Penerapan Hukum Kirchhoff dan Hukum Ohm pada Analisis Rangkaian Listrik Menggunakan Software Electronics Workbench
Abstract
Mata kuliah rangkaian listrik menuntut mahasiswa untuk berpikir analitis dalam memahami konteks permasalahan yang terdapat di dalam rangakaian listrik. Penggunaan rumus dengan proses perhitungan yang cukup panjang serta banyaknya persamaan matematis yang digunakan untuk menganalisis rangkaian listrik menjadikan mahasiswa merasa kesulitan dalam mempelajari mata kuliah rangkaian listrik. Untuk membantu proses berpikir analitis mahasiswa, maka penelitian ini bertujuan untuk menerapkan Hukum Kirchhoff dan Hukum Ohm pada metode analisis rangkaian listrik yang dilakukan dengan menggunakan simulasi software Electronics Workbench. Metode penelitian yang digunakan yaitu studi analisis deskriptif yang terdiri dari studi literatur, analisis, simulasi, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Hukum Kirchhoff dan Hukum Ohm dapat diaplikasikan untuk mempermudah dalam menganalisis suatu rangkaian listrik. Rangkaian listrik dapat dianalisis menggunakan metode analisis node dan metode analisis supernode. Metode analisis rangkaian listrik dapat disimulasikan menggunakan software Electronics Workbench yang berperan dalam membuktikan kebenaran dari hasil analisis yang sudah dilakukan sehingga dapat diimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran
References
[2] Nurullaeli, “Media Analisis Rangkaian Listrik Menggunakan Pendekatan Numerik Gauss-Jordan, Gauss-Seidel, dan Cramer,” Navig. Phys. J. Phys. Educ., vol. 2, no. 1, pp. 1–8, Jun. 2020.
[3] M. Ramdhani, Rangkaian Listrik. Jakarta: Erlangga, 2008.
[4] Wahyudi, “Analisis Hasil Belajar Mahasiswa pada Pokok Bahasan Hukum Ohm dan Kirchhoff dalam Matakuliah Elektronika Dasar I,” J. Pendidik. Fis. dan Teknol., vol. 1, no. 2, pp. 129–134, Apr. 2015.
[5] K. Anam and Y. Arnas, “Metoda Cramer untuk Solusi Analisa Rangkaian Listrik Menggunakan Scilab,” J. Ilm. Aviasi Langit Biru, vol. 12, no. 1, pp. 61–68, Feb. 2019.
[6] Mentari and J. B. Sinuraya, “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Berbantu Electronics Workbench Terhadap Hasil Belajar Fisika pada Materi Pokok Listrik Dinamis di Kelas X Semester II SMA Negeri 1 Binjai T.P. 2013/2014,” J. Inpaf, vol. 3, no. 2, pp. 107–114, May 2015.
[7] Islahudin and M. Isnaini, “Pemanfaatan Laboratorium Virtual Berbasis Software Electronics Workbench (EWB) untuk Menunjang Pemahaman Konsep Mahasiswa pada Mata Kuliah Elektronika Dasar I,” ORBITA J. Kajian, Inov. dan Apl. Pendidik. Fis., vol. 5, no. 2, pp. 96–100, Nov. 2019.
[8] M. Zulfadhly and Hambali, “Penerapan Media Electronic Workbench Simulator pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Elektronika di SMK N 5 Padang,” JTEV (Jurnal Tek. Elektro dan Vokasional), vol. 6, no. 2, pp. 352–360, Aug. 2020.
[9] S. N. Hutagalung, A. Yanny, and S. A. Hutabarat, “Pelatihan Electronics Workbench (EWB) Dalam Pembelajaran Fisika Bagi Siswa/i di SMA Citra Harapan Percut,” J. Soc. Responsib. Proj., vol. 1, no. 1, pp. 9–11, Jul. 2020.
[10] E. Yuni, Sulistyaning, and A. Chandra, “Perbedaan Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Inquiry Learning Berbasis Software EWB (Electronics Workbench) pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Terhadap Hasil Belajar Siswa,” JUPITER (Jurnal Pendidik. Tek. Elektro), vol. 4, no. 2, pp. 25–29, Sep. 2019.
[11] Islahudin, S. Khaerani, and Zulkarnain, “Pemanfaatan Laboratorium Virtual Berbasis EWB (Electronics Workbench) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Fisika Siswa IPA Kelas XII IPA MA NW Darussalimin Sengkol, Batukliang Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2018/2019,” ORBITA J. Kajian, Inov. dan Apl. Pendidik. Fis., vol. 4, no. 2, pp. 47–51, Nov. 2018.
[12] Kristina, T. Willay, and W. Hutagaul, “Penerapan Metode Eliminasi dan Substitusi pada Rancangan Aplikasi Penyelesaian Sistem Persamaan Linier,” J. InTekSis, vol. 7, no. 1, pp. 80–89, May 2020.