Pengembangan Media Pembelajaran Informatika Menggunakan Google Classroom Pada Mata Pelajaran Al Qur'an Hadits
Abstract
Pengembangan media pembelajaran informatika menggunakan Google Classroom pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits memberikan sarana untuk menyediakan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa sehingga proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien. Gaya belajar berbantuan perangkat pembelajaran informatika berbasis google classroom diharapkan mampu membantu siswa untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam proses belajar. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan Google Classroom pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan pendekatan 4D dengan tahapan penelitian: 1)Define; 2)Design; 3)Develop; 4)Disseminate. Penelitian ini dilaksanakan di MTS Islam Pati kelas IX sejumlah 15 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menggunakan pre-test dan post-test. Adapun langkah yang dilakukan dalam penelitian meliputi pembuatan, pengembangan dan penerapan media pembelajaran. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa sebesar 2,53% sehingga dianggap memberikan dampak positif terhadap siswa dan layak untuk digunakan media pembelajaran pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits
References
[2] Bali, M. M. E. I. (2019b). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Distance Learning. Tarbiyatuna, 3(1), 29-40.
[3] Bali, M. M. E. I., Zuhri, R. A. A., & Agustini, F. (2019). RAGAM MEDIA PEMBELAJARAN: Desain Produksi dan Implementasinya di Madrasah Ibtidaiyah. Pustaka Nurja. https://doi.org/9786025318894
[4] Kuswanto, J. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Android Mata Pelajaran Desain Grafis kelas X. Dutic, 6(2), 79-84.
[5] Marzal, J. (2013). Pengembangan Skill dan Kompetensi TIK Guru Matematika dan IPA Kota Jambi Melalui E-Tutorial Berbasis Kebutuhan Guru (Teacher’s Need). Jurnal Tekno-Pedagogi, 3(1).
[6] Nuryani, P. (2015). The Application of Cooperative Learning Model in Pedagogic Course. EDUTECH, 14(1), 68-86.
[7] Pusanda Hatta, A. A. P. E. S. W. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Materi Routing Statis. Ilmiah Edutic, 6(1), 33-38.
[8] Qurrohman, M. T., Sungkar, M. S., & Abidin, T. (2019). Pengembangan Aplikasi Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Android. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 6(2), 475-513.
[9] Rosadi, M. E., & Purnomo, I. I. (2018). Rancang Bangun Media Pembelajaran Seni Dan Budaya Suku Banjar Berbasis Augmented Reality. Jurnal JTIULM, 3(2), 53-58.
[10] Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya Media Dalam Pembelajaran Guna Meningkatkan Hasil Belajar Di Sekolah Dasar. Jurnal Edukatif, 23-27.