Analisis Sistem Informasi Toko Online Matahari.com dengan Menggunakan Competitive Forces and Strategy
Abstract
Tujuan dari penulisan ini adalah untuk memberikan analisis sistem informasi yang dilakukan oleh www.matahari.com. Model bisnis Matahari.com adalah E-commerceyang menawarkan model berbelanja secara online dengan strategi yang berbeda dengan lainnya. Matahari.com merupakan E-commerce pertama di Asia Tenggara yang mengadopsi sistem belanja "O2O" (online-to-offline dan offline-to-online), yang memungkinkan para pelanggannya untuk membayar, mengambil, atau mengembalikan produk di ratusan cabang Matahari Department Store di seluruh Indonesia. Metode yang digunakan dalam analisis ini adalah pemodelan Competitive Forces and Strategy yang dikembangkan pertama kali oleh O’Brien dan Marakas. Pengumpulan data menggunakan studi pustaka yaitu: artikel, blog dan website dari matahari.com serta analisis pembanding dengan toko online lain. Kekuatan kompetitif paling kuat yaitu penawaran pembeli dan persaingan diantara perusahaan yang sudah ada. Strategi kompetitif yang dilakukan oleh Matahari.com melakukan lima strategi yang ada untuk menghadapi kekuatan kompetitif tersebut
References
[2] E. Soliha, “Analisis Industri Ritel di Indonesia”, Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE), September 2008, hlm. 128-142, Vol. 15, Nomor 2, 2008.
[3] Emarkerter Inc. (2014). Global B2C Ecommerce Sales to Hit $1.5 Trillion This Year Driven by Growth in Emerging Markets. Retrieved May 7th, 2015
[4] Indotelko.com, Kamis, 11 Februari 2016 (MatahariMall Dekati Sentra UKM)
[5] J. A. O'Brien, Marakas, George M. 2007. Introduction to information systems - Fifteenth ed, 15th Edition ed. New York: McGraw-Hill.
[6] Jogiyanto, Hartono. 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi Pendekatan Terstruktur teori dan Praktek Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: Andi.
[7] Money.id, Jumat, 22 Januari 2016 (Matahari Department Store Kuasai 10 Persen Saham MatahariMall.com)
[8] Nugroho, Adi. 2006. e-Commerce; Memahami Perdagangan Modern di Dunia Maya. Bandung: Informatika Bandung.
[9] Oetomo, Budi Sutedjo Dharma. 2002. Perencanaan & Pembangunan Sistem Informasi, Andi Offset: Yogyakarta.
[10] Porter, Michael E. (1980), Competitive Strategy-Techniques for Analyzing Industries and Competitors, The Free Press.
[11] Propertynbank.com, Senin, 1 Maret 2016, (Kantor ‘Homme’ Pendukung Inovasi Matahari Mall
[12] Purbo, Onno W. Wahyudi, Aang Arif . 2001. Mengenal e-commerce. Elex Media Komputindo: Jakarta.
[13] Puspito, Herman. Ada 100 Juta Pengguna Internet di Indonesia di Tahun 2014. www.portalpengusaha.com. Diakses 30 Juni 2014
[14] Quthni, D. 2006. E-Commerce, (http://www.piksiinputserang.ac.id). Diakses 30 Juni 2014
[15] R. Rahmidani, “Penggunaan E-commercedalam Bisnis sebagai Sumber Keunggulan Bersaing Perusahaan”, Book of Proceedings published by UNP, 2015, ISBN: 978-602-17129-5-5.
[16] S. Asrul, “Penerapan dan Implementasi E-commercedi PT Telkomsel”, Magister Manajemen dan Bisnis IPB, 2011.
[17] Sutrisno, J. 2011. Strategi Pengembangan Teknologi E-commerceDengan Metode SWOT : Studi Kasus PT. Chingmix Berhan Sejahtera. Jurnal Telematika Mkom, Vol.3 No.2, September 2011.
[18] trustedcompany.com.id, “Trusted Company”, 2016
[19] __________ https://www.matahari.com/ diakses 26 Juli 2022