Pengunaan Shopee sebagai Media Promosi untuk Meningkatkan Daya Jual Produk sebagai Narahubung Sosial Marketing
Abstract
Berkembangnya internet masuk ke segala sektor salah satunya yaitu sistem penjualan yang dilakukan secara online atau yang sering disebut dengan e-commerce. Shopee merupakan salah satu aplikasi e-commerce yang paling banyak digunakan di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk melihat pengaruh aplikasi shopee untuk media promosi untuk meningkatkan daya jual produk dari segi penjual. Metode yang digunakan yaitu dengan mengumpulkan data dari penelitian terdahulu. Hasil yang diperoleh mengatakan bahwa shopee dapat dijadikan media promosi untuk meningkatkan daya jual produk sebagai narahubung sosial marketing. Hal ini dikarekan fitur yang dimiliki shopee sangat memudahkan penjual untuk melakukan promosi sehingga penjualan produk semakin tinggi. Namun perlu disadari bahwa aplikasi e-commerce akan terus berkembang seiring dengan kebutuhan pembeli dan penjual, sehingga shopee perlu untuk melaukan berbagai peningkatan agar dapat selalu dijadikan sebagai narahubung sosial marketing
References
[2] K. Nadhifah and N. Meyviani, “Situs Web E-Commerce Shopee,” 2018.
[3] M. Mariana, “Apa itu E-Commerce,” Universtas Pasundan, 2012.
[4] E. D. Nugraheni, “Peran Penggunaan Shopee sebagai Media Promosi Online Shop dalam Meningkatkan Laba Ditinjau dari Perspektif Ekonomi Islam,” Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, 2020.
[5] V. K. M. Putri, “7 Pengertian Perilaku Konsumen Menurut Para Ahli,” Kompas.com. 2022.
[6] A. Fauzan, “Niat Beli Kosumen Terhadap Sabun Lux Ditinjau Dari Kredibilitas Selebriti, Citra Visual Iklan Dan Citra Verbal Iklan,” no. 1991. pp. 17–43, 2017.
[7] S. Nurhaliza, “Analisis Kualitas Website E-Commerce Shopee Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Webqual 4.0 Di Batam,” Universitas Internasional Batam, 2015.
[8] N. Fatimah, “Tinjauan Fatwa DSN-MUI NO.117/DSN-MUI/II/2018 terhadap Praktik Pembayaran Produk secara Kredit menggunakan Fitur Pembayaran Shopee PayLater pada Aplikasi Shopee,” Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, 2021.
[9] Shopee, “Berbagai Fitur & Program Promosi di Shopee Live Pusat Edukasi Penjual Shopee Indonesia,” 2022.
[10] Shopee, “Berjualan di Shopee | Pusat Edukasi Penjual Shopee Indonesia.” 2022.
[11] D. J. Priansa and B. Suryawardani, “Effects of E-Marketing and Social Media Marketing on E-commerce Shopping Decisions,” J. Manaj. Indones., vol. 20, no. 1, pp. 76–82, 2020, doi: 10.25124/jmi.v20i1.2800.
[12] S. P. Dewi, “Analisis Tingkat Brand Loyalty pada Produk Detergen Merek DAIA di Kota Purbalingga,” Universitas Muhammadiyah Purwokerto, 2015.
[13] E. D. Krinawati, “Shoppe Sebagai Media Sosial Marketing,” pp. 1–13, 2021.
[14] V. A. Dihni, “10 E-Commerce dengan Pengunjung Terbanyak Kuartal I 2022,” Katadata, 2022.
[15] Shopee, “Tentang Shopee Live & Persiapan Streaming Pusat Edukasi Penjual Shopee Indonesia,” 2022.
[16] D. F. Hadi and K. Zakiah, “Strategi Digital Marketing Bagi Umkm (Usaha Mikro Kecil Dan Menengah) Untuk Bersaing Di Era Pandemi,” Competitive, vol. 16, no. 1, pp. 32–41, 2021.
[17] E. S. Sulistiyawati and A. Widayani, “Marketplace Shopee Sebagai Media Promosi Penjualan UMKM di Kota Blitar,” J. Pemasar. Kompetitif, vol. 4, no. 1, p. 133, 2020, doi: 10.32493/jpkpk.v4i1.7087.