Model project based learning (PjBL) untuk meningkatkan sikap tanggung jawab ilmiah peserta didik di kelas tinggi
Abstract
Sikap tanggung jawab ilmiah harus dikembangkan dalam diri peserta didik pada pembelajaran kurikulum 2013. Tujuan penelitian ini adalah menginvestigasi pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk meningkatkan sikap tanggung jawab ilmiah peserta didik di kelas tinggi pada mata pelajaran IPA. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di kelas IV-A SD IT AL Khoiriyah Al Husna Kabupaten Sukabumi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik non tes (wawancara, lembar observasi sikap tanggung jawab ilmiah peserta didik dan Catatan Lapangan) serta dokumentasi kegiatan penelitian. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian awal atau pra siklus tindakan menunjukkan nilai rata-rata sikap tanggung jawab ilmiah peserta didik hanya 68 % kemudian meningkat menjadi 79% pada siklus I dan 93% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan sikap tanggung jawa ilmiah peserta didik di kelas tinggi.
References
Baran, M., & Maskan, A. (2011). The effect of project-based learning on pre-service physics teachers electrostatic achievements. Cypriot Journal of Educational Sciences, 5(4), 243–257.
Daryanto, D., & Cahyono, A. D. (2014). Pengembangan perangkat pembelajaran (silabus, RPP, PHB, bahan ajar). Yogyakarta: Gava Media.
Devianti, I., Suid, A. B., & Elly, R. (2017). Efektivitas metode pemberian tugas pada pembelajaran IPA di SD Negeri Garot Geuceu Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(4), 36–42.
DeWitt, D., Siraj, S., & Alias, N. (2014). Collaborative mLearning: a module for learning secondary school science. Journal of Educational Technology & Society, 17(1), 89–101. Retrieved from http://www.jstor.org/stable/jeductechsoci.17.1.89
Haris, I. N. (2017). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap sikap tanggung jawab. BIORMATIKA, 4(2), 2461–3961.
Hendracipta, N. (2016). Menumbuhkan sikap ilmiah siswa Sekolah Dasar melalui pembelajaran IPA berbasis inkuiri. JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 2(1), 109–116. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/jpsd.v2i1.672.g527
Hidayati, D. W. (2017). Diagnosa kesulitan metacognitive awareness terhadap proses pemecahan masalah matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 206–217. https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i2.503
Kusumaningrum, S., & Djukri, D. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran model project based learning (PjBL) untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan kreativitas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 241. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.5557
Lestari, P., Setiawan, A., & Puspitaningrum, A. (2019). Urgensi habituasi nilai karakter kemandirian dan tanggung jawab peserta didik Sekolah Menengah Keguruan. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 4(2), 114–119. https://doi.org/10.23887/jiis.v4i2.16525
Lickona, T. (2013). Pendidikan karakter (panduan lengkap mendidik siswa menjadi pintar dan baik). Bandung: Penerbit Nusa Media.
Listiani, S. H., & Purwanto, A. (2018). Penerapan model pembelajaran project based learning dengan pemanfaatan ilmiah siswa. Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar 2018, 24–29. Retrieved from http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/psdpd/article/view/9939/6524
Murni, S. (2016). Meningkatkan hasil Belajar IPA, sikap tanggung jawab Dan kerjasama melalui model problem based learning. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(29), 2781–2789.
Noordin, M. K., Nasir, A. N., Ali, D. F., & Nordin, M. S. (2011). Problem-Based Learning (PBL) and Project-Based Learning (PjBL) in engineering education: a comparison. Proceedings of the IETEC’11 Conference, 11. Retrieved from https://educ.utm.my/dayanafarzeeha/files/2012/10/PROBLEM-BASED-LEARNING-PBL.pdf%0Ahttp://educ.utm.my/dayanafarzeeha/files/2012/10/PROBLEM-BASED-LEARNING-PBL.pdf
Nursa’ban, M. (2013). Peningkatan sikap tanggung jawab dan kemandirian belajar mahasiswa melalui metode tutorial di jurusan pendidikan geografi. Cakrawala Pendidikan, 32(3), 432–443.
Nurwahidah, I., Sarwi, S., & Handayani, L. (2012). Penerapan model pembelajaran reciprocal teaching berbasis kooperatif untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika siswa kelas X. UPEJ (Unnes Physics Education Journal), 1(2), 53–59. https://doi.org/10.15294/upej.v1i2.1366
Prastowo, A. (2012). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Pratama, H., & Prastyaningrum, I. (2016). Pengaruh model pembelajaran project based learning berbantuan media pembelajaran pembangkit listrik tenaga mikrohidro terhadap kemampuan berpikir kritis. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 6(2), 44–50.
Safitri, S. ., & Budhi, W. (2017). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar IPA ditinjau dari kemandirian belajar siswa. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 4(2), 34–40. https://doi.org/10.30738/natural.v4i2.1852
Sari, D. S., & Wulanda, M. N. (2019). Pengembangan lembar kerja mahasiswa berbasis proyek dalam meningkatkan kemampuan berfikir kreatif mahasiswa. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 6(1), 20–33. https://doi.org/10.30738/natural.v6i1.4073
Siwa, I., Muderawan, I. W., & Tika, I. N. (2013). Pembelajaran kimia terhadap keterampilan proses sains ditinjau dari gaya kognitif siswa. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3(3), 1–13.
Sudrajat, A. (2011). Mengapa pendidikan karakter? Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1), 47–58. https://doi.org/10.21831/jpk.v1i1.1316
Sulistyowati, D., Putri, S. U., & Sumiati, T. (2011). Pengaruh penerapan metode inkuiri terhadap sikap ilmiah siswa pada pembelajaran IPA sekolah dasar. Metode Dikdaktik, 11(1), 30–40. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/md.v11i1.3784
Susbiyanto, S., & Wilujeng, I. (2013). Pengembangan perangkat IPA berbasis kurikulum 2013 untuk meningkatkan keterampilan proses, kejujuran, dan tanggung jawab. Jurnal Pendidikan Karakter, VI(1), 86–103. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.10735
Susilawati, E., & Agustinasari, A. (2017). Implementasi project based learning berbasis potensi lokal untuk meningkatkan keterampilan proses sains mahasiswa pendidikan fisika. Jurnal Pendidikan MIPA, 7(1), 43–47.
Toharudin, U., Hendrawati, S., & Rustaman, A. (2011). Membangun literasi sains peserta didik. Bandung: Humaniora.
Wahyuni, A., & Kurniawan, P. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Mahasiswa Berbasis ICT pada Mata Kuliah Kalkulus Lanjut. Journal of Medives?: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2), 237. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i2.769
Widani, N. K. T., Sudana, D. N., & Agustiana, I. G. A. (2019). Pengaruh model pembelajaran inkuiri sikap ilmiah pada siswa kelas V SD Gugus I Kecamatan Nusa Penida. Journal of Education Technology, 3(1), 15–21.
Wulandari, N., & Sholihin, H. (2015). Penerapan model problem based learning ( PBL ) pada pembelajaran IPA terpadu untuk meningkatkan aspek sikap literasi sains siswa SMP. Prosiding Simposium Nasional Inovasi Dan Pembelajaran Sains 2015 (SNIPS 2015), 2015, 437–440.
Wulandari, P., Widiyawati, Y., & Sari, D. S. (2019). Pengembangan LKPD berbasis nature of science untuk meningkatkan keterampilan proses sains. Saintifika, 21(2), 23–34. https://doi.org/10.19184/saintifika.v21i2.13562.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.