Peningkatan Pemahaman Materi Perlawanan Pendudukan Jepang di Indonesia Melalui Permaian Kahoot Siswa Kelas XI-3 SMA Kesatrian 2 Semarang

  • Mawaddatun Ni’mah Universitas Ivet
  • Slamet Slamet Universitas Ivet
  • Wasidi Wasidi Universitas Ivet

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya pemahaman dan minat belajar peserta didik terhadap materi sejarah, khususnya topik Perlawanan terhadap Pendudukan Jepang di Indonesia. Metode pembelajaran yang masih konvensional seperti ceramah dan penugasan satu arah menyebabkan peserta didik menjadi pasif dan hanya menghafal fakta tanpa pemahaman mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan permainan Kahoot dalam meningkatkan pemahaman peserta didik kelas XI-3 terhadap materi Perlawanan terhadap Pendudukan Jepang di Indonesia. Desain penelitian ini digunakan  Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan model siklus yang terdiri dari tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini melibatkan peserta didik kelas XI-3 SMA Kesatrian 2 Semarang yang berjumlah 35 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan yang signifikan dari kondisi pra-siklus, siklus I hingga akhir Siklus II. Pada pra-siklus, sebagian besar  peserta didik berada pada kategori kurang baik. Setelah implementasi permainan Kahoot, pada akhir Siklus II diperoleh kriteria sangat baik, yaitu menjadi 94.86%. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan Kahoot efektif dalam meningkatkan pemahaman materi dan antusiasme peserta didik tentang Perlawanan terhadap Pendudukan Jepang di Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-07-17
How to Cite
NI’MAH, Mawaddatun; SLAMET, Slamet; WASIDI, Wasidi. Peningkatan Pemahaman Materi Perlawanan Pendudukan Jepang di Indonesia Melalui Permaian Kahoot Siswa Kelas XI-3 SMA Kesatrian 2 Semarang. Manalisih: Jurnal Penelitian, Sosial, dan Humaniora, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 49-56, july 2025. Available at: <https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/manalisih/article/view/4140>. Date accessed: 21 aug. 2025.