Peningkatan Pemahaman Materi Perlawanan Pendudukan Jepang di Indonesia Melalui Permaian Kahoot Siswa Kelas XI-3 SMA Kesatrian 2 Semarang
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya pemahaman dan minat belajar peserta didik terhadap materi sejarah, khususnya topik Perlawanan terhadap Pendudukan Jepang di Indonesia. Metode pembelajaran yang masih konvensional seperti ceramah dan penugasan satu arah menyebabkan peserta didik menjadi pasif dan hanya menghafal fakta tanpa pemahaman mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan permainan Kahoot dalam meningkatkan pemahaman peserta didik kelas XI-3 terhadap materi Perlawanan terhadap Pendudukan Jepang di Indonesia. Desain penelitian ini digunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan model siklus yang terdiri dari tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini melibatkan peserta didik kelas XI-3 SMA Kesatrian 2 Semarang yang berjumlah 35 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan yang signifikan dari kondisi pra-siklus, siklus I hingga akhir Siklus II. Pada pra-siklus, sebagian besar peserta didik berada pada kategori kurang baik. Setelah implementasi permainan Kahoot, pada akhir Siklus II diperoleh kriteria sangat baik, yaitu menjadi 94.86%. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan Kahoot efektif dalam meningkatkan pemahaman materi dan antusiasme peserta didik tentang Perlawanan terhadap Pendudukan Jepang di Indonesia.