Pendidikan Kejuruan Berbasis Kearifan Lokal Solusi Atasi Pengangguran di Indonesia
Abstract
Sekolah Menengah kejuruan belum mapu membuat lulusan bekerja sesuai dengan kompetensinya. Perekonomian Indonesia pada ekonomi kreatif berbasis masyarakat yang mengangkat potensi lokal dan bersifat inovatif perlu adanya dukungan sektor pendidikan melalui pelajaran keterampilan dan kewirausahaan sebagai suatu upaya untuk mengantisipasi pengangguran agar bisa menciptakan lapangan pekerjaan sendiri. Pendidikan kejuruan dengan mengembangkan dimensi yang ada pada kearifan lokal dapat menjadikan siswa sekolah kejuruan menjadi wirausaha merupakan solusi atasi pengangguran dengan suatu upaya untuk mengantisipasi pengangguran agar bisa menciptakan lapangan pekerjaan sendiri.
References
Vina Fadhrotul Mukaromah "Saat SMK Menjadi Pemasok Angka Pengangguran Tertinggi di Indonesia...", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/tren/read/2019/12/11/201355565/saat-smk-menjadi-pemasok-angka-pengangguran-tertinggi-di-indonesia.
Waduh! Pengangguran di RI Paling Banyak Lulusan SMK (cnbcindonesia.com)
Iro-Idoro, C. B., & Jimoh, I. B. (2017). Entrepreneurship education and self-efficacy: Strategies for reducing unemployment problem among Nigerian graduates. IOSR Journal Of Humanities And Social Science (IOSR-JHSS), 22(12), 34-39.
Tahir, T., & Hasan, M. (2019, March). Vocational High School Student Entrepreneurship Competency Based on Local Wisdom. In First International Conference on Materials Engineering and Management-Management Section (ICMEMm 2018) (pp. 135-138). Atlantis Press.
Prosser, C. A. dan Quigley, T. H. (1950). Vocational Education in a Democracy. Revised Edition. Chicago: American Technical Society
Hasibuan, Ph.D., Zainal A. (2007) METODOLOGI PENELITIAN PADA BIDANG ILMU KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI; Konsep, Teknik, dan Aplikasi. Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia:Depok
Agusta, Yudi, 2008, TIPS: Pembuatan Literature Review, http://yudiagusta.wordpress.com/2008/04/08/tips-pembuatan-literature-review
Fajarini, U. (2014). Peranan kearifan lokal dalam pendidikan karakter. SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 1(2), 123-130.
Alfian, M. (2013, July). Potensi kearifan lokal dalam pembentukan jati diri dan karakter bangsa. In Prosiding The 5th International Conference on Indonesian Studies:“Ethnicity and Globalization” di Jogyakarta, Tanggal (pp. 13-14).
Jim Ife. 2002. Community Development, Creating Community Alternatif Vision Analysis and Practice. Australia : Longmann.
Endah Rosita, T. (2018). PERAN KEARIFAN LOKAL MASYARAKAT OSING DALAM MEMBANGUN KETAHANAN PANGAN MELALUI PERTANIAN ORGANIK (Studi Kasus pada Masyarakat Osing di Desa Aliyan, Kecamatan Rogojampi, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur).
Rusdiana. 2014. Kewirausahaan Teori dan Praktik. Bandung: CV Pustaka Setia.
Komara, E., & Adiraharja, M. I. (2020). Integrasi Nilai-nilai Kearifan Lokal dalam Pembelajaran Kewirausahaan di SMK Negeri 10 Kota Bandung. MIMBAR PENDIDIKAN, 5(2), 117-130.
Sukardi, S., Ismail, M., & Suryanti, N. M. N. (2014) Model Pendidikan Kewirausahaan Berbasis Keterampilan Lokalbagi Anak Putus Sekolah pada Masyarakat Marginal. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 33(3).
Karyaningsih, I. (2020). PENGHIMPUNAN PENGETAHUAN KETERAMPILAN LOKAL PEMBUATAN KERUPUK MENUJU DESA KERTAWANA KECAMATAN KALIMANGGIS SEBAGAI SENTRA KERUPUK. Empowerment: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(01).
Lia, N., Syamwil, R., & Widayani, S. (2017). Model Pembelajaran Keterampilan Vokasional Berbasis Potensi Lokal di SMA Wilayah Kalimantan. Journal of Vocational and Career Education, 2(2).
Dr. Patta Rapanna, S.E., M.Si.(2016) .Membumikan Kearifan Lokal Menuju Kemandirian Ekonomi: Makasar, Sah Media