Rancang Bangun Simulasi Komputer untuk Pembelajaran Fisika pada Topik Selektor Kecepatan dengan Metode Numerik Euler
Abstract
Salah satu kesulitan dalam pembelajaran fisika adalah sedikitnya alat peraga atau praktikum yang mampu menggambarkan secara nyata fenomena fisis. Topik tersebut misalnya medan listrik dan medan magnet, khususnya pada topik selektor kecepatan pada spektrometer. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan simulasi komputer untuk pembelajaran Fisika pada topik gerak partikel dalam selektor kecepatan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan sikuensial linier. Model pengembangan perangkat ini dipilih karena sangat mudah diaplikasikan, serta dapat dengan mudah dilakukan verifikasi dan testing pada setiap tahapnya. Pengembangan ini menggunakan perangkat lunak Microsoft VBA Excel. Metode numerik yang dipilih adalah metode numerik Euler dengan menyelesaikan secara numerik persamaan differensial orde dua persamaan gerak partikel tersebut. Hasil pengembangan simulasi ini didapatkan tingkat kesalahan setiap titik pada metode numerik dan analitik rata-rata yaitu sebesar 0.52 %. Hasil validasi simulasi tersebut mendapatkan nilai rata-rata 3,38 yang berdasarkan referensi nilai tersebut tergolong layak, sehingga pengembangan simulasi ini dapat disimpulkan memiliki arti fisis gerak partikel dalam selektor kecepatan.
Design of Computer Simulation for Physics Learning on Velocity Selector Topic Using Euler Numerical Method
One of the difficulties in learning physics is the less of teaching media or practicums that able to describe phenomena on the electric and magnetizm topic clearly. For example the topic is electric and magnetic field, particularly velocity selector in spectrometer. The aim of this research is to develop simulation for physics learning in this topic is expected as a solution. This research use sequential linear model development. The advantage of this model is simple to understand, each phase has specific deliverables and a review process. We use Microsoft VBA Excel to develop simulation. The Euler numerical method is used to solve the second-order differential equations of the particle’s motion. The error rate of each point in the numerical and analytical method is calculated and results the average error rate 0.52%. Validation result of this simulation gets an average score 3.38. Based on the reference, that score is concidered to be reasonable, so the development of this simulation can be concluded as a good physical interpretation.
References
Anugrah, M. I., Serevina, V., & Nasbey, H. (2015). Pengembangan alat praktikum medan magnet sebagai media pembelajaran Fisika SMA. In Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF2015. Universitas Negeri Jakarta, Indonesia.
Arikunto S. (2010). Prosedur penelitian. Ed.Rev. Jakarta: Rineka Cipta.
Kusyanti, R. N. T. (2013). Pemahaman konsep siswa setelah menggunakan media pembelajaran animasi fisika yang tidak sesuai fisika. Berkala Fisika Indonesia, 5(1), 20-24.
Irwandani, I., & Juariyah, S. (2016). Pengembangan media pembelajaran berupa komik fisika berbantuan sosial media instagram sebagai alternatif pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 33-42. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.103
Marianda, G., Johar, A., & Risdianto, E. (2014). Rancang bangun media pembelajaran berbasis multimedia interaktif konsep gaya pada mata pelajaran Fisika SMP kelas VIII. Rekursif: Jurnal Informatika, 2(2), 112–120.
Muhson, A. (2010). Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2), 1-10. https://doi.org/10.21831/JPAI.V8I2.949
Nugroho, A. P., Raharjo, T., & Wahyuningsih, D. (2013). Pengembangan media pembelajaran Fisika menggunakan permainan ular tangga ditinjau dari motivasi belajar siswa kelas VIII Materi Gaya. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1), 11-18.
Prasetyono, R. N. (2017). Miskonsepsi mahasiswa teknik informatika pada materi kelistrikan. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 1(1), 62–71.
Purwanto, A. (2015). Sistematika berfikir logis menggunakan media simulasi Fisika pada siswa kelas X di SMA Negeri 6 Kota Bengkulu. In Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) (Vol. 4 pp SNF2015-I).
Sakti, I., Puspasari, Y. M., & Risdianto, E. (2012). Pengaruh model pembalajaran langsung (direct instruction) melalui media animasi berbasis macromedia flash terhadap minat belajar dan pemahaman konsep fisika siswa di SMA Plus Negeri 7 Kota Bengkulu. EXACTA, 10(1), 1-10.
Sarabando, C., Cravino, J. P., & Soares, A. A. (2014). Contribution of a computer simulation to students’ learning of the physics concepts of weight and mass. Procedia Technology, 13 (2014): 112-121. https://doi.org/10.1016/j.protcy.2014.02.015
Saregar, A. (2016). Pembelajaran pengantar fisika kuantum dengan memanfaatkan media Phet simulation dan LKM melalui pendekatan saintifik: dampak pada minat dan penguasaan konsep mahasiswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 53-60. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.105
Serway, & Jewett. (2014). Physics for scientists and engineers with modern physics.Stamford: Cengage Learning.
Setiawan, A. (2006). Pengantar metode numerik. Semarang: Andi.
Sudibjo, W. A. (2013). Penggunaan media pembelajaran fisika dengan e-learning berbasis Edmodo blog education pada materi alat optik untuk meningkatkan respon motivasi dan hasil belajar siswa di SMP Negeri 4 Surabaya. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 2(3), 187-190.
Supardi, & dkk. (2015). Pengembangan media pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar fisika. Jurnal Formatif, 2(1), 71-81.
Wahyudin, -, Sutikno, -, & Isa, A. (2010). Keefektifan pembelajaran berbantuan multimedia menggunakan metode inkuiri terbimbing untuk meningkatkan minat dan pemahaman siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia (Indonesian Journal of Physics Education), 6(1), 58-62. https://doi.org/10.15294/JPFI.V6I1.1105
Wicaksono, D. S., & Hakim, F. N. (2013). Media pembelajaran fisika interaktif bahasan kapasitor berbasis Flash dan XML. Speed-Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 3(2). 47-54.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.