Program semester antara: efektivitasnya terhadap penguasaan konsep mahasiswa pada matakuliah kimia dasar
Abstract
Kimia dasar merupakan salah satu matakuliah wajib yang mengkaji konsep-konsep kimia esensial yang harus dikuasai oleh mahasiswa calon guru kimia agar menjadi guru kimia profesional dan kompeten. Rendahnya nilai matakuliah Kimia Dasar menuntut Universitas untuk membuka progam perkuliahan semester antara. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efektivitas program semester antara terhadap penguasaan konsep mahasiswa pada matakuliah Kimia Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah mahasiswa program studi pendidikan kimia yang berjumlah 31 orang. Instrumen yang digunakan untuk menjaring informasi adalah tes esai dan kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil tes dan kuesioner menunjukkan bahwa program perkuliahan semester antara dapat meningkatkan penguasaan konsep mahasiswa pada matakuliah kimia dasar. Hal tersebut dapat dilihat pada perolehan nilai rata-rata UTS sebesar 63.5 (kategori cukup) dan UAS sebesar 74.0 (kategori baik) dan berdasarkan hasil kuesioner menujukan bahwa mahasiswa memberikan respon positif terhadap pelaksanaan program ini.Kimia dasar merupakan salah satu matakuliah wajib yang mengkaji konsep-konsep kimia esensial yang harus dikuasai oleh mahasiswa calon guru kimia agar menjadi guru kimia profesional dan kompeten. Rendahnya nilai matakuliah Kimia Dasar menuntut Universitas untuk membuka progam perkuliahan semester antara. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efektivitas program semester antara terhadap penguasaan konsep mahasiswa pada matakuliah Kimia Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah mahasiswa program studi pendidikan kimia yang berjumlah 31 orang. Instrumen yang digunakan untuk menjaring informasi adalah tes esai dan kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil tes dan kuesioner menunjukkan bahwa program perkuliahan semester antara dapat meningkatkan penguasaan konsep mahasiswa pada matakuliah kimia dasar. Hal tersebut dapat dilihat pada perolehan nilai rata-rata UTS sebesar 63.5 (kategori cukup) dan UAS sebesar 74.0 (kategori baik) dan berdasarkan hasil kuesioner menujukan bahwa mahasiswa memberikan respon positif terhadap pelaksanaan program ini.
References
Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi 3). Jakarta: Bumi Aksara.
Atika, A., & Kamaruzzaman, K. (2014). Hubungan keterampilan kognitif dengan kemampuan mewujudkan gagasan pada mahasiswa semester pendek program studi BK STKIP-PGRI Pontianak tahun 2011/2012. Sosial
Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 1(1), 13–22.
Berlianti, N. A. (2016). Perbaikan kualitas pembelajaran ilmu pengetahuan lingkungan melalui metode presentasi dan diskusi kelas. Ed-Humanistics: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2).
Buaton, R., Sihombing, A., Aritonang, F. D., & Wijaya, C. R. (2018). Data mining untuk menentukan korelasi (confidence dan support) jurusan siswa pada tingkat sekolah menengah terhadap indeks prestasi kumulatif (IPK) di perguruan tinggi sebagai solusi tepat pemilihan program studi di perguruan tinggi. JSIK (Jurnal Sistem Informasi Kaputama), 1(2), 1–13.
Devi, P. K. (2010). Metode-metode dalam Pembelajaran IPA untuk Guru SD. Jakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (PPPPTK IPA).
Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan. (2018). Buku panduan penyusunan kurikulum pendidikan tinggi. Jakarta: Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi.
Eliyarti, E., & Rahayu, C. (2019). Tinjauan motivasi berprestasi mahasiswa teknik dalam perkuliahan kimia dasar. Jurnal Pendidikan Glasser, 3(2), 196–204. https://doi.org/10.32529/glasser.v%vi%i.342
Firmansyah, R. (2014). Efektivitas semester pendek terhadap perbaikan nilai matakuliah pada mahasiswa program studi S1 pendidikan teknik bangunan. Fakultas Teknik UM.
Hasyim, N., Mulya, A. S., & Wahyono, S. (2015). Penerapan model pendidikan inklusi berbasis potensi peserta didik bagi mahasiswa lamban belajar Politeknik Negeri Jakarta. Epigram, 12(1), 21–26.
Himmi, N. (2017). Korelasi self efficacy terhadap kemampuan penalaran matematis mahasiswa semester pendek mata kuliah trigonometri UNRIKA. PYTHAGORAS, 6(20), 143–150.
Kemenristekdikti. (2015). Peraturan menteri riset teknologi pendidikan tinggi nomor 44 tahun 2015 tentang KKNI.
