Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Daring di SDN Margorejo I Kota Surabaya Provinsi Jawa Timur
Abstract
Media pembelajaran merupakan salah satu cara atau alat bantu yang digunakan dalam proses belajar mengajar. Telah banyak ditemukan media pembelajaran untuk menunjang kegiatan belajar mengajar, bahkan di masa pandemi saat ini, sehingga berimplikasi pada metode yang digunakan para pengajar. Pada masa pandemi ini guru SD kesulitan dalam mengembangkan media untuk pembelajaran daring, sehingga guru belum mampu melaksanakan pembelajaran daring secara maksimal. Untuk itu, kegiatan PPM yang dilakukan tim dosen PGSD Universitas PGRI Adi Buana untuk mengenalkan dan mengembangkan media pembelajaran daring di SDN Margorejo I Surabaya Provinsi Jawa Timur dirasa sangat penting. Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman guru tentang pengembangan media pembelajaran daring serta meningkatkan motivasi guru. Metode pelaksanaan dilakukan dengan presentasi secara daring, pemodelan dan simulasi disertai workshop dan tugas. Kegiatan ini dapat menyelesaikan permasalahan guru dalam menyusun dan mengembangkan media pembelajaran daring.
Kata Kunci: Pembelajaran, Pengembangan, Media Pembelajaran Daring.
Downloads
References
Arsyad, Azhar (2004). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Fanny, A. M. (2019, March). Analysis Of Pedagogical Skills And Readiness Of Elementary School Teachers In Support Of The Implementation Of The 2013 Curriculum. In International Conference on Bussiness Law and Pedagogy (Vol. 1, No. 1, pp. 59-63).
Daryanto. (2015). Media Pembelajaran Cetakan Ke-3. Bandung: PT. Sarana Tutorial Nurani sejahtera.
Waluyo, M. E. (2014). Revolusi Gaya Belajar untuk Fungsi Otak. Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 209-226.