Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Minat Beli Gen Z Di Shopee Live
Abstract
Meningkatnya popularitas belanja daring telah menyebabkan persaingan bisnis daring semakin ketat. Shopee tengah berupaya untuk mengembangkan strategi pemasaran yang lebih kreatif guna menarik minat beli konsumen. Shopee menghadirkan inovasi melalui fitur Shopee live. Melalui belanja Shopee live, konsumen dapat melihat, memberikan komentar, dan berinteraksi secara langsung dengan penjual secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh interaksi untuk memperoleh informasi produk, kepercayaan konsumen, promosi terhadap minat beli di Shopee live. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Penulis melakukan pengumpulan data survey dari 196 responden yang pernah berbelanja di Shopee live minimal satu kali dan responden generasi Z. Metode analisis data hasil survei dengan Model Persamaan Struktural (PLS-SEM) menggunakan SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel interaksi untuk memperoleh informasi produk, kepercayaan konsumen, dan promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel minat beli. Penelitian sebelumnya menyatakan bahwa interaksi untuk memperoleh informasi produk dan kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan sedangkan promosi tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap minat beli.