Kurikulum TI Unpas. (2018). Retrieved from https://ti.unpas.ac.id/kurikulum/
Mitasari, Z., & Prasetiyo, N. A. (2016). Penerapan metode diskusi-presentasi dipadu analisis kritis artikel melalui lesson study untuk meningkatkan pemahaman konsep, kemampuan berpikir kritis, dan komunikasi. Jurnal Bioedukatika, 4(1), 11–14.
Nugraheni, D., & Winarni, D. S. (2018). Pengembangan bahan ajar science teacherpreneurship berbasis karakter bagi mahasiswa pendidikan IPA. Prosiding Seminar Nasional Dan Entrepreneurship VI Tahun 2019, 1–5.
Pathoni, H. (2015). Peningkatan pemahaman konsep fisika dan aktifitas mahasiswa dengan model pembelajaran inquiry terbimbing media animasi. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 2(2), 119–122.
Permana, T. I., Hindun, I., Rofiah, N. L., & Azizah, A. S. N. (2019). Critical thinking skills?: The academic ability , mastering concepts , and analytical skill of undergraduate students. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 5(1), 1–8. https://doi.org/10.22219/jpbi.v5i1.7626
Prasetya, F. B., Subandi, S., & Munzil, M. (2017). Pengaruh representasi mikroskopik dinamik dan statik melalui strategi react terhadap hasil belajar dan motivasi belajar mahasiswa pada materi elektrokimia. Jurnal Pembelajaran Sains, 1(2), 26–33. https://doi.org/10.17977/um033v1i2p26-33
Prasetyono, R. N. (2017). Miskonsepsi mahasiswa teknik informatika pada materi kelistrikan. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 1(35), 1–8. https://doi.org/10.31331/jipva.v1i1.516
Ristiyani, E., & Bahriah, E. S. (2016). Analisis kesulitan belajar kimia siswa di SMAN X Kota Tangerang Selatan. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 2(1), 18–29.
Sari, D. S., & Sugiyarto, K. H. (2015). Pengembangan multimedia berbasis masalah untuk meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 1(2), 153. https://doi.org/10.21831/jipi.v1i2.7501
Sari, D. S., & Wulanda, M. N. (2019). Pengembangan lembar kerja mahasiswa berbasis proyek dalam meningkatkan kemampuan berfikir kreatif mahasiswa. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 6(1), 20–33. https://doi.org/10.30738/natural.v6i1.4073
Seery, M. K. (2015). Research and Practice Flipped learning in higher education chemistry?: emerging trends and potential directions. Chemistry Education Research and Practice, 16, 758–768. https://doi.org/10.1039/c5rp00136f
Sudiana, I. K. (2012). Upaya pengembangan soft skills melalui implementasi model pembelajaran kooperatif untuk peningkatan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa pada pembelajaran kimia dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(2), 91–101.
Sukardi, S. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Sulistiana, D. (2018). Analisis gaya belajar mahasiswa dan hubungannya dengan hasil belajar kimia dasar mahasiswa program studi ilmu ternak fakultas peternakan Universitas Islam Balitar semester ganjil tahun akademik 2016-2017. KONSTRUKTIVISME, 10(1), 84–97.
Susbiyanto, S., & Wilujeng, I. (2013). Pengembangan perangkat IPA berbasis kurikulum 2013 untuk meningkatkan keterampilan proses, kejujuran, dan tanggung jawab. Jurnal Pendidikan Karakter, VI(1), 86–103. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.10735
Syofyan, H. (2018). Analisis gaya belajar dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar IPA. Jurnal Eduscience, 3(2), 76–85.
Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. (2018). Prosedur Proses Perkuliahan (PPK) Semester Pendek Peraturan Rektor UNTIRTA no. 04 tahun 2018 Tentang penyeenggaraan Semester Antara Tahun 2018.
Widiyawati, Y., & Nurwahidah, I. (2018). Elclivs berbasis inquiry untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa tuna netra pada materi rangkaian listrik. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(2), 212–223.
Widiyawati, Y., Nurwahidah, I., & Sari, D. S. (2019). Pengembangan instrumen integrated science test tipe pilihan ganda beralasan untuk mengukur HOTS peserta didik. Saintifika, 21(2), 1–14. Retrieved from https://jurnal.unej.ac.id/index.php/STF/article/view/13394
Wulandari, P., Widiyawati, Y., & Sari, D. S. (2019). Pengembangan LKPD berbasis nature of science untuk meningkatkan keterampilan proses sains. Saintifika, 21(2), 23–34. https://doi.org/10.19184/saintifika.v21i2.13562.
Yulina, I. K., Permanasari, A., Hernani, H., & Setiawan, W. (2019). Analytical thinking skill profile and perception of pre service chemistry teachers in analytical chemistry learning. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series, 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/11574/042046
Zammi, M., Susilaningsih, E., & Supardi, K. I. (2018). Jurnal Profesi Keguruan. Jurnal Profesi Keguruan, 4(1), 37–41.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.