi Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan perangkat pembelajaran model belajar siswa aktif dengan pendekatan ALSAK bagi siswa SD. Pengembangan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini terdiri dari silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), dan Lembar Kerja Siswa (LKS). Pengembangan perangkat pembelajaran dalam penelitian ini mengadopsi pada model pengembangan Borg & Gall. Penelitian pengembangan ini dilakukan dalam empat langkah utama. Pada langkah studi pendahuluan diperoleh informasi bahwa perangkat pembelajaran model yang mengkaitkan Alquran dengan bidang kajian dibutuhkan oleh guru untuk mendukung tujuan kurikulum 2013. Hasil pada tahap analisis kurikulum yaitu ditemukan integrasi ayat alqur’an Qs Al-Anbiya: 33, Qs Yunus: 5-6, Q.S Al-Anbiya: 33, Qs An-Nur: 45, Qs Al-A’raf: 57, Qs An-Nur: 45, Qs Al-An‘am: 38, Q.S Al-An‘am: 38, Qs Arrum: 41, Qs Al-A’raf : 56. Hasil penilaian validator menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan memiliki kategori baik dan angka “A”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran dengan model ini layak digunakan untuk pembelajaran bagi siswa SD
Kata kunci: Pengembangan, Perangkat Pembelajaran, Model Belajar Aktif, Pendekatan ALSAK
DEVELOPING THE LEARNING MATERIALS BASED ON ACTIVE STUDENTS LEARNING MODEL THROUGH AL-QURAN, SCIENCE, AND CHARACTER APPROACH (ALSAK) FOR ELEMENTARY STUDENT
Abstract
This research aims to develop learning materials based on active students learning model through Al-Quran, Science, and Character Approach (ALSAK) for elementary student. The learning materials in this research consist of syllabi, lesson plans, and students’ worksheets. The research model and development used the Borg and Gall development model. The result of preliminary study found that the learning model connecting the Al-Quran to learning material was needed to the teachers to support the purpose of the 2013 curriculum. The result of curriculum analysis found that Alquran verses integration of Al-Anbiya: 33, Yunus:5-6, Al-Anbiya:33, An-Nur: 45, Al-A’raf : 57, An-Nur: 45, Al -An ‘am: 38, Al-An ‘am: 38, Arrum: 41, Al-A’raf :56. The result of validation the assessments shown that the learning material developed has a good category and the predicate was “A”. It can conclude that the learning materials appropriate can implement to teaching and learning for elementary students.
Keywords: development, leaning materials, learning active model, ALSAK Approach
References
Azwar, S. 2011. Reliabilitas dan Validitas.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Borg, W.R. & Gall, M.D (1983). Educational Research: Longman, New York London.
Djudin, Tomo. (2010). Menyisipkan Nilai-Nilai Agama Dalam Pembelajaran Sains: Suatu Alternatif Memagari Keimanan Siswa. Diakses dari: download.portalgaruda.org/article.php?article=33581&val=2345.
Emzulia, Madlazim Hervina. (2014). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery dengan Mengintegrasikan Ayat-ayat Al-Qur’an Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI di SMA Muhammadiyah 2 Surabaya. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 3(2): 110.
Haryono. (2009). Siapkan SDM Berkualitas Sambut Bonus Demografi. Edisi 105/Gemari Tahun X/Oktober 2009. Diakses dari: scribd-download.com/.../bonus-demografi-auto saved_58c9f52cee34352a775e6067.
Hasanah Faridatul, Supriyadi, Sarengat. (2014). Pengaruh penerapan strategi Aktif Tipe Teka-Teki Silang Terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pedagodi. 2(5):5.
Hake, R. Richard. (2007). Design-Based Research In Physics Education. Diambil Pada Tanggal pada tanggal 02 Januari 2012, dari http://www.physics.indiana.edu/~hake/DBR-Physics3.pdf
Hermawan Dewi, Ida Kintamani (2013). Menyusun Proyeksi Pendidikan, Metode, Dan Aplikasi Proyeksi Sekolah Dasar Tahun 2012/2013-2020/2021. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 20 (2): 270.
Kemendikbud. (2013). Standar Proses Pembelajaran. Peraturan Pemerintah Nomor 65 Tahun 2013.
Khusniati, M. (2012). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran IPA.Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 1(2): 204-210.
Mahmudah, Laely. (2016). Spiritual Teaching dalam Pembelajaran IPA di Madrasah. Jurnal Penelitan Pendidikan Islam, 11(2): 448.
Mardapi, D. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Yogyakarta: MITRA CENDIKIA Press.
Mulyatiningsih, Endang. (2010). Pembelajaran Aktif, Kreatif, Inovatif, Efektif, dan Menyenangkan. Dirjen Jendral Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud.
Purwaningrum, Septian. (2015). Elaborasi Ayat-Ayat Sains dalam Al-Quran: Langkah Menuju Integrasi Agama dan Sains dalam Pendidikan. Jurnal Inovatif. 1(1): 132.
Rahman, Amir dan Kasim, Dulsukmi. (2014). Pendidikan Karakter Berbasis Al-qur’an: Upaya Menciptakan Bangsa yang Berkarakter, jurnal Al-Ulum.14(1): 256.
Sudaryanti. (2012). Pentingnya Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Dalam Mewujudkan Warga Negara yang Baik. Jurnal Pendidikan Anak,. 1(1): 15.
Wibawa. A. S, Saptorini, Iswari S. R. (2013). Pengembangan Perangkat Bahan Ajar IPA Terpadu Berbasis Pendidikan Karakter Pada Tema Dampak Bahan Kimia Rumah Tangga terhadap Lingkungan, Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 2(1): 10.
Zulfami, H.B. (2013). Indikator pembelajaran aktif dalam konteks Pengimplementasian pendekatan pembelajaran aktif, kreatif, Efektif, dan menyenangkan (PAKEM). Jurnal Al-Ta’lim. 4(1): 28.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.