Optimalisasi Strategi Pemasaran Digital Untuk Meningkatkan Penjualan Dengan Konsep Open Reseller
Abstract
Perkembangan teknologi digital melahirkan transaksi e-commerce yaitu metode yang secara spesifik dirancang untuk tujuan menerima atau melakukan pesanan secara daring, tetapi pembayaran dan pengiriman utama barang/jasa tidak harus dilakukan secara daring. Berbagai media penjualan e-commerce seperti website, marketplace, media sosial dan pesan instan dimanfaatkan oleh pelaku bisnis mengoptimalkan strategi pemasarannya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif diskriptif yaitu dengan. pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Optimalisasi strategi pemasaran dilakukan untuk meningkatkan penjualan pada Arsya Bookstore sebagai usaha yang yang bergerak dalam penjualan buku parenting, anak dan mainan edukasi. dengan mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman menggunakan analisis SWOT diperoleh strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan dengan konsep reseller. Hasil penelitian menunjukan strategi pemasaran dengan konsep open reseller dapat meningkatkan penjualan Dengan berfokus pada pemasaran dan optimalisasi penjualan, Arsya Bookstore memilih untuk melakukan pendekatan personal kepada reseller menjahasilkan konsumen dan reseller yang loyal sehingga dapat menignkatkan penjualan.