Instrumen Tes Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Berbasis PISA’s Literacy bagi Siswa Sekolah Dasar

  • Andi Wibowo Prodi PGSD, FPIP Universitas Islam Raden Rahmat, Malang, Indonesia
  • Tety Nur Cholifah Prodi PGSD, FPIP Universitas Islam Raden Rahmat, Malang, Indonesia

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan instrumen tes tematik terpadu yang valid dan reliabel untuk mengukur hasil belajar siswa. Penelitian ini mengadaptasi model R&D Borg & Gall. Teknik sampling yang digunakan adalah proportionate stratified random sampling dengan strata akreditasi sekolah dan status sekolah. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV sekolah dasar di Kabupaten Malang sebanyak 267 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, angket, observasi, dan tes. Data hasil validasi dianalisis menggunakan konversi skor skala 4, sedangkan validitas empiris dan reliabilitas dianalisis dengan menggunakan software Ministep (Winsteps) Rasch Model  dan software SPSS 16. Hasil penelitian ini adalah paket instrumen tes tematik terpadu berbasis Kurikulum 2013 dan PISA’ literacy yang valid dan reliabel terdiri dari 36 soal dinyatakan valid dan reliabel, sedangkan 4 soal lainnya tidak valid.


 


Integrated Thematic Test Instruments Based on PISA’s Literacy And 2013 Curriculum For Elementary Student


Abstract


The aims of this study was to produce a valid and reliable integrated thematic test instrument to measure student learning outcomes. This study adapted the R & D model Borg & Gall. The sampling technique used was proportionate stratified random sampling with school accreditation strata and school status. The research subjects were 267 grade IV elementary school students in Malang Regency. Data collection techniques were interview, questionnaire, observation, and test techniques. Validation data were analyzed using 4 score conversion scale, while empirical and reliability validity was analyzed using Ministep (Winsteps) Rasch Model software and SPSS 16 software. The results of this study were packages of integrated thematic test instruments based on 2013 curriculum and PISA 'literacy that were valid and reliable consists of 36 items declared valid and reliable, while 4 other items are invalid.

References

Arikunto, S. (2013). Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Borg, W.R. & Gall, M.D. (1983). Educational research. New York: Longman.

Dewi, N.W.B.S., Kristiantari, M.G.R., & Negara, I.G.A.O. (2014). Model tematik bernuansa kearifan lokal berbantuan media animasi berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas III SD Negeri gugus kapten japa. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2 (1): 1 10. Online: http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/viewFile/3065/2538.

Diana, S., Rachmatulloh, A., & Rahmawati, E. S. (2015). Profil kemampuan literasi sains siswa SMA berdasarkan instrumen Scientific Literacy Assesments (SLA). Disampaikan pada Seminar Nasional XII Pendidikan Biologi FKIP UNS, 8 Agustus. Surakarta.

Juwono, I.D. (2016). Analisis pembelajaran literasi pada buku paket kelas 1 dalam kurikulum 2013. Widya Dharma Jurnal Kependidikan, 28 (2): 145 164. Online: http://e journal.usd.ac.id/index.php/WidyaDharma/article/view/902/711.

Kusmaharti, D., & Prayitno, L. L. (2017). Analisis kesulitan guru SD di Kabupaten Sumenep dalam mengajarkan tema pada Kurikulum 2013. INOVASI, XIX (1): 24 32. online: http://fbs.uwks.ac.id.

Kusumastuti, A., Sudiyanto, & Octoria, D. (2016). Faktor-faktor penghambat guru dalam melaksanakan Kurikulum 2013 pada pembelajaran akuntansi di SMK Negeri 3 Surakarta. Jurnal Tata Arta UNS, 2 (1): 118 133. Online: http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/tataarta/article/download/7876/5722.

Kusmana, S. (2017). Pengembangan literasi dalam kurikulum pendidikan dasar dan menengah. Diglosia-Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia, 1 (1): 140 150. Online: http://jurnal.unma.ac.id/index.php/dl/article/download/520/486.

