Pengembangan Media Pembelajaran Informatika Menggunakan Google Classroom Pada Mata Pelajaran Al Qur'an Hadits

  • Kurniawati Kurniawati Universitas IVET
  • Muhammad Fadhli Universitas Negeri Semarang
  • Chandra Luckysia Marischa Universitas Negeri Semarang
  • Rizka Husnul Nugraheni Universitas Negeri Semarang
  • Riska Dami Ristanto Universitas Negeri Semarang

Abstract

Pengembangan media pembelajaran informatika menggunakan Google Classroom pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits memberikan sarana untuk menyediakan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa sehingga proses pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien. Gaya belajar berbantuan perangkat pembelajaran informatika berbasis google classroom diharapkan mampu membantu siswa untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam proses belajar.  Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan Google Classroom pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan pendekatan 4D dengan tahapan penelitian: 1)Define; 2)Design; 3)Develop; 4)Disseminate. Penelitian ini dilaksanakan di MTS Islam Pati kelas IX sejumlah 15 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menggunakan pre-test dan post-test. Adapun langkah yang dilakukan dalam penelitian meliputi pembuatan, pengembangan  dan penerapan media pembelajaran. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa sebesar 2,53% sehingga dianggap memberikan dampak positif terhadap siswa dan layak untuk digunakan media pembelajaran pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits

References

[1] Aghni, R. I. (2018). Fungsi Dan Jenis Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 16(1).
[2] Bali, M. M. E. I. (2019b). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Distance Learning. Tarbiyatuna, 3(1), 29-40.
[3] Bali, M. M. E. I., Zuhri, R. A. A., & Agustini, F. (2019). RAGAM MEDIA PEMBELAJARAN: Desain Produksi dan Implementasinya di Madrasah Ibtidaiyah. Pustaka Nurja. https://doi.org/9786025318894
[4] Kuswanto, J. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Android Mata Pelajaran Desain Grafis kelas X. Dutic, 6(2), 79-84.
[5] Marzal, J. (2013). Pengembangan Skill dan Kompetensi TIK Guru Matematika dan IPA Kota Jambi Melalui E-Tutorial Berbasis Kebutuhan Guru (Teacher’s Need). Jurnal Tekno-Pedagogi, 3(1).
[6] Nuryani, P. (2015). The Application of Cooperative Learning Model in Pedagogic Course. EDUTECH, 14(1), 68-86.
[7] Pusanda Hatta, A. A. P. E. S. W. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Materi Routing Statis. Ilmiah Edutic, 6(1), 33-38.
[8] Qurrohman, M. T., Sungkar, M. S., & Abidin, T. (2019). Pengembangan Aplikasi Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Android. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 6(2), 475-513.
[9] Rosadi, M. E., & Purnomo, I. I. (2018). Rancang Bangun Media Pembelajaran Seni Dan Budaya Suku Banjar Berbasis Augmented Reality. Jurnal JTIULM, 3(2), 53-58.
[10] Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya Media Dalam Pembelajaran Guna Meningkatkan Hasil Belajar Di Sekolah Dasar. Jurnal Edukatif, 23-27.
Published
2022-12-31
How to Cite
KURNIAWATI, Kurniawati et al. Pengembangan Media Pembelajaran Informatika Menggunakan Google Classroom Pada Mata Pelajaran Al Qur'an Hadits. Journal of Systems, Information Technology, and Electronics Engineering, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 44-50, dec. 2022. ISSN 2963-4660. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/jsite/article/view/2501>. Date accessed: 09 sep. 2024. doi: https://doi.org/10.31331/jsitee.v2i2.2501.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.