Analisis Kesulitan Belajar Operasi Penjumahan Bilangan Cacah Pada Siswa Kelas III SD Negeri 02 Gayamsari Kota Semarang

  • Riza Kusuma Wardani -

Abstract

Belajar matematika merupakan suatu syarat cukup untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya. Karena dengan belajar matematika, akan belajar bernalar secara kritis, kreatif, dan aktif. Matematika merupakan ide-ide abstrak yang berisi simbol-simbol, maka konsep-konsep matematika harus dipahami terlebih dahulu sebelum memanipulasi simbol-simbol tersebut. Berdasarkan perkembangan kognitif, anak usia SD umumnya mengalami kesulitan dalam memahami matematika yang bersifat abstrak, sebab keabstrakan matematika relatif tidak mudah untuk dipahami oleh siswa SD. Dengan demikian tujuan penelitian adalah untuk mengetahui  dan mendeskripsikan   kesulitan belajar operasi penjumlahan bilangan cacah pada   siswa kelas III Sekolah Dasar.  Jenis penelitian adalah kualitatif dengan desain fenomenologi. Subjek sebagai informan kunci adalah Kepala sekolah, sedangkan informan pelengkap adalah guru Kelas III dan  perwakilan siswa. Teknik pengumpulan data digunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara, sedangkan teknik analisis data digunakan model interaktif gaya Miles dan Huberman, meliputi: reduksi data, sajian data, dan penarikan simpulan, serta triangulasi debagai  keabsahan. Simpulan penelitian diperoleh  bahwa: 1) proses pembelajaran Matematika Sub Operasi Penjumlahan Bilangan Cacah telah dilakukan sesuai   kompetensi guru,, yaitu guru memberikan konsep perubahan lebih maju pada siswa dengan  penerapan pendekatan, strategi dan model pembelajaran yang diawali dengan perencanaan matang; 2) hasil belajar siswa mata pelajaran Matematika Sub Operasi Penjumlahan Bilangan Cacah  telah memenuhi KKM, bahkan ada sebagian siswa yang hasil belajarnya di atas KKM yang ditetapkan sekolah; 3) kendala yang dihadapi, karena kurangnya perhatian dan pendampingan belajar dari orang tua; dan 4) upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi kendala  dikelompokkan menjadi dua, yaitu: 1)  untuk siswa dilakukan melalui pembelajaran secara berulang-ualng dengan materi yang sama,  memperbanyak latihan, dan kadang ada jam tambahan  pada sore hari; dan 2) untuk orang tua, sekolah memberikan surat kepada orang tua agar melakukan pendamingan ketika anak sedang belajar. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfina Rahmatin dan Ismail Marzuki. 2022. “Analisis Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Operasi Hitung Campuran Bilangan Cacah Kelas 3 SD”. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi. Universitas Muhammadiyah Gresik-Indonesia. p-ISSN: 1858-005X; e-ISSN: 2655-3392. Volume 9 Issue 3.

Amir, Almira. 2015. Pembelajaran Matematika SD dengan menggunakan Media Manipulasi. Jakarta: Gramedia Pustakatama.

Apsari, Ratih Ayu dkk. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Surabaya: Usaha Nasional.

Bungin, Burhan. 2013. Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Metode Campuran, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Damayanti Aries Tika dkk. 2019. “Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Masalah Soal Cerita”. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. p-ISSN: 2579-3279. Vol. 3. Nomor 2.

Darmanto. 2015. Belajar dan Mengajar. Bandung: Tarsito.

Depdiknas. 2016. Standar Kompetensi SD. Jakarta: Depdikbud.

Jamaris, Martini. 2014 Kesulitan Belajar. Jakarta: Gramedia.

Meta Fidayanti, Ali Shodiqin, dan Suyitno YP. 2020. “Analisis Kesilitan dalam Pembelajaran Matematika Materi Pecahan”. Journal for Lesson and Learning Studies. Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar-Universitas PGRI Semarang. p-ISSN: 2615-6148; e-ISSN : 2615-7330. Volume 3 Nomor 1. April 2020.

Miles B. Matthew & Huberman A. Michael. 2013. Analisis Data Kualitatif. Penerjemah: Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Pitadjeng. 2016. Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Ririn Asrofiyah, Intan Rahmawati, dan Fajar Cahyadi. 2022. “Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Langkah Pola Materi Volume Kelas V SD Negeri 1 Rajekwesi Jepara”. Jurnal Wawasan Pendidikan. ISSN: 2807-4025 (online), ISSN: 2807-5714 (cetak). Jurnal PGSD-Universitas PGRI Semarang. Volume 2. Nomor 1.

Rusman. 2017 Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Slameto. 2014. Dasar-dasar Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Depdikbud.

Sugiyono. 2014. Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Research & Development (R&D). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Suryani, Yulinda Erma. 2013. “Kesulitan Belajar”. Jurnal Magistra. ISSN: 0215-9511. Nomor 73. Vol. 2.

Supriyono. 2013 Pengembangan Kreativitas bagi Anak. Jakarta: Erlangga.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar di Sekolah Dasar. Jakarta: Grammedia.

Taufiq, Agus, dkk. 2014. Pendidikan Anak di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Walle, Van De J.A. 2017. Matematika Sekolah Dasar dan Menengah. Jakarta: Erlangga.

Waskito, Sri Rahayu Ningtyas. 2016. “Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V SD”. Jurnal Ilmiah. Pendidikan Matematika. Volume 5. Nomor 2. Hal: 23-32.
Published
2023-07-28
How to Cite
WARDANI, Riza Kusuma. Analisis Kesulitan Belajar Operasi Penjumahan Bilangan Cacah Pada Siswa Kelas III SD Negeri 02 Gayamsari Kota Semarang. Manalisih: Jurnal Penelitian, Sosial, dan Humaniora, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 34-43, july 2023. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/manalisih/article/view/2802>. Date accessed: 24 feb. 2024.