Mahdiansyah & Rahmawati. (2014). Literasi matematika siswa pendidikan menengah: analisis menggunakan desain tes internasional dengan konteks Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 20 (4): 452 469. Online: http://repositori.perpustakaan.kemdikbud.go.id/540/1/2.mahdiansyah.pdf.

Maisyaroh, Zulkarnain, W., Setyowati, A. J., & Mahanal, S. (2014). Masalah guru dalam implementasi kurikulum 2013 dan kerangka model supervisi pengajaran. Jurnal Manajemen Pendidikan, 24 (3): 213-220. Online: http://ap.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2015/05/volume-24-no.-337-44.pdf.

Mardapi, D. (2008). Teknik penyusunan instrumen tes dan nontes. Yogyakarta: Mitra Cendekia Offset.

Margaretha, F., & Pambudhi, R. A. (2015). Tingkat literasi keuangan pada mahasiswa S 1 Fakultas Ekonomi. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 17 (1): 76 85. Online: http://jurnalmanajemen.petra.ac.id/index.php/man/article/view/19232/18791.

Mendikbud. (2018). Desain induk gerakan literasi sekolah. Jakarta: Ditjend Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud.

Muhith, A. (2018). Problematika pembelajaran tematik terpadu di MIN III bondowoso. Indonesian Journal of Islamic Teaching, 1 (1): 45 61. Online: http://ejournal.pascasarjana iainjember.id/index.php/IJIT/article/download/23/3/&prev=search.

Murwindra, R., Yuhelman, N., Musdansi , D.P. (2017). Implementasi Kurikulum 2013 pada pembelajaran kimia di SMKN 1 Teluk Kuantan. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 1 (1): 51-61.

Nurwahidah, I. (2017). Penggunaan asesmen pembelajaran IPA bagi siswa Visual Impairment di SLB Jawa Tengah. Jurnal Pendidikan IPA Veteran, 1 (1): 39-50.

OECD/PISA. (2016a). PISA 2015 assessment and analytical framework: science, reading, mathematic and financial literacy. Paris: OECD Publishing.

OECD/PISA. (2016b). PISA 2018 draft analytical frameworks. Paris: OECD Publishing.
Rohmawati. (2013). Kurikulum 2013, 87 persen guru kesulitan cara penilaian. Diunduh 1 Juni 2017, dari: http://unnes.ac.id/berita/87 persen guru kesulitan-soal-penilaian-kurikulum-2013/.

Setyowati, Siswandari, & Octoria, D. (2014). Analisis kompetensi pedagogik guru dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 mata pelajaran produktif kelompok keahlian akuntansi di SMK Negeri 6 Surakarta. Jupe UNS, 2 (3): 312 322. Online: https://media.neliti.com/media/publications/13585-ID-analisis-kompetensi-pedagogik-guru-dalam-pelaksanaan-kurikulum-2013-mata-pelajar.pdf.

Sumintono, B., & Widhiarso, W. (2013). Aplikasi model Rasch: untuk penelitian ilmu-ilmu sosial. Cimahi: Tim Komunikata Publishing House.

Suyono, Harsiati, T., & Wulandari, I.S. (2017). Implementasi gerakan literasi sekolah pada pembelajaran tematik di sekolah dasar. Jurnal Sekolah Dasar, 26 (2): 116 123. Online: http://journal2.um.ac.id/index.php/sd/article/download/3050/pdf.

Triadi, R. B., & Pujiati, T. (2017). Kesulitan menyimak dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. LITERASI, Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, 7 (1): 41 52. Online: https://journal.unpas.ac.id/index.php/literasi/article/view/277/148.

Widoyoko, E.P. (2014). Evaluasi program pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Published
2018-11-30
How to Cite
WIBOWO, Andi; CHOLIFAH, Tety Nur. Instrumen Tes Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Berbasis PISA’s Literacy bagi Siswa Sekolah Dasar. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), [S.l.], v. 2, n. 2, p. 209-221, nov. 2018. ISSN 2598-0904. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/jipva/article/view/726>. Date accessed: 06 july 2025. doi: https://doi.org/10.31331/jipva.v2i2.726.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.